Contoh Pidato Singkat : Belajar Berpidato Dengan Baik dan Benar

7 min read

Pidato Singkat

Pidato Singkat – Pidato memang sudah seperti hal yang wajib dalam suatu acara formal bahkan informal sekalipun. Saat menghadiri acara-acara formal biasanya akan ada sesi penyampaian dari pihak berpengaruh.

Hal itulah yang lebih dikenal dengan pidato atau penyampaian suatu hal kepada orang banyak dengan susunan Bahasa yang sopan dan santun. Dari dahulu, pidato memang menjadi hal yang lumrah untuk menyampaikan suatu gagasan kepada orang dalam suatu acara.

Penyampaian pidato pada setiap orang berbeda-beda dikarenakan cara penyampaiannya yang khas. Banyak orang menganggap bahwa pidato merupakan suatu hal yang menyenangkan dan menantang karena menyangkut komunikasi publik.

Meskipun begitu beberapa orang juga menganggap pidato ini cukup sulit. Bagi mereka yang masih memiliki kekhawatiran berdiri di depan umum atau menyampaikan sesuatu maka sebaiknya ada persiapan terlebih dahulu. Sebaiknya orang seperti ini membuat ringkasan terlebih dahulu mengenai poin yang ingin disampaikan nantinya.


Manfaat Pidato Singkat

Manfaat Pidato Singkat

Dalam menyampaikan gagasan, gambaran, atau pendapat kepada orang lain sebaiknya mengangkat hal yang memang patut diperbincangkan. Karena bagaimana pun pidato adalah bagaimana pesan tersebut dapat bermanfaat untuk orang yang mendengarkan. Bagi yang belum tahu, berikut beberapa manfaat pidato singkat yang bisa disimak.

  • Memudahkan komunikasi yang berlangsung antara atasan dan bawahan dalam melakukan pekerjaan.
  • Memperlancar komunikasi yang berlangsung antar anggota organisasi.
  • Menciptakan iklim yang kondusif dalam suatu forum karena perhatian terpusat pada satu orang yang mengemukakan pidato.
  • Memudahkan komunikasi persuasif dalam lingkungan masyarakat banyak.

Pidato singkat yang bersifat persuasif mampu mendatangkan respon positif dari audience yang mendengarkan pidato tersebut. Kemampuan seseorang menyampaikan maksud dan tujuannya secara persuasif mampu membuka peluang karir yang baik.

Cara penyampaiannya yang halus, lembut, dan sopan membuat pendengar mudah memahami dan mengikuti gagasan tersebut. Dalam pidato singkat, ada beberapa hal yang harus dipenuhi agar apa yang disampaikan dapat diterima dengan baik.

Hal-hal penting yang tentu saja harus diperhatikan adalah dari segi penampilan, gaya berbahasa serta ekspresi yang mendukung gagasan yang diungkapkan. Selain itu, kepercayaan diri juga menjadi poin utama untuk bisa meyakinkan orang lain.

Baca Juga: Pidato Tentang Pendidikan


Metode Dalam Berpidato

Metode Dalam Berpidato

Berpidato bukanlah sesuatu yang dilakukan tanpa adanya strategi atau metode. Pidato singkat pun menuntut orang menggunakan metode dan strategi yang tepat dalam penyampaian suatu gagasan. Hal ini memungkinkan gagasan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh audience. Metode dalam berpidato dapat disimak pada ulasan berikut ini.

1. Improptu

Metode pidato yang pertama adalah metode Impromptu. Metode Imptroptu adalah metode yang digunakan secara spontan di depan umum. Artinya, seseorang berpidato tanpa adanya persiapan terlebih dahulu, langsung berpidato begitu saja di depan umum. Metode imptroptu juga banyak digunakan oleh orang-orang yang memang memiliki wawasan yang luas.

2. Memoriter

Metode pidato selanjutnya adalah metode pidato memoriter. Metode ini merupakan metode hapalan, artinya seseorang menghapal naskah pidato yang akan disampaikan terlebih dahulu. Ini merupakan metode yang tepat bagi mereka yang memiliki daya ingat yang bagus. Mereka yang menggunakan metode ini terlihat lebih berwibawa.

3. Naskah

Metode pidato selanjutnya yaitu metode pidato dengan naskah. Bisa dikatakan bahwa metode pidato ini merupakan metode yang paling banyak diterapkan oleh sebagian orang.

Metode naskah artinya seseorang berpidato menggunakan naskah atau teks sebagai acuannya. Berpidato dengan metode seperti ini mampu meminimalisir kesalahan saat berpidato di depan umum.

4. Ekstemporan

Metode pidato yang terakhir adalah metode ekstemporan. Mereka yang berpidato dengan metode ini adalah mereka yang sudah memahami dengan bai kapa yang akan disampaikan.

Ekstemporan adalah metode pidato singkat dengan mempersiapkan garis besar dari gagasan yang akan disampaikan terlebih dahulu. Jadi, mereka lebih siap menyampaikan poin penting dalam pidato.


Siapa yang Bisa Berpidato?

Siapa yang Bisa Berpidato?

Pidato singkat bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan oleh semua orang. Setidaknya ada beberapa golongan orang-orang yang memang diharuskan untuk berpidato atau menguasai ilmu berpidato. Hal ini bisa dilihat dari berbagai acara formal atau infomal dimana tidak sembarangan orang yang bisa menyampaikan pidato. Lalu siapa saja yang bisa berpidato?

Pertama, yaitu mereka yang memegang jabatan sebagai pimpinan dalam suatu organisasi. Mereka biasanya menyampaikan gagasan kepada anggota dalam organisasi. Kedua, pejabat negara yang tujuannya agar komunikasi yang baik bisa tercapai dalam mewujudkan lingkungan demokratis yang damai. Ketiga, mereka yang menenangkan orang banyak untuk menjaga suasana kondusif.

Keempat yaitu mereka yang duduk di kursi pimpinan baik negara maupun instansi. Orang-orang seperti ini diharuskan untuk menguasai berbagai teori mengenai pidato karena hampir kesehariannya memang berpidato. Pidato memang biasa dilakukan untuk praktek mata pelajaran, namun tentu saja bukan pidato seperti itu yang dimaksudkan.


Struktur Naskah Pidato

Struktur Naskah Pidato

Bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk menghafal atau melakukan pidato secara spontan bisa menyiapkan catatan. Untuk yang ingin menggunakan metode naskah atau sekedar contekan kecil, tetap harus mengikuti struktur yang ada. Struktur pidato terbagi menjadi 3 bagian yang meliputi pembukaan, isi dan penutup.

1. Pembukaan

Struktur yang paling atas dan harus ada dalam naskah pidato adalah pembukaan. Pembukaan berisi hal-hal yang merupakan pengantar menuju isi dari pidato yang ingin disampaikan. Bagian pembukaan meliputi alam pembuka, ucapan penghormatan dan ucapan syukur.

  • Salam Pembuka

Seperti pidato pada umumnya, bagian pertama selalu berisi salam pembuka sebagai bagian dari bagian pembukaan naskah. Sesuai namanya yakni salam pembuka, bagian ini berada di bagian paling awal naskah pidato sebagai pengantar ke bagian berikutnya.

  • Ucapan Penghormatan

Setelah salam pembuka, selanjutnya ada bagian ucapan penghormatan kepada audience yang hadir pada acara tersebut. Pada umumnya, ucapan penghormatan dalam pidato dimulai dengan menyebutkan audience yang hadir dengan pangkat tertinggi ke yang rendah. Misalnya untuk pidato di lakukan di sekolah. Penghormatan akan dimulai dari menyebutkan ketua terlebih dahulu.

  • Ucapan Syukur

Bagian selanjutnya yang juga termasuk dalam bagian pembukaan adalah ucapan syukur. Ucapan syukur pada naskah pidato sama seperti ucapan syukur pada umumnya. Bagian ini memuat rasa syukur seseorang yang menyampaikan pidato atas kesempatan dan kesehatan yang diberikan oleh Yang Maha Esa.

2. Isi Pidato

Melangkah ke struktur naskah pidato selanjutnya yaitu bagian isi. Bagian isi merupakan bagian yang membahas mengenai inti dari topik yang ingin disampaikan. Penting untuk memastikan bahwa saat penulisan naskah, bagian ini mendapat perhatian lebih. Hal ini bertujuan agar saat penyampaian pidato singkat, audience tidak kebingungan mengambil inti dari topik yang dibahas.

3. Penutup

Bagian terakhir dari struktur naskah pidato adalah bagian penutup. Fungsi dari bagian penutup adalah sebagai akhiran dari pembahasan topik yang disampaikan. Pada bagian ini juga memuat kesimpulan yang menjadi garis besar dari topik yang disampaikan oleh seorang orator. Beberapa orator juga menambahkan beberapa saran untuk audience terkait topik yang disampaikan.

Baca Juga: Mukadimah Pidato


Contoh Pidato Singkat

Contoh Pidato Singkat

Bagi yang masih kebingungan dalam menulis atau menyampaikan pidato, maka sebaiknya melihat referensi terlebih dahulu. Referensi sangat membantu seorang orator dalam menemukan kata-kata yang tepat untuk disampaikan nantinya. Penting juga untuk mencari referensi yang sejalan dengan topik yang diinginkan seperti halnya beberapa topik pidato singkat berikut ini.


1. Pidato Tentang Kebersihan dengan Tema Lingkungan

Kebersihan lingkungan terutama lingkungan hidup adalah hal yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup bumi tercinta. Menjaga kebersihan dapat dimulai dari hal-hal kecil untuk menciptakan kebiasaan. Pada ulasan kali ini akan di ulas mengenai contoh pidato tentang kebersihan yang bertemakan lingkungan hidup.

Pidato Tentang Kebersihan dengan Tema Lingkungan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat siang Bapak/Ibu guru yang terhormat, serta teman-teman yang selalu berbahagia. Puji syukur senantiasa kita persembahkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir di tempat yang berbahagia ini.

Bapak/Ibu guru dan kawan-kawanku tercinta, adalah hal yang telah kita ketahui bersama bahwa lingkungan di sekitar kita merupakan cerminan budaya dari sekolah kita tercinta. Alangkah sangat disayangkan jika lingkungan yang ada di sekitar kita tidak terawat dan membuat kita tidak nyaman berada di dalamnya.

Sekolah adalah rumah kedua bagi kita, tempat kita menerima ilmu setiap harinya. Maka sangat tidak bijak rasanya jika rumah tersebut dibiarkan dalam keadaan tidak terawat. Setiap kelas tempat kita belajar harusnya selalu dalam keadaan bersih.

Untuk itu teman-teman dalam kelas bisa menerapkan kedisiplinan seperti menjalankan jadwal piket untuk menjaga kebersihan lingkungan kelas. Sebelum pelajaran pertama, kelas harusnya sudah dalam keadaan bersih dan kondusif. Hal ini agar suasana kelas nyaman bisa tercipta untuk mendapatkan pengalaman belajar yang baik pula.

Selain itu, penempatan tempat sampah di dalam dan di luar kelas bukan tanpa alasan. Tempat sampah ini bertujuan untuk membantu menjaga kebersihan lingkungan kelas dan sekolah. Kita semua tahu bahwa sampah harus dibuang pada tempatnya, bukannya dibiarkan berserakan begitu saja.

Untuk itu siswa dan guru beserta staff yang masih merupakan bagian dari sekolah kita tercinta ini harusnya meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan sekolah kita.

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan serta waktu yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato ini. Jika terdapat kesalahan kata atau pengucapan, saya memohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


2. Pidato Tentang Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas hingga kini bukan lagi hal yang asing. Tindakan sosial ini memang sudah sangat sering ditemukan dalam kehidupan masyarakat. Pergaulan bebas bukan hanya ada di kota-kota besar saja, bahkan di pedesaan pun tindakan ini sering dijumpai. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai pidato yang bertemakan pergaulan bebas.

Pidato Tentang Pergaulan Bebas

Selamat siang hadirin sekalian yang berbahagia.

Bapak/Ibu hadirin yang menyempatkan diri untuk hadir pada kesempatan kali ini, marilah kita senantiasa mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kasih-Nya yang masih memberi kita kesehatan dan kesempatan untuk hadir di acara ini.

Pada kesempatan kali ini, perkenankan saya untuk menyampaikan beberapa patah kata berkaitan dengan pergaulan bebas yang sudah sering kita jumpai, bahkan semakin merajalela belakangan ini.

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu yang terhormat, salah satu faktor yang menyebabkan tindakan ini muncul adalah ketika anak kekurangan kasih sayang dan perhatian serta arahan dari orang tuanya. Internet dan lingkungan pertemanan juga memberikan sumbangsi yang besar menimbulkan tindakan pergaulan bebas pada anak.

Salah satu konsekuensi yang ditanggung saat anak terjerumus pergaulan bebas seperti mengkonsumsi miras, kecanduan obat-obatan terlarang, tindakan criminal, dan sebagainya. Melihat konsekuensi yang bisa timbul, sebagai orang tua sudah sepantasnya kita menggunakan berbagai cara untuk mencegah hal tersebut menimpa anak kita.

Tidak cukup dengan arahan aja, anda juga harus melimpahkan kasih sayang kepada anak, membuat mereka merasa berharga dan dicintai. Ketika hal ini sudah terpenuhi, anak tidak akan mencari pelarian di luar sana untuk memuaskan kebutuhannya akan kasih sayang orang tua yang bisa berujung hal yang tidak diinginkan seperti pergaulan bebas.

Dengan arahan serta pendidikan yang tepat dengan memperkenalkannya lingkungan dan teman yang baik, kita berharap anak akan terhindar dari pergaulan bebas. Tindakan-tindakan kecil tersebut sangat membantu menghindarkan anak dari tindakan negative seperti pergaulan bebas.

Sekian pidato yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini, apabila ada kekurangan saya mohon maaf.


3. Pidato Tentang Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu hal yang harus dijaga selama tubuh dan jiwa masih dalam kondisi baik. menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan hal kecil seperti menjalani pola hidup yang sehat. Berikut ini akan di ulas mengenai pidato bertema kesehatan.

Pidato Tentang Kesehatan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat siang Bapak/Ibu yang terhormat, serta teman-teman yang selalu berbahagia. Puji syukur senantiasa kita persembahkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir di tempat yang berbahagia ini.

Pada kesempatan kali ini, perkenankan saya untuk menyampaikan beberapa patah kata berkaitan dengan pentingnya menjaga kesehatan agar kita semua sadar akan pentingnya kesehatan.

Bapak/Ibu sekalian pasti sudah sering mendengar ungkapan bahwa di dalam tubuh yang kuat ada jiwa yang kuat pula. Dari ungkapan ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kesehatan tubuh memberikan pengaruh terhadap kesehatan jiwa atau rohani kita.

Ungkapan lain yang tidak kalah bermaknanya adalah kesehatan itu mahal. Pada kenyataannya kesehatan memang sangat mahal harganya jika tubuh sudah mengalami sakit.

Saat tubuh sehat maka kita dapat melakukan aktivitas dengan baik. Kesehatan yang terjaga sejak dini juga tidak hanya memiliki manfaat terhadap diri sendiri, melainkan untuk anak cucu kita nantinya. Bangsa yang sehat berasal dari pendahulunya yang juga sehat rohani dan jasmaninya.

Bayangkan saja dalam suatu negara yang dihuni masyarakat yang tidak sehat jasmani maupun rohani, bisa saja negara akan runtuh karena ulah mereka sendiri. Hal ini karena otak tidak akan bekerja optimal saat kondisi jasmani atau rohani tidak baik.

Bapak/Ibu sekalian, dengan menjaga kesehatan kita sejak dini berarti kita telah menjaga kelangsungan generasi penerus kita. Mari bersama-sama menjaga kesehatan dengan menjalankan pola hidup sehat dan senantiasa memenuhi kebutuhan rohani dengan beribadah. Jika terdapat kesalahan kata atau pengucapan, saya memohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pidato sejatinya adalah bagaimana seseorang bisa menyampaikan sesuatu kepada orang banyak dengan Bahasa yang baik. dalam berpidato, susunan kata dan penggunaan Bahasa tentu saja harus diperhatikan. Gunakan Bahasa yang mudah dimengerti oleh audience untuk menjalin koneksi yang baik agar pesan yang disampaikan tersampaikan dengan maksimal.

Selain itu, untuk menghindari pidato yang terlalu monoton dan membosankan orator bisa menambahkan beberapa unsur humor didalamnya. Namun jangan sampai unsur humor menghilangkan unsur pesan yang akan disampaikan. Semoga ulasan kali ini bisa memberi manfaat dan menjadi referensi dalam pidato singkat.

10 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris Beserta Terjemahan

Pembukaan Pidato Bahasa Inggris – Pidato bahasa Inggris adalah salah satu kegiatan berbicara di depan umum untuk menginformasikan suatu hal dengan bahasa Inggris. Salah...
bikinartikel
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: