Contoh Pidato Perpisahan Tingkat TK, SD, SMP, SMA yang Mengharukan

7 min read

Pidato Perpisahan

Pidato Perpisahan – Pidato menjadi salah satu bagian yang pasti ada dalam setiap acara perpisahan sekolah, baik itu TK, SD, SMP, hingga SMA. Pidato memang menjadi hal yang penting dalam sebuah acara resmi seperti wisuda dan perpisahan.

Dalam membuat pidato perpisahan yang baik, bisa dengan menjadikan kumpulan pidato perpisahan TK SD SMP SMA sebagai referensi.

Acara perpisahan sekolah merupakan acara tahunan yang dirasakan sekali seumur hidup. Dalam acara resmi sekolah ini menjadi momen yang tepat untuk mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf kepada bapak dan ibu guru selama bersekolah.


Pengertian Pidato

Pengertian Pidato

Pidato disebut sebagai kegiatan berkomunikasi secara verbal dalam bentuk satu arah yang umumnya dilakukan di depan khalayak ramai. Selain pidato, ada beberapa bentuk komunikasi verbal satu arah yang umum dikenal seperti ceramah, khotbah, dan orasi. Dalam berpidato umumnya digunakan untuk menyampaikan pendapat atau kesan dan pesan tentang suatu hal.

Pidato yang baik adalah sebuah pidato yang memberikan suatu kesan dan nilai positif bagi para pendengarnya. Oleh sebab itu, dalam membuat sebuah teks pidato, sebaiknya memperhatikan berbagai hal agar tidak memberikan dampak negatif. Untuk membuat pidato perpisahan sekolah misalnya, bisa dengan mempelajari kumpulan pidato perpisahan TK SD SMP SMA yang banyak beredar di internet.

Dalam menyampaikan isi teks pidato juga pembicara sebaiknya memperhatikan beberapa kaidah seperti artikulasi, intonasi, dan volume suara. Sehingga pendengar bisa tertarik dan mendengarkan dengan seksama isi pidato yang disampaikan.


Tujuan Pidato

Tujuan Pidato

Sama seperti komunikasi verbal satu arah pada umumnya, pidato juga memiliki tujuan-tujuan tertentu dalam penyampaiannya. Secara umum, ada tiga tujuan pidato, beberapa di antaranya:

  • Memberikan pengaruh pada orang lain agar mengikuti kemauan pembicara
  • Memberikan informasi atau pemahaman pada orang lain
  • Membuat dan menghibur orang lain dengan pidato

Begitu pula pada pidato perpisahan, baik pidato perpisahan TK SD SMP SMA juga memiliki tujuan tersendiri. Tujuan dalam pidato perpisahan umumnya penyampaian terima kasih dan permohonan maaf. Terkadang juga ditambahkan dengan harapan serta kesan dan pesan pada sekolah yang ditinggalkan.


Tips Menyampaikan Pidato Perpisahan TK, SD, SMP, SMA

Tips Menyampaikan Pidato Perpisahan TK, SD, SMP, SMA

Menyampaikan pidato di hadapan banyak orang merupakan sebuah kesempatan yang sangat langka, sehingga jangan menyia-nyiakan kesempatan yang ada tersebut. Tentu saja termasuk pada saat menyampaikan pidato perpisahan TK SD SMP SMA. Agar menyampaikan pidato bisa berjalan lancar, berikut ini beberapa tips saat menyampaikan pidato perpisahan.

1. Menghargai Pendengar atau Audiens

Aturan sekaligus sebuah tips pertama saat menyampaikan pidato apapun acaranya, termasuk pidato perpisahan TK, SD, SMP dan SMA, adalah harus menghargai pendengar atau audiens yang hadir. Tujuan penyampaian pidato adalah untuk membuat pendengar atau audiens bisa mengikuti dan mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan oleh pembicara pidato. Oleh sebab itu, langkah pertama agar pidato didengarkan adalah dengan menghargai pendengar.

Caranya adalah dengan membuat sebuah pidato yang menarik agar pada audiens mau mendengarkan pidato dengan baik. Gunakan tema atau diksi yang sederhana sehingga audiens atau pendengar bisa memahami maksud yang disampaikan. Perhatikan juga artikulasi, intonasi, dan volume suara yang tepat agar audiens merasa nyaman dan mendengarkan dengan baik.

2. Percaya Diri

Mungkin tips untuk percaya diri ketika menyampaikan pidato sudah sering didengar. Tips ini terdengar mudah, tetapi sebetulnya tidak semudah yang dibayangkan. Untuk membuat seseorang percaya diri pada saat menyampaikan pidato di depan para audiens adalah dengan memiliki rasa bangga pada diri sendiri. Kenyataannya, rasa bangga pada diri sendiri bisa menambah rasa percaya diri seseorang.

Berikutnya adalah dengan cara berlatih terus-menerus. Berlatih terus-menerus juga cukup efektif untuk menambah rasa percaya diri saat menyampaikan pidato di depan audiens. Cara yang paling umum digunakan untuk berlatih adalah dengan berpidato di depan cermin. Yang terpenting berikutnya adalah memiliki pikiran positif dan yakin mampu menyampaikan pidato dengan baik.

3. Nyaman dengan Materi Pidato

Agar bisa nyaman saat menyampaikan pidato, seorang pembaca pidato haruslah nyaman dengan materi pidato yang akan disampaikan. Tidak ada cara lain untuk membuat nyaman dengan materi pidato selain dengan membuat sendiri pidato yang akan disampaikan. Dengan membuat sendiri pidato yang akan disampaikan seseorang bisa memahami materi sepenuhnya.

Untuk membuat materi yang disampaikan ketika pidato, lakukan riset-riset kecil terlebih dahulu sehingga isi materi yang disampaikan berkualitas. Alternatif berikutnya, khusus untuk pidato perpisahan sekolah bisa dengan menggunakan kumpulan pidato perpisahan TK, SD, SMP dan SMA sebagai tambahan referensi. Riset-riset kecil seperti prestasi bahkan kenakalan semasa kuliah juga bisa dimasukkan dalam pidato perpisahan tersebut.

4. Bersikap Santai

Tips berikutnya saat menyampaikan pidato adalah berusaha untuk bersikap santai. Bersikap santai saat berada di depan pendengar atau audiens juga membuat para pendengar dan audiens akan merasa santai saat mendengar pidato. Dengan begitu, pendengar atau audiens akan bisa mendengarkan dengan seksama pidato yang disampaikan.

Agar bisa bersikap santai dan tidak gugup saat berpidato hindari berpikir pidato harus sempurna. Sebagai orang yang tidak memiliki kemampuan berpidato secara profesional, kesalahan saat menyampaikan pidato adalah hal yang sangat wajar. Hindari juga menghafal atau membaca pidato secara keseluruhan. Menghafal atau membaca pidato merupakan salah satu metode berpidato, tetapi sebaiknya gunakan metode tersebut dengan bijak.

5. Sampaikan Pesan Bermakna

Masih berkaitan dengan materi yang disampaikan, saat berpidato pada acara perpisahan, sampaikan juga beberapa pesan dan kesan yang bermakna. Pesan dan kesan ini bisa berasal dari pengalaman pribadi atau teman sekolah. Tambahan pesan dan kesan dalam materi bisa membuat pidato perpisahan akan semakin berkesan bagi pendengar atau audiens.


Kumpulan Pidato Perpisahan TK SD SMP SMA

Mencari bahan dan melakukan riset menjadi salah satu cara untuk mendapatkan materi pidato perpisahan yang paripurna. Sebagai tambahan bisa menggunakan kumpulan pidato perpisahan untuk menambah referensi. Berikut ini adalah beberapa kumpulan pidato perpisahan sekolah mulai dari TK hingga SMA.

1. Contoh Pidato Perpisahan SD

1. Contoh Pidato Perpisahan SD

Pidato Perpisahan SD

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bapak ibu para tamu undangan yang kami hormati.  Puji syukur semoga selalu kita ucapkan kepada  Allah SWT dan junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sehingga kita semua bisa berkumpul dalam acara perpisahan SD Laskar Pelangi 01 dalam keadaan sehat.

Bapak ibu guru yang kami hormati, orang tua yang kami sayangi, dan teman-teman yang berbahagia, tak terasa perjalanan bersekolah di SD Laskar Pelangi 01 sudah mencapai 6 tahun. Artinya, sudah saatnya bagi kami, para siswa kelas 6 untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, ijinkan saya mewakili anak-anak kelas 6 untuk menyampaikan kata –kata perpisahan. Kini telah tiba waktunya bagi kami akan meninggalkan sekolah tercinta ini dengan rasa yang sangat berat hati.

Bapak dan ibu guru SD Laskar Pelangi 01 yang kami hormati, tiada yang bisa kami sampaikan selain ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak ibu guru. Bapak dan ibu telah mendidik kami tanpa kenal lelah dan sabar selama kami belajar di sekolah ini. Tiada pula yang pantas untuk diberikan selain terima kasih kepada kebaikan dan keikhlasan bapak dan ibu guru SD Laskar Pelangi 01. Bapak dan ibu guru SD Laskar Pelangi 1 tak pernah lelah untuk terus membimbing hingga menjadi anak yang pintar dan berbakti.

Para hadirin yang kami hormati, alhamdulilah berkat didikan bapak dan ibu guru yang tanpa kenal lelah, kami kelas 6 dapat lulus dengan nilai yang baik. Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan dan kenakalan selama kami bersekolah di SD Laskar Pelangi 01. Tingkah laku kami yang bandel pasti akan selalu membuat kesal dan mengganggu bapak dan ibu guru.

Kepada orang tua kami yang berbahagia, kami di sini dengan bangga menyampai kan bahwa inilah guru-guru yang telah mendidik kami semua ilmu pengetahuan tanpa pernah kenal lelah.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


2. Contoh Pidato Perpisahan SMP

2. Contoh Pidato Perpisahan SMP

Pidato Perpisahan SMP

Yang terhormat bapak kepala SMP Bakti Nusa

Yang terhormat bapak dan ibu guru SMP Bakti Nusa

Semua wali murid yang berbahagia, dan

Teman-teman yang saya sayangi,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur kehadirat Allah yang Maha Esa yang selalu memberikan segala rahmat kepada kita semua sehingga kita semua bisa hadir saat ini dalam acara perpisahan SMP Bakti Nusa. Tak lupa pula, semoga salam dan selawat yang setinggi-tingginya kepada nabi besar kita, Nabi Muhammad yang kita selalu nantikan syafaatnya pada hari akhir nanti.

Bapak kepala sekolah, bapak dan ibu guru, serta orang tua murid SMP Bakti Nusa yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia. Izinkan saya sebagai perwakilan siswa kelas 9 SMP Bakti Nusa untuk menyampaikan sedikit kata perpisahan sebagai bentuk ungkapan yang bisa kami berikan kepada bapak ibu guru yang telah mendidik kami selama kurun waktu tiga tahun ini.

Mengulang kembali saat menjalani segala aktivitas di SMP Bakti Nusa seperti dulu lagi memang sangat menyenangkan, tetapi hal tersebut sudah tidak bisa dilakukan lagi karena kami semua akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan pilihan kami. Oleh sebab itu, izinkan kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran guru SMP Bakti Nusa. Semoga bapak dan ibu guru mendapat balasan yang sebaik-baiknya atas keikhlasan dan ketekunan dalam mendidik kami.

Bapak ibu guru SMP Bakti Nusa yang saya hormati, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya dan tak lupa memohon doa agar kami selalu ingat dengan semua pesan yang bapak dan ibu guru sampaikan. Kami menyadari bahwa kami tidak memberikan hal lain, selain untaian doa agar bapak dan ibu guru SMP Bakti Nusa senantiasa mendapatkan tempat yang paling mulia.

Sebagai penutup, saya hanya bisa sampaikan semoga Allah senantiasa memberikan perlindungan kepada kita semua dan dipertemukan kembali di masa depan dalam keadaan baik.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


3. Contoh Pidato Perpisahan SMA

3. Contoh Pidato Perpisahan SMA

Pidato Perpisahan SMA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat, seluruh dewan guru SMAN 01 Karangtengah.

Yang berbahagia, seluruh tamu dan para wali murid yang hadir dalam acara perpisahan SMA 01 Karangtengah.

Yang kami sayangi, semua siswa kelas 12 SMA 01 Karangtengah.

Puji syukur senantiasa dipanjatkan kepada Allah SWT yang selalu melimpahkan rahmat sehingga kita semua bisa berkumpul dalam acara perpisahan SMA 01 Karangtengah yang tercinta ini. Sejujurnya, berat rasanya kaki ini meninggalkan kelas, sekolah, dan tentu para guru yang kami cintai ini.

Bapak ibu guru dan seluruh tamu undangan yang kami hormati. Izinkan saya mewakili teman-teman SMA 01 Karangtengah untuk menyampaikan salam perpisahan dalam acara wisuda dan perpisahan. Tiada kata yang pantas kami sampaikan selain permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Kami menyadari segala tingkah laku kami sebagai siswa selalu membuat bapak ibu guru bersedih. Namun, bapak dan ibu guru terus mendidik kami dengan penuh kasih sayang.

Bapak ibu guru SMA 01 Karangtengah yang kami hormati, kami menyadari bahwa tiada orang yang tulus untuk mendidik kami hingga sekarang selain bapak dan ibu guru sekalian. Semoga bapak dan ibu guru memaafkan segala perilaku kami. Kami menyadari bahwa segala hukuman yang pernah bapak dan ibu berikan mulai dari membersihkan toilet hingga lari keliling lapangan adalah bentuk kekesalan akibat tingkah laku kami yang tidak bisa diatur.

Bapak ibu guru SMA 01 Karangtengah yang kami cintai, kami adalah sekumpulan anak-anak muda yang sedang mencari jati diri dan hanya berkat bimbingan bapak dan ibu guru sekalian yang bisa menjaga kami agar tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif.

Sebagai penutup, hanya inilah yang dapat saya sampaikan sebagai perwakilan teman-teman kelas 12 SMA 01 Karangtengah. Semoga bapak dan ibu guru selalu diberikan keselamatan, kesehatan, dan kebahagian atas semua kebaikan bapak dan ibu guru sekalian.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


4. Contoh Pidato Perpisahan Lengkap

4. Contoh Pidato Perpisahan Lengkap

Pidato Perpisahan Lengkap

Yang terhormat, Bapak Kepala SMA Negeri 05 Budi Mulia

Yang saya hormati, Ibu/Bapak Guru dan Karyawan SMA Negeri 05 Budi Mulia

Yang saya hormati, wali murid siswa kelas 12 SMA Negeri 05 Budi Mulia

Dan teman-teman SMA Negeri 05 Budi Mulia yang saya sayangi,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rasa syukur senantiasa dipanjatkan kepada Allah S.W.T atas segala limpahan nikmat yang diberikanNya, sehingga pada hari ini kita semua bisa berkumpul untuk mengikuti acara pelepasan serta perpisahan siswa kelas 12 SMA Negeri 05 Budi Mulia. Tak lupa pula selawat dan salam juga selalu dihaturkan kepada Nabi Muhammad SAW,

Bapak Kepala dan Bapak Ibu Guru SMA Negeri 05 Budi Mulia, serta para tamu undangan yang berbahagia, izinkan saya, Rozaq, untuk mewakili teman-teman kelas 12 semuanya menyampaikan sedikit kalimat perpisahan pada acara perpisahan dan pelepasan siswa SMA Negeri 05 Budi Mulia. 

Waktu berjalan begitu cepat tanpa terasa. Rasanya baru beberapa hari yang lalu saya menerima pengumuman diterima menjadi siswa SMA Negeri 05 Budi Mulia yang tercinta ini. Saya juga masih mengingat beberapa tugas yang diberikan dan segala macam kegiatan selama masa orientasi sekolah.

Kami menyadari segala tingkah kenakalan kami selama masa tiga tahun ini seringkali membuat Bapak dan Ibu guru menjadi kesal dan marah. Oleh sebab itu, mewakili teman-teman, saya memohon maaf sebesar-besarnya karena selama 3 tahun ini banyak membuat kesalahan.

Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru atas segala ilmu dan nasihat yang diberikan kepada kami. Ilmu yang diberikan ini akan menjadi bekal yang paling berharga bagi kami dalam menjalani masa depan nanti.

Akhir kata, saya dan teman-teman kelas 12 SMA Negeri 05 Budi Mulia memohon doa restu kepada bapak dan ibu guru sekalian. Setelah ini kami akan menjejak kehidupan yang lebih tinggi lagi. Sebagian dari kami akan meneruskan ke pendidikan yang lebih tinggi dan sebagian yang lain memilih untuk bekerja. Semoga apapun pilihan yang kami pilih senantiasa membawa kebaikan bagi semuanya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Menyampaikan pidato pada saat perpisahan adalah sebuah kesempatan yang sangat langka. Perhatikan beberapa tips sehingga bisa tetap tenang dan tidak grogi ketika menyampaikan pidato di hadapan audiens. Tidak lupa persiapkan pula materi pidato dengan memperbanyak referensi dan riset kecil.

Berbagai kumpulan pidato perpisahan TK SD SMP SMA di atas bisa menjadi referensi dalam membuat pidato yang berkesan saat acara pelepasan siswa. Memperbanyak referensi, riset kecil, dan latihan akan membuat penyampaian pidato menjadi lancar. Bila dirasa perlu, bertanya kepada beberapa orang yang berpengalaman juga bisa menjadi referensi yang bagus dalam membuat pidato perpisahan yang paripurna.

Baca Juga :  Contoh Pidato Tentang Pendidikan yang Mudah Dihafal dan Penuh Makna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: