Referensi Contoh Naskah Pidato Perpisahan Kelas 9 Lengkap

5 min read

Pidato Perpisahan Kelas 9

Pidato Perpisahan Kelas 9Mengakhiri masa pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Pertama, biasanya akan ada perpisahan untuk kelas 9. Pada momen tersebut seringkali dijumpai pidato perpisahan kelas 9 yang diwakilkan kepada salah satu siswa. Pidato memberikan kesan positif kepada audience dimana pidato berisi kesan selama menempuh pendidikan.

Dalam berpidato, siswa yang ditunjuk sebagai perwakilan biasanya siswa yang memiliki keterampilan berbicara yang baik. Hal ini memang wajar karena bagaimanapun pidato adalah salah satu seni berbicara. Dimana orator menyampaikan suatu gagasan yang tujuannya untuk membuat pendengar mengikuti gagasan yang disampaikan.

Inilah yang menjadi alasan mengapa kemampuan berkomunikasi itu penting dimiliki oleh seorang orator. Kemampuan berkomunikasi yang baik akan sangat mempengaruhi intensitas perhatian audience. Semakin baik orator menyampaikan pidato dengan Bahasa yang ramah, mudah, dan lugas, maka perhatian audience akan semakin penuh kepadanya.


Apa Itu Pidato?

Apa Itu Pidato

Secara umum pidato dapat diartikan sebagai salah satu bentuk penyampaian ide atau gagasan kepada orang banyak. Hal ini bertujuan untuk mengomunikasikan ide atau gagasan kepada orang lain agar mereka mengikuti gagasan yang disampaikan. Biasanya orang akan berpidato pada acara-acara penting seperti acara formal seperti pidato perpisahan kelas 9.

Pidato singkat yang bersifat persuasif terbukti mampu mendatangkan respon positif dari audiensi yang mendengarkan pidato tersebut. Kemampuan seseorang menyampaikan maksud dan tujuannya secara persuasif mampu membuat audience terhanyut dan lebih mudah memahami apa yang disampaikan. Cara penyampaiannya yang halus, lembut, dan sopan membuat pendengar mudah memahami dan mengikuti gagasan tersebut.

Baca Juga: Pidato Berbakti Kepada Orang Tua


Hal yang Penting Dalam Berpidato

Hal Yang Penting Dalam Berpidato

Sebelum mulai berpidato, ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus dan harus dilakukan oleh seorang orator. Bagaimanapun, saat ditunjuk sebagai orator dalam acara perpisahan kelas 9 berarti orang tersebut memiliki keahlian berkomunikasi yang baik. meskipun begitu, ada hal yang harus diperhatikan agar penyampaian pidato lebih berkesan dan hebat.

1. Penyampaian Jelas dan Benar

Salah satu masalah besar saat berpidato adalah penyampaian pidato yang kurang jelas. Biasanya hal ini disebabkan artikulasi yang tidak baik. Pengucapan yang baik harus terus dilatih, jangan sampai pengucapan menjadi tidak jelas saat berada di atas podium. Artikulasi harus jelas dan benar agar audiens dapat memahami pidato dengan baik.

2. Mengetahui Daftar Nama Pejabat yang Hadir

Hal yang juga perlu mendapat perhatian saat melakukan pidato perpisahan kelas 9 adalah mengetahui daftar nama pejabat yang hadir. Dalam pembukaan pidato, orator akan menyampaikan penghormatan kepada jajaran tamu kehormatan berdasarkan pangkat. Jadi sebelum berpidato, usahakan untuk mengetahui nama-nama pejabat yang akan menghadiri acara tersebut.

3. Mengulang Isi Pidato

Ingin terlihat keren saat berpidato di atas podium tanpa kesalahan? Maka orator perlu membaca pidato secara berulang-ulang untuk menghindari kesalahan. Selain itu intonasi juga penting selain harus menguasai teks pidato. Disamping mengulang teks, melatih intonasi dalam penekanan huruf-huruf atau kalimat. Hal ini untuk menghindari orator terdengar seperti membaca dan menghafal.

4. Pemanasan

Hal yang juga tidak kalah penting dilakukan sebelum berpidato adalah pemanasan. Sebelum naik ke podium, ada baiknya orator melakukan beberapa pemanasan seperti pengucapan atau gerakan-gerakan kecil. Hal ini berguna menghindari ketegangan saat menyampaikan pidato di atas podium. Karena biasanya ketegangan ini yang membuat orang melakukan kesalahan dalam berpidato.

5. Bahasa yang Mudah Dipahami

Satu lagi hal yang penting bagi seorang orator adalah penggunaan Bahasa. Saat melakukan pidato, usahakan menggunakan Bahasa yang mudah dimengerti oleh audience. Jangan menggunakan Bahasa yang terlalu berlebihan yang membuat audience tidak menangkap maksud dari pidato. Ingat bahwa audience sebagian besar adalah siswa kelas 9, jadi gunakan Bahasa yang sederhana.

Baca Juga: Pembukaan Pidato Bahasa Arab


Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9

Salah satu trik agar penyampaian pidato lebih lancar dan bagus adalah menyusun naskahnya terlebih dahulu. Hal ini akan sangat membantu penyampaian pidato lebih sistematis. Jadi pembahasan tidak akan melebar setelah membuat naskah dengan kerangka konsep sebelumnya. Bagi yang masih bingung mencari referensi, simak beberapa contoh pidato perpisahan kelas 9 berikut.

1. Contoh 1 Pidato Perpisahan Kelas 9

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 49 Depok.

Yang kami hormati Bapak/Ibu guru beserta staff SMP Negeri 9 Depok.

Dan yang kawan-kawanku seperjuanganku tercinta yang hadir pada pagi hari ini.

Pada kesempatan kali ini, mari bersama-sama kita mengucap puji syukur atas Rahmat Allah yang telah memberi nikmat-Nya kepada kita semua sehingga pada kesempatan yang berbahagia ini kita masih bisa berkumpul bersama dalam acara Perpisahan Kelas 9 tahun ajaran 2020/2021.

Saya sebagai perwakilan segenap siswa kelas 9 dalam acara perpisahan siswa kelas 9 SMP Negeri 49 Depok. Kami sadar bahwa selama ini kami banyak membuat Bapak/Ibu guru kecewa, marah dan kesal. Untuk itu, dengan segenap hati kami memohon maaf apabila selama menjadi siswa di SMP Negeri 49 Depok kami banyak membuat kesalahan baik yang disengaja maupun tidak kepada Bapak/Ibu guru sekalian.

Tak lupa pula kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak/Ibu guru yang dengan sabar dan ikhlas mengajar dan mendidik kami hingga kami menjadi siswa yang berprestasi. Bapak/Ibu guru, terkhusus untuk wali kelas kami selama menempuh pendidikan di SMP 49 Depok, terima kasih telah mendidik kami dengan baik selama 3 tahun ini. Atas jasa kalian lah kami menjadi siswa siswi yang berprestasi dan bermanfaat untuk orang lain pada umumnya, dan bermanfaat bagi sekolah tercinta ini.

Teman-temanku yang selalu berbahagia, mungkin dalam waktu 3 tahun yang kita lalui banyak perselisihan dan pertengkaran yang terjadi antara sesama teman dan berperilaku tidak baik kepada adik kelas. Namun semua itu merupakan kenangan terindah yang bisa kita kenang kelak. Untuk adik kelas kami, lanjutkanlah perjuangan kalian dan raih prestasi sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan sekolah kita yang tercinta.

Demikianlah sepatah kata yang saya sampaikan sebagai perwakilan siswa kelas 9. Selamat berpisah. Jangan berhenti disini, mari melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Contoh 2 Pidato Perpisahan Kelas 9

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMP Negeri 15 Bandung.

Yang kami hormati Bapak/Ibu guru dan tamu undangan, serta teman-temanku yang selalu dalam kebahagiaan.

Puji syukur senantiasa kita persembahkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir di tempat yang berbahagia ini dalam acara perpisahan siswa kelas 9 SMP Negeri 15 Bandung.

Pertama-tama, saya selaku perwakilan dari siswa kelas 9 dan tanpa mengurangi rasa hormat, kami mengucapkan permohonan maaf kepada Bapak/Ibu guru serta tamu undangan apabila dalam penyambutan terdapat kesalahan yang kurang berkenan di hari Bapak/Ibu sekalian.

Ungkapan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang telah mendidik, mengajar, dan dengan sabar menuangkan perhatian dan ilmu kepada kami rasanya tidak akan dapat diukur dengan apapun. Atas jasa Bapa/Ibu guru lah kami menjadi manusia yang cerdas dalam berfikir dengan ilmu yang Bapak/Ibu ajarkan kepada kami.

Ukiran jasa dan pengorbanan yang Bapak/Ibu torehkan di atas kehidupan kami selama menjadi siswa di SMP Negeri 15 Bandung tidak dapat kami balas hanya dengan ucapan terima kasih. Namun semua itu memberikan bekas yang indah dalam perjalanan kami dimana kami menjadi pribadi yang cerdas berkat ilmu yang Bapak/Ibu ajarkan. Untuk adik-adik kelas kami yang tercinta, teruslah belajar dan lampaui kami. Jadilah siswa yang membawa nama baik sekolah kita tercinta.

Segala kenangan yang kita ukir bersama di sekolah ini menjadi rangkaian cerita dalam kehidupan kami yang ditulis dengan tinta permanen yang akan menjadi pelajaran yang amat berharga dan abadi dalam perjalanan kami.

Demikian sepatah kata yang saya sampaikan sebagai perwakilan siswa kelas 9 SMP Negeri 15 Bandung. Perkenankan saya untuk memohon maaf bila terdapat kesalahan dalam penyampaian saya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Contoh 3 Pidato Perpisahan Kelas 9

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Ibu Kepala Sekolah SMP Negeri 94 Palangkaraya.

Yang kami hormati Bapak/Ibu guru beserta staf.

Tamu undangan serta teman-temanku yang tercinta.

Pada pagi yang cerah ini, mari kita mempersembahkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir di tempat yang berbahagia ini dalam acara perpisahan siswa kelas 9 SMP Negeri 94 Palangkaraya.

Sehubungan dengan hal tersebut, mewakili siswa kelas 9, saya mengucapkan permohonan maaf serta ucapan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Bapak/Ibu guru tercinta. Kami menyadari bahwa selama menempuh pendidikan 3 tahun di SMP Negeri 94 Palangkaraya, ada banyak kesalahan yang kami perbuat yang tidak berkenan di hati Bapak/Ibu guru sekalian.

Segala tindakan yang membuat Bapak/Ibu marah, sedih, kecewa, dan kesal membuat kami sadar bahwa kami memang pantas diberi hukuman. Kami sadar bahwa hukuman tersebut merupakan bentuk kasih dari Bapak/Ibu guru untuk menjadikan kami sebagai pribadi yang disiplin dan pengetahuan. Maka dari itu, kami dengan segenap hati memohon maaf atas tindakan yang membuat Bapak/Ibu guru tidak senang.

Rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kamu ucapkan kepada Bapak/Ibu guru beserta staf yang telah mendidik dan mengajari kami dengan ikhlas dan sabar. Atas jasa Bapak/Ibu guru tersebutlah kami tumbuh menjadi manusia yang bertanggung jawab, cerdas, disiplin dan menguasai mata pelajaran dengan baik. Terima kasih kepada seluruh staff di SMP Negeri 94 Palangkaraya yang selalu memberikan kami fasilitas dan pelayanan terbaik.

Melalui acara ini, kami memohon doa dan restu sekaligus berpamitan kepada Bapak/Ibu guru agar kami bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Doakan kami agar menjadi siswa yang membanggakan orang tua, membanggakan nama sekolah dan membanggakan negara. Untuk adik-adik, teruslah tingkatkan prestasi dan banggakan nama sekolah kita tercinta.

Sekian pidato yang saya sampaikan, jika ada kekurangan mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pidato sejatinya adalah bagaimana seseorang bisa menyampaikan sesuatu kepada orang banyak dengan Bahasa yang baik. Dalam menyampaikan pidato, susunan kata dan penggunaan Bahasa tentu saja harus diperhatikan. Gunakan Bahasa yang mudah dimengerti oleh audience untuk menjalin koneksi yang baik agar pesan yang disampaikan tersampaikan dengan maksimal.

Nah demikianlah ulasan mengenai pidato untuk perpisahan yang menjadi pembahasan kali ini. Dalam berpidato selalu perhatikan hal-hal kecil seperti yang diulas di atas untuk menghindari resiko kesalahan. Semoga ulasan kali ini bisa memberi manfaat dan menjadi referensi untuk pidato perpisahan kelas 9.

 

10 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris Beserta Terjemahan

Pembukaan Pidato Bahasa Inggris – Pidato bahasa Inggris adalah salah satu kegiatan berbicara di depan umum untuk menginformasikan suatu hal dengan bahasa Inggris. Salah...
bikinartikel
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: