Inspirasi Pidato Hari Kesaktian Pancasila Yang Penuh Semangat Nasionalisme

5 min read

Pidato Kesaktian Pancasila

Pidato Hari Kesaktian PancasilaDalam setiap upacara peringatan dan pidato hari Kesaktian Pancasila  selalu terangkai dengan peristiwa G30S/PKI yang sangat memilukan. Pada masa ini terjadi insiden berupa gerakan kudeta yang didalangi oleh PKI yang ingin menjadikan Indonesia sebagai bagian dari negara komunis di dunia. Paham dan ideologinya bertentangan dengan pancasila selaku dasar negara Indonesia.

Selalu disampaikan dalam pidato kesaktian Pancasila adalah cara PKI yang menghalalkan segala cara untuk memaksakan paham komunisnya. Penyusupan di berbagai sendi kehidupan masyarakat, mulai dari petani hingga pejabat militer dan pemerintahan. Oleh karena itu dengan mudah melaksanakan politik adu domba antar sesama anak bangsa.

Kemudian pada puncaknya terjadi tragedi berdarah dengan gugurnya 6 jenderal dan 1 perwira pertama di Lubang Buaya, Jakarta. Selanjutnya dikenal dengan sebutan Pahlawan Revolusi. Ketujuh pahlawan tersebut disiksa dan dibantai oleh PKI, karena dianggap mengetahui dan menghalangi rencana pergerakan PKI. Sebagaimana yang selalu menjadi pokok pikiran dalam pidato hari kesaktian Pancasila.


Memaknai Kesaktian Pancasila

Memaknai Kesaktian Pancasila

Dalam setiap upacara peringatan, tentulah dibutuhkan tema yang berkaitan dengan kenangan peristiwa yang sudah terjadi dan harapan di masa mendatang. Demikian juga dalam kegiatan memperingati hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan setiap 1 Oktober. Terdapat 4 makna yang wajib dijadikan rangkaian pelaksanaan upacara di hari Kesaktian Pancasila

Pertama berkaitan dengan Pancasila yang merupakan dasar negara serta pedoman berbangsa dan bernegara di NKRI, tidak boleh diubah oleh siapapun juga. Kedua merupakan berkabungnya TNI, dengan gugur dan hilangnya para perwira serta pejabat TNI pada masa itu. Makna pertama dan kedua merupakan rentetan beberapa peristiwa sebelumnya yang dilakukan PKI, dengan mencoba merubah dasar negara Pancasila menjadi paham komunis.

Makna ketiga merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur demi menjaga tegaknya Pancasila sebagai dasar negara. Serta yang keempat merupakan upaya mewujudkan peran Pancasila secara nyata sebagai ideology negara. Sehingga dalam pelaksanaan penyelenggaraan negara dapat berjalan sesuai dengan cita-cita dan harapan para pendiri bangsa yang berdasarkan pancasila.

Baca Juga: Pidato Perpisahan Kelas 9


Berbagai Inspirasi Pidato Kesaktian Pancasila

Berbagai Inspirasi Pidato Kesaktian Pancasila

Jadi untuk memaknai tema pidato hari kesaktian Pancasila akan memudahkan pendengar untuk mencerna isi pidato tersebut. Biasanya ada 2 hal yang selalu menjadi penekanan dalam teks di setiap pidato memperingati hari kesaktian pancasila. Pertama adalah hal yang berkaitan dengan latar belakang tragedi G30S/PKI dan kedua peringatan akan bahaya laten dari ideologi komunis. Inspirasi mengenai kedua hal tersebut dapat dijabarkan sebagaimana berikut:

1. Pilih Tema Yang Tepat Dan Inspiratif

Meskipun pemerintah pusat sudah menentukan tema nasional yang digunakan untuk memperingati hari Kesaktian Pancasila setiap tahunnya. Tidak ada salahnya juga untuk memilih tema sendiri yang pas dan sesuai dengan kondisi dan tujuan dari pidato  kesaktian Pancasila tersebut. Tentu saja selama tema yang akan dipilih tidak melanggar aturan atau undang-undang yang berlaku.

Sehingga target dan pesan pidato kesaktian Pancasila yang hendak disampaikan dapat didelegasikan dengan tepat. Serta tidak membuat ambigu beserta upacaranya. Sebab tema dan naskah pidato untuk siswa sekolah dasar pastinya berbeda dengan peserta upacara yang pegawai sipil pemerintah. Untuk itu gunakan tema yang tepat, agar mudah dicerna dengan mudah oleh pendengarnya. Beberapa tema pidato yang dapat dijadikan inspirasi antara lain:

  • Semangat kebersamaan Bhineka Tunggal Ika untuk menjaga persatuan dengan keberagaman di tengah pengaruh globalisasi.
  • Membangun karakter bangsa yang berdasarkan pancasila menuju Indonesia yang lebih sejahtera
  • Dengan Pancasila menjadikan kebhinekaan menjadi sebagai pemersatu di tengah keberagaman
  • Kesaktian Pancasila menjadi tonggak untuk mencapai Indonesia maju dan lebih baik.
  • Saatnya menjadikan Pancasila sebagai Pandangan dan pedoman hidup mencapai Indonesia yang sejahtera.

2. Naskah Pidato Untuk Murid Sekolah Dasar

Upacara dan pidato hari kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tahun disebut juga dilaksanakan di berbagai sekolah dasar. Tentunya naskah pidato tersebut berbeda isi dan bahasanya dibandingkan dengan kelompok masyarakat lainnya. Tetapi tema dan isinya tidak berbeda jauh dengan yang sudah ditentukan oleh negara.

Apalagi tingkat pemahaman siswa dan siswi sekolah dasar masih terhitung sedikit dan mentah. Jadi materi naskah pidato yang tepat adalah berkaitan dengan motivasi yang tepat sesuai dengan peruntukannya sebagai murid sekolah dasar. Sehingga mudah dicerna dan dipahami para murid sekolah dasar. Kalimat-kalimat untuk menyusun pidato tersebut antara lain:

  • Perjuangan para pahlawan revolusi dalam mempertahankan Pancasila, meskipun harus mengorbankan jiwa dan raga nya. Patutlah dijadikan teladan para generasi muda untuk menjaga persatuan di tengah keberagman. Untuk itu kebersamaan dan persatuan dalam pergaulan sehari-hari hendaknya merupakan pengamalan sila-sila Pancasila.
  • Meskipun era globalisasi sudah sedemikian merasuk dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menyebabkan perubahan pergaulan kesehariannya. Dengan menjaga Pancasila sesuai dengan falsafah Bhineka Tunggal Ika, maka semangat persatuan dan kebersamaan dapat terwujud di NKRI

3. Murid SMP Dan sederajatnya

Dalam mempersiapkan naskah pidato hari kesaktian Pancasila untuk para pelajar SMP dan sederajatnya, sebaiknya merupakan semangat kebhinekaan di tengah keberagaman. Sebab dengan langkah pembinaan untuk menjaga persatuan di negara Indonesia akan memperkuat semangat patriotisme di kalangan pelajar untuk NKRI. Beberapa kalimat yang dapat dijadikan inspirasi antara lain:

  • Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia, bukan sekedar tulisan belaka yang terpatri di perisai sang Garuda. Tetapi merupakan bentuk janji dan keinginan dan harapan para pendiri negara. Untuk itu sebagai pelajar hendaklah kalian berjuang dan berpartisipasi untuk menjaga kehormatan bangsa dengan terus mengamalkan Pancasila dalam pergaulan sehari-hari.
  • Anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang paling istimewa adalah pancasila dan kemerdekaan bangsa Indonesia. maka sudah selayaknya dan sepantasnya untuk terus menjaga tegaknya Pancasila ditengah pengaruh globalisasi dunia. Dengan ikut mengisi kemerdekaan melalui prestasi yang membanggakan.

4. Untuk Siswa Dan Siswi SMA 

Para remaja dan siswa SMA sederajat merupakan calon-calon pemimpin negeri di masa depan. Tentu pembinaan nilai-nilai Pancasila menjadi penting untuk membangkitkan semangat dan motivasi generasi tersebut. Maka susunan kalimat untuk pidato hari kesaktian Pancasila, dapat dilakukan sebagaimana berikut:

  • Sebagai generasi muda calon pemimpin bangsa Indonesia di masa depan, hendaklah kalian meneladai perjuangan para pahlawan revolusi yang mengorbankan jiwa dan raga nya demi tegaknya Pancasila di bumi pertiwi ini. Bukan sekadar euforia, tetapi kerja nyata untuk terus menjaga persatuan dan mengharumkan nama bangsa. Dengan mengamalkan sila-sila yang tercantum dalam pancasila dalam kehidupan nyata.
  • Sikap keteguhan yang dicerminkan seorang perwira muda Piere Tendean yang mengorbankan dirinya demi tegaknya pancasila patutlah menjadi teladan para generasi milenial. Dengan terus menjaga semangat persatuan di tengah keberagaman bangsa Indonesia, merupakan salah bentuk penghargaan akan jasa-jasanya.

5. Pegawai Sipil Pemerintah

Peran pegawai sipil pemerintah atau yang biasa disebut PNS sangat penting dalam mempersiapkan naskah dan pidato hari kesaktian Pancasila. Sehingga pelaksanaan peringatan akan kesaktian Pancasila dapat terselenggara dengan baik. Maka kalimat pidato yang disusun, sebaiknya berkaitan dengan makna dan pentingnya Pancasila yang menjadi pedoman hidup, seperti:

  • Di hari Kesaktian Pancasila, sebagai warga negara republik Indonesia, pantas lah kita semua mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas semua rahmat dan anugerahnya. Dengan menjadikan Pancasila sebagai dasar negara yang sekaligus menjadi panduan hidup berbangsa dan bernegara.
  • Pancasila yang sakti bukan sekedar dasar negara , melainkan menjadi identitas dan jiwa untuk menjaga persatuan di negara Indonesia. Dengan semangat Bhineka Tunggal Ika yang terpatri dengan gagah pada pita yang dipegang kuku oleh cakar sang Garuda. Untuk selalu menjaga persatuan di tengah keanekaragaman rakyat Indonesia.

6. Militer Dan Polri

Aparatur negara penjaga tegaknya Pancasila adalah Militer dan Polri. Tentu pidato hari kesaktian Pancasila untuk anggota TNI dan Polri, bobot dan isinya sangat berbeda dengan naskah masyarakat lainnya. Selain menjadi benteng pertahanan dan keamanan negara, aparat TNI dan Polri juga menjadi pelindung Pancasila.

Untuk itu diperlukan naskah pidato yang berkaitan motivasi dan dorongan semangat agar terus waspada akan bahaya laten komunis. Hingga jangan sampai disusupi  oleh kelompok komunis atau separatis, seperti yang pernah terjadi di masa G30S/PKI. Yang sekaligus menjadi bukti sejarah akan peristiwa berdarah yang memilukan negeri ini. Beberapa kalimat yang dapat dijadikan inspirasi menyusun naskah pidato, seperti:

  • Pancasila adalah benteng bagi NKRI untuk menghadapi ancaman, rongrongan dan serbuan paham ideologi lain yang dapat merusak tatanan hidup bernegara dan bermasyarakat. Maka sudah menjadi tugas bagi TNI dan Polri untuk terus menegakkan semangat Pancasila di republik ini.
  • Berbagai ujian yang datang untuk mengoyak persatuan dan menggoyahkan kesatuan telah dihadapi bangsa Indonesia. semangat dan teladan para pahlawan revolusi untuk tetap berkomitmen mengamankan Pancasila dari paham komunis menjadi tonggak sejarah akan buktinya Pancasila yang sakti. Untuk itu setiap prajurit TNI dan Polri hendaklah meneladani para pahlawan revolusi yang gugur demi menjamin tegaknya Pancasila.

Baca Juga: Pidato Berbakti Kepada Orang Tua

7. Dengan Peserta Umum

Untuk pidato hari kesaktian Pancasila yang ditujukan kepada masyarakat umum, sebaiknya naskahnya berupa perenungan dan peringatan akan bahaya laten komunis. Pemahaman yang  sangat bertentangan dengan ideologi Pancasila. Juga tentang kesadaran akan pentingnya Pancasila sebagai dasar dan sekaligus pandangan hidup.

Ini akan semakin tumbuh masyarakat Pancasila seperti yang diimpikan para pahlawan nusantara tercinta. Yang akan terus menjaga kesatuan dan persatuan bangsa dari rongrongan kelompok komunisme modern. Juga mampu menegakan pancasila di tengah perkembangan globalisasi dunia. Sebagaimana beberapa kalimat dibawah ini:

  • Tantangan global dengan mulai masuknya paham dan ideologi lain yang bertentangan dengan Pancasila haruslah diwaspadai bersama. Sebab selain dapat mengikis semangat persatuan, juga akan berdampak dengan rusaknya tatanan hidup bernegara yang berdasarkan pancasila. Maka, marilah bersama-sama terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila didalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Mengenang dan memperingati hari kesaktian Pancasila, tidak cukup dengan upacara peringatan saja. Tetapi, mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang luhur adalah tugas seluruh rakyat Indonesia.

Jadi, memaknai pidato dalam hari Kesaktian Pancasila bagi generasi muda sangatlah penting. Untuk membangkitkan dan menjaga semangat nasionalisme demi tegaknya Pancasila di republik ini. Apalagi di tengah-tengah pengaruh global, yang secara tidak langsung juga turut menggerogoti semangat nasionalisme yang berdasarkan pancasila, di kalangan generasi milenial.

Dengan memaknai tema dan isi dari suatu pidato  pada hari kesaktian Pancasila secara tepat, maka pesan moral dan semangat untuk menjaga kesatuan dan persatuan tersampaikan. Sehingga tinggal bagaimana para generasi muda dalam mensosialisasikan serta mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat.

Semoga kumpulan pidato hari kesaktian Pancasila ini dapat memberikan kontribusi dan inspirasi bagi generasi muda. Untuk teru membangun negeri ini mencapai Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Sebagai salah bentuk usaha mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan. Semoga bermanfaat.

 

10 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris Beserta Terjemahan

Pembukaan Pidato Bahasa Inggris – Pidato bahasa Inggris adalah salah satu kegiatan berbicara di depan umum untuk menginformasikan suatu hal dengan bahasa Inggris. Salah...
bikinartikel
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: