Contoh Pidato Hari Guru

5 min read

Pidato Hari Guru

Pidato Hari GuruBagi seorang murid guru merupakan pahlawan pendidikan yang harus dihormati, disegani, disayangi, serta dicintai. Dengan jasanya yang begitu banyak, maka dibuatlah hari guru nasional yang jatuh pada tanggal 25 November untuk mengapresiasi jasanya. Pada saat itu seorang murid biasanya memberikan pidato Hari Guru sebagai ungkapan terima kasih.

Meskipun saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih dan maju, namun peran guru sebagai pendidik tidak bisa digantikan. Dimana Guru memiliki peran untuk menanamkan karakter serta nilai kepada murid yang tidak bisa dilakukan oleh kecanggihan teknologi.

Bahkan guru menjadi teladan bagi muridnya untuk tumbuh berkembang menjadi manusia yang berkarakter baik. Berikut ini merupakan beberapa contoh pidato hari guru yang bisa diberikan ketika tanggal 25 November. Berikut ini beberapa contoh teks pidato untuk hari guru:


1. Pidato Tema Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

1. Pidato Tema Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Pidato Tema Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Guru memang pantas disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Karena perannya sangat penting yaitu untuk mendidik serta mencerdaskan generasi penerus bangsa. Berikut ini merupakan contoh pidato untuk Hari Guru bertema pahlawan tanpa tanda jasa, yaitu:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi dan salam saya sampaikan kepada kalian semua.

Yang terhormat Bapak kepala Sekolah, beserta bapak ibu guru yang saya cintai dan staf TU sekalian.

Marilah kita ucap Alhamdulillah kepada Allah SWT karena atas nikmat dan karunia-Nya. Jangan lupa untuk memberikan shalawat serta salam kepada Baginda nabi Muhammad SAW, kepada keluarga sahabat, serta para pengikutnya sekalian.

Berdirinya saya disini yaitu untuk memperingati acara hari guru nasional, Sekaligus memberikan beberapa pesan dalam pidato Hari Guru ini.

Hadirin yang saya cintai,

Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang perlu kita hormati. Karena berkat mereka kita bisa menjadi orang-orang sukses, berkarakter, bermoral, dan berkompeten. Karena setiap dokter, presiden, menteri, pengusaha merupakan orang-orang yang telah dididik oleh para guru.

Dengan begitu, sangat penting peran guru terhadap kemajuan negara. Karena tanpa guru tidak ada penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter. Guru juga merupakan salah satu profesi yang berada di muka bumi ini. Mereka merupakan orang yang mengajarkan kita mulai dari membaca, menulis, menghitung, mengetahui, dan memahami. Oleh sebab itu, mustahil ada orang yang berhasil tanpa peran guru di belakangnya.

Hadirin yang saya hormati,

Seorang guru tidak pernah berhenti untuk mengantarkan anak-anak Indonesia ke gerbang pintu kesuksesan. Mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengajar kita dan mewujudkan cita-cita muridnya. Dengan begitu, maka wawasan yang kita miliki semakin luas.

Meskipun tak sedikit anak didik yang diajarkan telah melupakan mereka, namun mereka masih ingat dan masih memperdulikan nasib murid-muridnya. Bahkan mereka tidak mengenal lelah untuk selalu berkontribusi membangun dan mendidik anak bangsa hingga hari tua.

Teman-teman yang saya cintai,

Kini saatnya kita memberikan penghargaan serta apresiasi yang tinggi terhadap guru-guru kita semua. Kita juga harus berterima kasih yang mendalam untuk guru-guru kita, karena telah bersusah payah untuk mengajarkan dan mendidik kita. Mulai dari membimbing, menjadi teladan yang baik, memberi pengetahuan, memberi motivasi, nasehat, dan inspirasi, agar kelak menjadi manusia yang berguna.

Saya akhiri pidato kali ini. Semoga kita bisa lebih berbakti, hormat, dan cinta kepada para guru. Karena Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Pidato Tentang Kesehatan


2. Sebagai Ucapan Terima kasih

2. Sebagai Ucapan Terima Kasih

Sebagai Ucapan Terima kasih

Sebagai murid yang dididik oleh para guru tentu harus berterima kasih atas semua jasanya. Pada hari guru nasional, murid bisa memberikan pidato Hari Guru sebagai ucapan terima kasih, Di bawah ini merupakan contoh nya:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi, serta salam sejahtera saya ucapkan

Kepada yang terhormat bapak kepala sekolah, dewan-dewan guru, beserta Staf TU jajarannya, dan teman-teman yang saya sayangi.

Marilah bersama-sama mengucapkan syukur kepada Allah subhanahu Wa ta’ala karena nikmat yang Ia berikan kepada kita semua. Serta shalawat dan salam kita curahkan kepada nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari masa kegelapan menuju masa terang benderang ini.

Sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada hadirin sekalian karena telah memberikan saya kesempatan untuk berbicara. Pada kesempatan kali ini saya akan membawakan pidato tentang hari guru sebagai perwakilan dari para murid yang ingin mengucapkan terima kasih.

Hari ini tepatnya tanggal 25 November memperingati hari guru nasional sebagai bentuk apresiasi untuk para pahlawan tanpa tanda jasa di negeri ini. Karena Guru memiliki peran penting untuk memberikan pengetahuan dan wawasan dalam mencerdaskan anak bangsa.

Hadirin sekalian,

Kita semua tahu bahwa guru telah mengorbankan tenaga, pikiran, dan waktu untuk mengajar serta mendidik muridnya. Guru juga menjadi panutan yang baik untuk para murid dalam mencapai serta memperjuangkan cita-cita kita semua.

Sebagai seorang murid, tentu kami ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya dan sedalam-dalamnya kepada para guru. Karena mereka menjadikan kami orang-orang sukses di waktu yang akan datang. Mereka juga telah membentuk karakter kami menjadi lebih kuat dan lebih baik.

Kami juga ingin meminta maaf sebesar-besarnya karena sebagai murid kami belum bisa memberikan yang terbaik. Bahkan tak jarang kami sering mengecewakan dan merepotkan kalian. Kepada ibu bapak guru yang saya cintai, pada kesempatan kali ini, saya mewakili murid di sekolah ini, bahwa kami tidak akan pernah melupakan semua jasa-jasa yang engkau berikan kepada kami.

Guru merupakan pelita serta penerang bagi bangsa dan negara. Guru juga merupakan penuntun serta jembatan untuk mencapai impian. Sebagai murid kami akan berusaha untuk membalas semua jasamu, dan tidak membuatmu merasa kecewa.

Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Semoga perbuatan mu menjadi ladang pahala. Demikian pidato yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini. Saya mewakili murid di sekolah ini mengucapkan selamat hari guru, Terima kasih atas segala cinta kasih dan ilmu yang telah kau berikan.

Mohon dimaafkan apabila ada kesalahan kata yang saya ucapkan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


3. Tentang Sosok Guru

3. Tentang Sosok Guru

Tentang Sosok Guru

Sosok seorang guru ini memang tidak pernah lepas dari keberhasilan anak-anak dalam meraih cita-citanya. Sebagai ungkapan rasa terima kasih, berikut ini  merupakan contoh pidato Hari Guru mengenai sosok seorang guru, yaitu:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera saya ucapkan untuk kita semua,

Marilah kita bersama-sama bersyukur, Alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT, Karena tanpa seizinnya kita tidak bisa berkumpul di tempat ini. Tak lupa juga untuk selalu bershalawat kepada Baginda nabi besar Muhammad SAW.

Yang terhormat kepala sekolah, bapak ibu guru beserta staf TU dan teman-teman yang saya banggakan. Bertepatan pada tanggal 25 November ini, saya akan berpidato mengenai sosok seorang guru.

Hadirin sekalian, sosok seorang guru sangat penting bagi kehidupan bangsa dan negara ini. Seperti yang kita ketahui bahwa guru merupakan pahlawan pendidikan yang berperan untuk membentuk serta mencetak anak-anak berprestasi, penerus masa depan bangsa.

Kehadiran guru sangat dibutuhkan dalam dunia ini. Tidak ada seorangpun yang sukses tanpa peran guru di belakangnya. Misalnya seorang dokter, pilot, penulis, nahkoda, bahkan presiden sekalipun merupakan hasil didikan seorang guru.

Hadirin sekalian,

Seorang guru memang memiliki keterbatasan dalam pendidikan serta mengejar kita. Namun mereka telah berusaha semaksimal mungkin agar kita menjadi manusia berguna di masa depan. Kita tidak bisa menukar apapun untuk menukar jasa mereka. Guru merupakan pelita cahaya yang menerangi kehidupan lewat ilmu pengetahuan yang mereka berikan dan ajarkan. Cahaya tersebut memberi harapan bagi para muridnya untuk menggapai cita-cita.

Teman-teman yang saya sayangi, sudah sepatutnya kita berbakti kepada seorang guru. Karena merekalah yang setiap hari berdiri di depan kita untuk mengajari ilmu pengetahuan, memberikan wawasan yang luas, memberikan penjelasan ketika di kelas, dan menjawab pertanyaan yang tidak kita pahami.

Guru terdiri dari 4 huruf yang memiliki makna besar. Begitu pentingnya sosok seorang guru bagi kehidupan. Mereka mendidik serta membangun karakter anak bangsa. Tepat di hari guru ini, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas segala jasa yang telah bapak ibu guru berikan kepada saya dan kita semua. Semoga kami bisa membalas jasa kalian semua.

Saya akhiri pidato ini, terima kasih atas perhatiannya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Pembukaan Pidato Islami


4. Tema Dedikasi Guru

4. Tema Dedikasi Guru

Tema Dedikasi Guru

Guru merupakan sosok pahlawan tanpa tanda jasa berdedikasi untuk mencerdaskan anak bangsa. Untuk mengungkapkan rasa terima kasih pada guru, berilah pidato Hari Guru bertema dedikasi guru. Berikut contohnya,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita mengucap syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat kepada kita semua. Tak lupa juga untuk selalu bershalawat kepada Baginda nabi besar Muhammad SAW.

Yang saya hormati dan saya segani bapak/ ibu kepala sekolah, dewan-dewan guru, beserta Staf TU jajarannya, dan teman-teman yang saya sayangi.

Alhamdulillah hari ini kita bisa berkumpul di sekolah tercinta dalam rangka memperingati hari guru. Terima kasih kepada hadirin sekalian karena telah mengijinkan saya untuk menyampaikan pidato hari guru. Tema pidato yang akan saya bawakan kali ini yaitu dedikasi guru.

Kita semua tahu bahwa guru memiliki jasa dan pengorbanan yang cukup besar untuk mencerdaskan anak bangsa. Guru bagaikan lilin yang rela terbakar demi menerangi kehidupan. Karena mereka memberikan ilmu kepada muridnya tanpa mengharapkan imbalan dan pamrih.

Teman-teman yang saya cintai, sudah seharusnya kita bangga dan bersyukur karena kita mempunyai guru yang baik. Padahal tugas guru bukanlah hal yang mudah. Apalagi menghadapi murid nakal di sekolah. Tidak mudah untuk mengajarkan seorang anak menjadi pintar dan paham. Dibutuhkan kesabaran serta telaten dalam mendidik.

Oleh sebab itu saya mewakili murid di sekolah ini mengucapkan terima kasih banyak atas segala pengorbanan yang engkau berikan kepada kami semua. Kami berharap semoga Bapak Ibu diberikan kesehatan, umur panjang serta kemudahan oleh Allah SWT dalam mendidik kami semua. Dan semoga ilmu yang kalian berikan kepada kami dapat bermanfaat di hari yang akan datang.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, selamat hari guru nasional untuk guru Indonesia.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Semoga pidato-pidato tersebut bisa menjadi referensi dalam menyampaikan materi. Semoga terdapat pesan yang bisa dipetik dari pidato tersebut. Tetaplah menjadi murid yang bisa menghargai jasa-jasa para pendidik yang telah ikhlas mendidik hingga saat ini.

Itulah beberapa contoh pidato Hari Guru yang bisa disampaikan ketika hari guru tiba. Seorang  guru telah memberikan jasa yang sangat berarti. Untuk itu, terulah menghormati guru-guru yang sudah berkorban waktu dan tenaganya. Sekian dan semoga menginspirasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *