Contoh Pidato Hardiknas tentang Pentingnya Pendidikan, Penuh Makna

6 min read

Pidato Hardiknas

Pidato HardiknasHardiknas atau Hari Pendidikan Nasional jatuh pada tanggal 2 Mei. Pada tanggal tersebut merupakan tanggal kelahiran dari Bapak Ki Hajar Dewantara yaitu tokoh nasional yang mempelopori pendidikan di Indonesia. Untuk memperingati hari ini biasanya akan disampaikan beberapa pidato hardiknas di berbagai tempat.

Untuk mengingat dan mengenang jasa pahlawan pendidikan, maka akan dilaksanakan upacara bersama yang diisi dengan pidato bertema pendidikan. Mengingat pendidikan sangat penting untuk masa depan setiap manusia. Tujuan penyampaian pidato ini yaitu untuk membangkitkan semangat para pelajar menempuh pendidikan setinggi mungkin.

Dalam memperingati hari tersebut tentunya akan digelar upacara oleh lembaga-lembaga terkait.  Sebagai inspirasi dalam menyampaikan pidato, berikut ini merupakan contoh isi teks pidato hardiknas yang dapat disampaikan untuk mengisi acara Hari Pendidikan Nasional, yaitu:


1. Pidato Hardiknas untuk Para Pelajar

Pidato Hardiknas Untuk Para Pelajar

Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris Acara Festival

Pidato pada Hardiknas yang disampaikan untuk para pelajar harus berisi motivasi serta motivasi untuk meningkatkan semangat belajar. pidato ini dapat disampaikan oleh guru ketika upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional. Berikut ini merupakan contoh pidato hardiknas untuk para pelajar yaitu:

Assalamualaikum Warohatulllahi Wabarokatuh

Alhamdulillah Wa syukurillah pada hari ini kita masih diberikan kesempatan untuk menghirup udara segar. Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama mengucap syukur kepada Allah SWT yang telah mengizinkan kita untuk berkumpul dalam keadaan sehat. Tak lupa juga untuk bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Yang terhormat bapak/ibu kepala sekolah, dewan guru beserta jajaran staf TU sekalian, serta murid-murid yang saya cintai.

Terima kasih karena telah mempercayakan saya untuk bicara mengenai pidato hardiknas. Mengingat hari ini adalah Hari Pendidikan Nasional tepatnya di tanggal 2 Mei. Setiap memperingati Hari Pendidikan Nasional, tentu kita semua akan mengingat satu tokoh penting yang berjasa bagi dunia pendidikan Indonesia. Siapakah beliau? Ada yang tau?

Beliau adalah Bapak Ki Hajar Dewantara atau yang memiliki nama Suwardi Suryaningrat. Beliau merupakan pemimpin serta tokoh yang mempelopori pendidikan di Indonesia. Bapak Ki Hajar Dewantara membuat semboyan sebagai bentuk usaha mewujudkan serta membangun kemerdekaan dunia pendidikan di Indonesia. Semboyan yang digunakan yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha yang memiliki arti bahwa seorang pemimpin harus bisa menjadi suri tauladan untuk orang-orang yang berada di sekelilingnya.

Ing Madya Mangun Karsa mempunyai arti yaitu meningkatkan semangat Tut Wuri Handayani yaitu berarti terdapat seseorang yang memberikan semangat dari belakang atau memberikan dorongan moral. Semboyan tersebut tentu memiliki makna yang sangat baik bagi pendidikan kita sampai saat ini. Bahkan hadirnya semboyan tersebut dapat mewarnai pendidikan di Indonesia.

Hadirin yang saya cintai,

Bapak Ki Hajar Dewantara telah memberikan jasanya yang begitu besar serta kontribusinya sangat tinggi untuk membangun pendidikan di negara ini. Maka tidak usah heran bila beliau memiliki julukan yaitu Bapak Pendidikan Indonesia.

Anak-anakku sekalian, sebagai pelajar sudah seharusnya kalian belajar dengan baik dan meraih cita-cita dengan semangat. Hal tersebut guna memajukan dunia pendidikan dan membawa nama Indonesia harum. Karena cita-cita luhur dari bapak Ki Hajar Dewantara sendiri yaitu untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia yang tercantum pada UUD 1945 alinea ke-4 yang bunyinya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan rajin belajar dan hormat kepada guru maka kalian semua telah menjadi murid baik yang dapat menjalankan kewajiban. Selain itu rajin belajar juga bagus untuk masa depan diri kalian sendiri

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan, kini saatnya saya harus mengakhiri pidato ini. Semoga pidato ini bermanfaat untuk menambah wawasan serta menyuntikkan rasa semangat dalam diri kalian. Semoga kalian bisa menjadi anak yang sukses dunia dan akhirat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Baca Juga: Pidato Sumpah Pemuda


2. Pidato Bertema Globalisasi

2. Pidato Bertema Globalisasi

Pidato Bertema Globalisasi

Globalisasi berasal dari kata global yang mempunyai arti menyeluruh, sehingga dapat dikatakan globalisasi yaitu batasan-batasan antar negara menjadi semu. Globalisasi dapat dijadikan tema dalam membawakan pidato hardiknas, berikut contohnya:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera serta selamat menikmati pagi yang cerah ini.

Yang terhormat para hadirin sekalian, alangkah baiknya bila kita selalu memanjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT. Shalawat serta salam marilah kita junjungan nabi besar Muhammad SAW. Pada hari pendidikan nasional ini, saya akan berpidato sedikit mengenai globalisasi beserta pengaruh segala aspek kehidupan kita.

Hadirin sekalian, Apakah kalian tahu apa itu globalisasi? Globalisasi merupakan penyebaran unsur informasi yang berasal dari seluruh dunia lewat Media elektronik maupun media cetak. Ada banyak hal yang mengakibatkan terjadinya globalisasi. Kejadian globalisasi tentu akan berpengaruh pada semua aspek kehidupan kita. Saya ambil contoh dari bidang transportasi.

Saat ini kita bisa lihat ada banyak transportasi yang melintas di Jalan Raya, udara, dan laut. Transportasi tersebut sangat canggih canggih, sehingga memudahkan manusia untuk menjalani segala aktivitas kehidupan. Hal tersebut tentu sangat berbeda dengan transportasi yang ada zaman dulu. Dimana seseorang yang ingin melakukan bepergian harus menempuh perjalanan dengan jalan kaki atau kendaraan tradisional seperti becak, kuda, dan lainnya.

Bukan hanya bidang transportasi, melainkan globalisasi juga berpengaruh terhadap bidang telekomunikasi. Pada saat ini teknologi semakin canggih, kita bisa mengakses informasi pekerjaan dan lainnya melalui handphone. Bahkan handphone sulit dipisahkan dari kehidupan saat ini, betul tidak?

Internet merupakan salah satu contoh dari kecanggihan teknologi yang digunakan oleh semua kalangan baik anak kepada orang tua. Bahkan ada banyak penemuan terbaru oleh anak muda yang asalnya dari internet. Begitu pula dengan dunia kuliner Indonesia yang terpengaruh oleh dampak globalisasi. Dimana masyarakat Indonesia sudah bisa mencicipi makanan luar negeri dengan mudah seperti hamburger, spaghetti, pizza, ramen, kebab, dan lain sebagainya.

Aspek-aspek lainnya ikut terpengaruh oleh globalisasi yaitu fashion setelah olahraga. Dimana masyarakat sudah bisa mengetahui fashion dan olahraga luar negeri melalui TV handphone dan komputer. Bahkan suatu hal yang sedang trending di luar negeri akan diikuti oleh masyarakat kita.

Hadirin yang saya hormati,

Begitu banyak pengaruh globalisasi untuk kehidupan kita. Hal ini bisa berdampak baik maupun berdampak buruk bagi masyarakat kita. Oleh sebab itu kita harus bisa memilah dan memilih, mana pengaruh yang membawa positif dan mana pengaruh yang membawa negatif.

Jangan sampai semua pengaruh kita ikuti. Misalnya kita akan melupakan budaya sendiri dan mengikuti budaya luar negeri. Atau menghabiskan waktu dengan bermain handphone seharian tanpa melakukan aktivitas apapun. Pada Hari Pendidikan Nasional ini, sudah sebaiknya kita meningkatkan mutu pendidikan kita dan memberikan edukasi terhadap masyarakat mengenai lingkungan saat ini.

Dengan adanya globalisasi, maka setiap negara akan bersaing dalam menciptakan inovasi. Mari kita benahi diri kita dan semangat untuk menuntut pendidikan setinggi-tingginya. Sehingga kita bisa membanggakan Indonesia dengan prestasi-prestasi yang kita miliki.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai globalisasi serta pengaruhnya untuk kehidupan. Semoga kita bisa memilih dampak positif dari pengaruh globalisasi itu sendiri. Jangan sampai kita meninggalkan budaya dan tradisi Indonesia demi mengikuti trend luar negeri.

Terima kasih kepada hadirin yang sudah mendengarkan, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr Wb.


3. Inspirasi Pidato Hardiknas tentang Pendidikan Moral

3. Inspirasi Pidato Hardiknas Tentang Pendidikan Moral

Inspirasi Pidato Hardiknas tentang Pendidikan Moral

Pendidikan bukan hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, melainkan untuk menanamkan karakter serta moral yang tinggi. Bahkan, pendidikan moral menjadi pilar negara saat ini. Apabila masyarakat memiliki moral yang baik maka negara ini akan kuat dan kokoh. Berikut ini merupakan pidato hardiknas tentang pendidikan moral yaitu:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puja dan puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang telah membawa kita semua dalam hari bersejarah ini. Tak lupa untuk senantiasa bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang sudah menuntun kita semua ke arah jalan yang benar.

Hadirin sekalian, Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kehadiran kalian semua pada Hari Pendidikan Nasional ini. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan oleh-Nya. Pada acara kali ini saya akan membahas mengenai pendidikan moral.

Para hadirin semua yang saya cintai, kita semua tahu bahwa negara akan berdiri kokoh dengan moral yang baik, sopan, santun dan berkarakter. Sehingga, pendidikan moral harus segera ditanamkan sejak dini kepada anak-anak kita. Dengan adanya pendidikan moral, maka anak-anak kita akan menjaga nilai kearifan, serta terhindar dari pengaruh buruk yang terjadi saat ini.

Terlebih saat ini aktivitas manusia semakin mudah dengan adanya kecanggihan teknologi yang semakin pesat. Jangan sampai teknologi tersebut membawa dampak yang buruk bagi kita dan generasi selanjutnya. Justru, kita harus menggunakan teknologi tersebut untuk hal-hal yang positif.

Bapak/ ibu yang saya hormati,

Sebagai orang tua, kita wajib memantau anak-anak kita dalam bergaul, menggunakan teknologi, agar tidak terjerumus pengaruh buruk yang menyebabkan moral dan akhlak mereka rusak. Orang tua harus bisa memberikan nasehat yang baik untuk anak. Dan sebagai anak harus bisa mengendalikan diri dalam memilih pergaulan.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, Semoga kita menjadi orang tua yang baik dan generasi yang bermoral, santun, sopan dan berkarakter. Akhir kata, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Baca Juga: Pidato Hari Kesaktian Pancasila


4. Tentang  Pentingnya Pendidikan

4. Tentang  Pentingnya Pendidikan

Tentang Pentingnya Pendidikan

Pentingnya pendidikan haruslah disadari sejak dini. Untuk itu bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional. mari menanamkan tentang bagaimana pentingnya pendidikan untuk anak-anak bangsa. Sebagai inspirasi dalam pidato Hardiknas, berikut ini bisa dijadikan referensi:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat bapak ibu serta adik-adik sekalian

Marilah kita sama-sama memuja dan memuji Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat yang sangat banyak, dan nikmat yang tidak terhitung. Marilah kita bersholawat dan salam kepada Nabi besar, Nabi mulia, Nabi Muhammad SAW.

Pada hari bersejarah dalam dunia pendidikan Indonesia ini, saya akan sedikit menyampaikan pidato tentang pentingnya menuntut pendidikan untuk masa depan.

Hadirin yang saya banggakan,

Pendidikan bagaikan jembatan yang memberi jalan dalam menggapai impian. Pendidikan bukan hanya sekedar mentransfer ilmu dari pendidik kepada murid. Melainkan membentuk murid menjadi manusia yang cerdas, berkarakter, bermoral, dan berkompeten.

Pendidikan memiliki arti yang penting dalam kehidupan suatu bangsa dan negara. Karena generasi yang terdidik dapat membawa negara Indonesia menjadi negara yang lebih maju. Oleh sebab itu, sebagai pelajar dan generasi bangsa, kita harus belajar dengan sungguh-sungguh dan semangat Dalam menggapai impian. Pastinya adik-adik mempunyai cita-cita yang tinggi kan?

Sedangkan untuk para orang tua, kita harus mendukung semangat belajar anak dan bertekad untuk menyekolahkan anak setinggi mungkin. Karena orang yang berpendidikan tinggi akan lebih mudah mendapatkan karir yang baik.

Demikian pidato yang saya sampaikan mengenai pentingnya menuntut pendidikan setinggi mungkin. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dengan penyampaian pidato tersebut maka akan banyak pelajar dan generasi yang termotivasi untuk belajar dengan giat. Dengan memberi motivasi melalui verbal tentunya akan lebih mengena di hati dan pikiran yang mendengarnya. Ini bisa menjadi salah satu motivasi untuk anak meraih cita-citanya.

Itulah contoh pidato Hardiknas yang bisa disampaikan guna meningkatkan semangat generasi untuk belajar lebih giat dan berpendidikan tinggi. pidato tersebut dapat dikreasikan untuk memeriahkan acara Hari Pendidikan Nasional.

10 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris Beserta Terjemahan

Pembukaan Pidato Bahasa Inggris – Pidato bahasa Inggris adalah salah satu kegiatan berbicara di depan umum untuk menginformasikan suatu hal dengan bahasa Inggris. Salah...
bikinartikel
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: