Contoh Pidato Cinta Tanah Air

5 min read

Pidato Cinta Tanah Air

Pidato Cinta Tanah AirRasa cinta tanah air perlu ditanamkan kepada anak muda sejak dini, karena mereka merupakan penerus bangsa yang akan melanjutkan perjuangan bangsa ini. Salah satu menanamkan rasa nasionalisme yaitu dengan memberikan pidato cinta tanah air.

Dalam memperingati hari-hari besar nasional biasanya disertai dengan acara pidato cinta tanah air. Pidato ini menyampaikan kepada para pendengar untuk selalu mencintai negara, bangsa, dan tanah air.

Hal tersebut tentu menjadi salah satu cara untuk menanamkan cinta tanah air sejak dini. Karena yang mendengarkan pidato bisa dari kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Dengan rasa nasionalisme yang kuat pada diri anak muda maka negara akan maju dan menjaga nilai-nilai budaya yang sudah menjadi karakter bangsa. Ada beberapa contoh pidato cinta tanah air yang bisa disampaikan mulai dari anak-anak hingga dewasa.


Pidato Cinta Tanah Air untuk Anak-anak

Pidato Cinta Tanah Air Untuk Anak Anak

Masa kanak-kanak merupakan masa yang tepat untuk menanamkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara. Karena pada masa itu pikiran anak-anak masih kuat, jernih, dan bisa diingat.

Tema pidato cinta tanah air untuk anak-anak TK sampai SD tidak dibawakan dengan berat, agar anak-anak mudah mencernanya. Berikut contohnya :

Pidato Cinta Tanah Air untuk Anak-anak

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang terhormat bapak juga ibu guru, dan anak-anak yang saya cintai dan saya banggakan. Pada kesempatan pagi yang cerah ini, Saya ingin menyampaikan sesuatu untuk anak-anak ku yang ceria, manis dan pintar, Insya Allah.

Pertama-tama Saya ingin mengucapkan syukur kepada Allah SWT telah memberikan rahmatnya kepada kita semua. Dan tidak lupa juga shalawat serta salam kita sanjungkan kepada nabi besar kita Muhammad SAW, keluarga sahabat dan para pengikutnya yang semoga kita termasuk didalamnya

Anak-anak yang saya cintai dan saya banggakan, berdirinya saya disini itu untuk mengenang ulang siapa pahlawan kita yang telah berjuang besar melawan penjajah dan memperebutkan bangsa ini. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tanpa perjuangan mereka kita tidak akan mencapai titik ini.

Anak-anak yang saya cintai dan saya banggakan, kita sudah seharusnya bangga dan membalas jasa-jasa mereka dengan menjaga persatuan Indonesia. Hal tersebut sudah dilakukan oleh para pejuang dahulu. Oleh sebab itu adik-adik sekalian tidak boleh melupakan jasa para pejuang kita ya! Apakah adik-adik siap untuk menjaga persatuan Indonesia?!!

Untuk menjaga negara ini, yaitu adik-adik harus rajin belajarnya ya, harus jadi anak yang baik, berbakti, dan sopan, jangan nakal ya?! Supaya adik-adik bisa membanggakan negara Indonesia.

Jadi, mulai dari sekarang adik-adik harus berjanji untuk semangat belajarnya ya!

itu saja yang dapa Saya berikan untuk anak-anakku sekalian. Semoga adik-adik bisa mengerti dan bisa menjaga Indonesia.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Pidato Tentang Lingkungan


Pidato Cinta Tanah Air untuk Remaja

Pidato Cinta Tanah Air Untuk Remaja

Usia remaja memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan usia anak-anak dalam mendengarkan dan memahami sampaian isi pidato cinta tanah air. Usia remaja jatuh pada anak SMP dan SMA.

Dalam memberikan pidato untuk usia remaja harus menarik dan tidak membosankan agar pesan yang disampaikan dapat diambil dengan baik. Berikut contohnya :

Pidato Cinta Tanah Air untuk Remaja

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua

Yang terhormat bapak ibu dewan guru, serta anak-anak penerus bangsa yang saya cintai.

Yang pertama dan paling utama, alangkah baiknya kita ucap Alhamdulillah kepada Allah atas nikmat dan ijin-Nya sehingga kita bisa bersilahturahmi di tempat ini. Tak lupa juga shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Baginda nabi besar Muhammad SAW

Di pagi hari yang cerah ini saya akan menyampaikan beberapa pesan kepada anak pemuda yang kuat, rajin, cerdas. Semoga kalian menjadi penerus bangsa yang sukses dan bisa membanggakan negara. Aamiin

Anak-anak ku sekalian, sebagai penerus bangsa diperlukan rasa nasionalisme dan patriotisme dalam diri. Sehingga, tolong kalian dengarkan dan simak pesan yang akan saya bawakan mengenai permasalahan bangsa kita yang pernah terkena kasus radikalisme dan lainnya.

Sekitar 75 tahun yang lalu, Indonesia sudah ditinggal oleh bangsa sekutu. Namun hal tersebut bukan lah kabar gembira, melainkan terdapat penjajahan Jepang yang lebih kejam 100 kali dibandingkan penjajah Inggris ataupun Belanda.

Namun saat itu para pahlawan Indonesia tidak menyerah dan putus asa, mereka selalu memperjuangkan hak-hak yang dimiliki oleh bangsa kita, baik secara diplomatis maupun secara gerilya. Pada akhirnya Sutan Syahrir dan pejuang lainnya memutuskan bahwa Indonesia harus segera merdeka.

Ada yang tahu siapa itu Sutan Syahrir?

Sutan Syahrir adalah salah satu orang yang melopori kejadian penculikan Rengasdengklok. Hayo diingat-ingat lagi pelajaran sejarahnya.

Karena Sultan Syahrir sangat mencintai tanah air Indonesia, maka Sutan Syahrir pun menculik insinyur Soekarno serta bung Hatta karena berbeda pendapat. Lho apa hubungannya? Ada yang tau?

Ya. karena meskipun Sutan Syahrir dan Ir Soekarno berbeda pendapat, namun mereka tetap menjaga kesatuan demi memerdekakan bangsa Indonesia. Hal inilah yang perlu kalian tiru untuk menjaga bangsa Indonesia.

Jangan sampai perbedaan suku, agama, ras, dan budaya akan memperpecah persatuan dan kesatuan negara Indonesia. Tanamkan rasa cinta tanah air dan toleransi dalam diri sehingga kita harus saling melindungi.

Itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga pidato cinta tanah air ini bisa membuka pikiran kalian untuk menjaga Indonesia agar menjadi negara yang lebih maju. Mohon maaf bila lisan saya mengatakan hal yang salah.

Akhir kata wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Pidato Cinta Tanah Air untuk Mahasiswa

Pidato Cinta Tanah Air Untuk Mahasiswa

Mahasiswa merupakan penerus bangsa yang harus berkontribusi membangun kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Jika ingin menyampaikan pidato cinta tanah air untuk mahasiswa kenapa harus memiliki pesan persatuan dan kesatuan Indonesia.

Sehingga tidak ada mahasiswa yang terpengaruh ke dalam jaringan radikalisme. Berikut contoh pidato cinta tanah air untuk mahasiswa :

Pidato Cinta Tanah Air untuk Mahasiswa

Assalamualaikum, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati rekan-rekan mahasiswa dan mahasiswi yang telah berkumpul di tempat ini, Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan beberapa pesan dalam pidato cinta tanah air yang saya bawakan. Tujuannya yaitu untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, dan patriotisme yang mulai terkikis di zaman sekarang ini.

Seperti yang sudah kita lihat, bahwa banyak sekali kasus terorisme yang di dalamnya terdapat pemuda. Bahkan menurut laporan Badan Nasional penanggulangan terorisme menyatakan jika paham radikalisme mulai memasuki daerah kampus.

Hal tersebut tentu menjadi kabar mengkhawatirkan, karena mahasiswa merupakan harapan bangsa atau agent of Change untuk negara ini.

Menurut yang saya ketahui bahwa propaganda ini berjalan head to head dalam kampus. Meskipun gerakannya yang tidak terlihat, namun dampaknya sangat besar.

Jika teman-teman aktif organisasi di kampus, tentu sudah tahu gerakan ini ya kan? Bahkan sudah mendiskusikannya? Betul tidak?

Pesan saya dalam pidato ini, yaitu agar kalian terus belajar lebih baik agar Indonesia berdiri tegak dan kokoh. Dan saatnya kita sudah harus berjuang untuk membangun negara ini. Hindari paham-paham yang menentang Pancasila dan diragukan dasarnya.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan dalam pidato cinta tanah air ini, semoga kita bisa membangun bersama bangsa Indonesia agar lebih maju lagi.

Wassalam warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Pidato Tentang Kenakalan Remaja


Pidato Cinta Tanah Air untuk Masyarakat Umum

Pidato Cinta Tanah Air Untuk Masyarakat Umum

Pada saat ingin menyampaikan pidato cinta tanah air untuk masyarakat umum, pastikan pesan yang dibawakan tersampaikan. Oleh sebab itu, gunakan bahasa yang ringan namun pesannya sangat dalam.

Berilah edukasi pada masyarakat mengenai penyebaran radikalisme, serta menghimbau para orang tua untuk menjaga anak-anak dan hidup mereka. Berikut contoh pidato cinta tanah air untuk masyarakat umum,

Pidato Cinta Tanah Air untuk Masyarakat Umum

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

Yang terhormat bapak ibu guru, serta semuanya yang berkumpul di tempat ini semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Marilah sejenak kita mengucap syukur atas rahmat dan karunia Allah subhanahu Wa ta’ala, karena berkat-Nya kita bisa berkumpul. Dan marilah kita curahkan shalawat beserta salam kepada Baginda nabi Muhammad SAW, kepada keluarga sahabat dan para pengikutnya sekalian.

Di pagi yang cerah ini saya akan sedikit menyampaikan pesan mengenai cinta tanah air serta menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Karena betapa pentingnya rasa nasionalisme dalam diri untuk menghadapi masa krisis yang terjadi di Indonesia.

Hal ini dapat kita saksikan dalam acara berita yang menayangkan kejadian penangkapan terorisme di negara Indonesia. Karena bisa saja orang-orang terdekat kita, dan yang berada di sekitar kita, termasuk orang ke dalam golongan radikalisme.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga persatuan, rasa kekeluargaan, toleransi untuk melindungi lingkungan kita dari paham yang mengandung radikalisme. Sehingga anak-anak, saudara, serta cucu kita tidak akan menjadi korban selanjutnya dalam paham sesat yang merusak moral dan bangsa ini.

Mulai dari sekarang, marilah kita bersama-sama meningkatkan rasa waspada diri terhadap hal-hal yang mencurigakan. Apabila ada sesuatu yang ganjal, kita bisa segera melaporkannya kepada yang berwajib seperti RT atau RW masing-masing.

Selain itu, buatlah jadwal ronda yang rutin agar lingkungan selalu dijaga setiap harinya dan diawasi kegiatan yang berbau radikalisme. Dengan begitu kita bisa mencegah menghilangkan paham radikalisme dalam lingkungan.

Apabila semua masyarakat bersatu melawan paham sesat ini, maka negara Indonesia akan terlindungi dari berbagai perpecahan dan krisis yang terjadi. Tanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme kepada anak-anak kita karena merekalah penerus bangsa ini.

Mungkin itu saja yang dapat saya berikan dalam pidato di kesempatan kali ini. Mohon maaf bila ada kata yang salah dan tidak berkenan di hati para pendengar semua. Semoga kita selalu dilindungi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dari segala marabahaya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikianlah contoh pidato cinta tanah air. Pidato ini bisa disampaikan untuk berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga masyarakat umum. Pidato ini juga bisa disampaikan pada saat kapan pun, baik di hari biasa maupun hari besar nasional.

Jangan lupa untuk selalu memberikan pesan-pesan positif kepada masyarakat, sehingga rasa cinta tanah air dan rela berkorban tertanam dalam diri. Hal tersebut guna menjaga persatuan bangsa dan negara serta menciptakan bibit-bibit unggul Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *