Perbedaan Puisi Lama Dan Puisi Baru: Pecinta Sastra Wajib Tahu!

2 min read

Perbedaan Puisi Lama dan Puisi Baru – Kini dunia sastra mulai kembali diramaikan oleh para penulis-penulis baru khususnya pada karya puisi.

Hal tersebut tentu sangat sejalan bahwa saat ini puisi lebih mengarah pada curahan hati seorang penulisnya.

perbedaan puisi lama dan puisi baru

Jika dahulu puisi digunakan sebagai mantra serta memiliki banyak aturan dalam penulisannya, maka pada saat ini hal tersebut tidak lagi berlaku.

Banyak perubahan yang terjadi dengan kaidah-kaidah penulisan puisi yang tentunya akan membuat para penulisnya menjadi lebih mudah dalam menghasilkan karya.

Perbedaan Puisi Lama dan Puisi Baru yang Perlu Kamu Tahu – Penjelasan Lengkap

Walau dituliskan tanpa aturan, puisi baru dengan gaya modern tetap harus memiliki keindahan dalam bahasanya agar lebih diminati oleh masyarakat umum.

Nah kira-kira apa saja perubahan yang telah terjadi dalam perkembangan puisi? Silahkan simak pada penjelasan berikut!

Pengertian

Hal pertama yang harus kita pahami adalah tentang pengertian dari puisi lama dan puisi baru itu sendiri dimana penjabarannya akan memberi sedikit gambaran kepada kita tentang keduanya.

Puisi lama adalah puisi yang masih terikat banyak aturan dalam penulisannya seperti aturan sajak, larik di setiap baitnya, dan jumlah katanya.

Berbeda dengan versi lama, puisi versi baru dengan gaya modern adalah jenis puisi pada penulisannya tidak terikat oleh aturan sehingga dapat dituliskan secara bebas.

Walau demikian pada kedua puisi tersebut tetap harus terdapat ritme, rima, dan musikalitas di dalamnya.

Irama

Perbedaan selanjutnya terletak pada irama saat pengucapan atau pembacaannya dimana pada puisi lama iramanya harus tetap yaitu 2 kata dalam sekali ucap.

Sedangkan pada puisi baru irama dinamis dan sering dibuat mengikuti suasana yang diciptakan penulis sehingga perasaan penulis dan pesan penulis tentang puisi tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

Bentuk

Bentuk adalah hal fisik yang akan terlihat dari tampilan sebuah puisi, pada puisi lama bentuknya memiliki aturan seperti yang telah dijelaskan pada bagian pengertian sebelumnya.

Begitupun dengan puisi modern dimana sifatnya lebih bebas dan tidak terikat aturan dalam bentuk penulisannya.

Penulis

Perbedaan selanjutnya terletak pada rahim puisi dimana pada puisi lama penulisnya tidak diketahui sedangkan pada puisi modern penulisnya diketahui bahkan dikenal.

Hal tersebut karena puisi lama merupakan bagian dari budaya yang disampaikan secara turun temurun sehingga masyarakat lebih mengarah kepada nilai kebaikan yang terdapat di dalamnya untuk dijadikan sebagai pembelajaran kepada generasi penerusnya.

Persebaran

Karena disampaikan secara turun temurun, puisi lama hanya dapat disebarkan dari lisan ke lisan dimana biasanya dijadikan sebagi bentuk nasihat.

Hal tersebutlah yang juga mendukung fakta bahwa nama penulis pada puisi lama tidak diketahui.

Pada puisi modern dapat disebarkan melalui lisan dan tulisan dimana pada masa kini begitu banyak media massa yang menyediakan rubrik khusus puisi sehingga penulis puisi modern lebih mudah diketahui dan dikenal.

Isi

Puisi lama dan baru dengan gaya modern juga memiliki perbedaan pada isinya yaitu pada puisi lama isi lebih mengarah kepada bentuk nasihat sedangkan pada puisi baru umumnya berisi tentang curahan hati sang penulis.

Bagaimana dengan ke-6 perbedaan pada puisi lama dan puisi baru tersebut?

Sebagai contoh cobalah ingat-ingat tentang beberapa pantun yang pernah kamu baca, pantun tersebut merupakan contoh dari puisi lama yang mana pada penulisannya memiliki aturan sampiran dan isi serta tidak diketahui nama penulisnya.

Pantun tersebut akan sangat jauh berbeda dengan puisi yang terdapat pada rubrik puisi di media massa dimana kamu akan dengan mudah menemukan nama penulisnya.

Puisi lama adalah salah satu budaya Indonesia yang harus kita jaga dan kita lestarikan, semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu dan membuat kita semakin tertarik dengan dunia puisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *