Penyebab Oli Mesin Motor Tidak Naik Ke Klep

2 min read

Penyebab oli mesin motor tidak naik ke klep

Dalam kendaraan bermotor, keberadaan oli sangatlah penting. Oleh karena itu, oli pada motor hendaknya diperhatikan secara tepat. Jika pelumas mesin ini terdapat gangguan, maka akan menimbulkan permasalahan pada motor. Di antara permasalahan yang kerap dihadapi para pengguna yakni oli mesin yang tidak naik. Penyebab oli mesin motor tidak naik ke klep biasanya disebabkan beberapa faktor. Di antara penyebab tersebut antara lain sebagai berikut.


1.   Berkurangnya Volume Oli

Berkurangnya Volume Oli

Penyebab pertama yang bisa memicu tidak naiknya oli mesin ke klep yakni volume oli yang berkurang. Ketika volume oli tidak maksimal, maka berpengaruh pada kinerjanya yang  tidak akan maksimal secara normal. 

Akibat dari volume oli yang berkurang yakni tekanan pada oli tidak akan stabil dan biasanya disebabkan karena kebocoran oli mesin. Jika terjadi kebocoran, pengguna motor bisa mengeceknya dengan mengukur banyaknya oli mesin yang tersisa serta pastikan motor dalam keadaan tegak.

Jika permasalahan volume oli berkurang dikarenakan kebocoran, maka harus dideteksi bagian mana yang bocor. Selanjutnya, bisa dilakukan penambahan oli untuk meningkatkan volume yang maksimal. Dengan adanya penambahan volume oli, maka kinerjanya pun akan kembali stabil.


2.   Kotornya Bagian Filter Oli

Kotornya Bagian Filter Oli

Selanjutnya, penyebab oli mesin motor tidak naik ke klep yakni karena bagian filter oli yang kotor. Keberadaan filter pada motor yakni untuk membersihkan kerak atau pun kotoran dari oli yang dialirkan. Jika bagian filter ini kotor atau pun tersumbat, maka kotoran yang mengendap akan mengganggu proses mengalirnya oli. Hal inilah yang dapat menyebabkan oli tidak naik ke klep.

Adapun solusi yang bisa dicoba yakni dengan mengganti filter secara teratur, minimal setelah pemakaian dengan jarak 5.000 hingga 10.000 Kilometer. Kotornya filter oli biasanya ditandai dengan suara logam di bagian atas mesin dengan bunyi yang cukup berisik. Jika hal ini terjadi, maka pengguna hendaknya mengganti filter yang kotor.


3.   Oil Feed Mesin yang Tersumbat

Oil Feed Mesin Yang Tersumbat

Selain kotornya filter oli, penyebab lainnya yakni oli feed mesin yang tersumbat. Keberadaan oil feed pada motor berfungsi sebagai jalur yang digunakan untuk menyalurkan oli mesin ke seluruh bagian mesin pada motor. Jika terdapat sumbatan pada bagian ini, maka peredaran oli pun akan terganggu. Hal ini biasanya terjadi pada para pengguna motor yang malas melakukan penggantian oli.

Jika terjadi sumbatan pada oil feed, maka cara mengatasinya yakni dengan melakukan pembersihan secara tepat. Gunakan karbu cleaner pada bagian yang mengalami sumbatan. Selain itu, bisa juga dengan memanfaatkan bensin. Ketika selesai dibersihkan, selanjutnya lakukan penggantian oli mesin.


4.   Oil Pump Mengalami Kerusakan

Oil Pump Mengalami Kerusakan

Pompa oli pada motor yang berfungsi sebagai penyalur oli mesin ke bagian kepala silinder hendaknya diperhatikan. Jika bagian Oil Pump mengalami kerusakan maka oli mesin yang disalurkan akan terganggu dan tidak dapat bekerja secara maksimal. Sering-seringlah memeriksa pompa oli sehingga tidak mengalami aus. Jika sampai terjadi aus pada giginya, maka oli mesin pun tidak akan naik.

Untuk mengatasi Oil Pump yang rusak bisa dilakukan penggantian pada set pompa oli. Solusi lainnya yakni memperbaikinya jika memang bisa diperbaiki. Selain itu, jika mengalami penyumbatan, maka bersihkan secara tepat.


5.   Pengaruh dari Oli Mesin yang Digunakan

Pengaruh Dari Oli Mesin Yang Digunakan

Penyebab lainnya timbul karena oli mesin yang digunakan. Pengaruh yang ditimbulkan dari oli mesin terhadap naik-tidaknya ke klep sangatlah vital. Salah satu kasus yang bisa terjadi yakni karena oli mesin yang terlalu kental. Tingkat kekentalan oli suatu motor beragam, hal ini harus menyesuaikan dengan anjuran resmi dari dealer terkait.

Selain itu, oli mesin yang berkurang pun akan berpengaruh dan oli mesin motor tidak akan naik ke klep. Untuk mengatasinya yakni dengan melakukan penggantian oli secara berkala. Selain itu, gunakan oli mesin yang dianjurkan pihak dealer bersangkutan.

Demikianlah informasi sekilas terkait penyebab oli mesin motor tidak naik ke klep serta cara mengatasinya. Semoga ulasan di atas dapat membantu dalam mengatasi permasalahan pada kendaraan bermotor.

Penyebab oli mesin motor tidak naik ke klep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *