Penyebab Aki Mobil Habis Sendiri

2 min read

PENYEBAB AKI MOBIL HABIS SENDIRI

Penyebab Aki Mobil Habis Sendiri  – Aki merupakan komponen yang sangat penting pada mobil. Ketiadaan aki dapat membuat mobil tidak bisa menyala. Selain itu lampu dan juga bagian-bagian listrik lainnya memerlukan aki sebagai pemasok utama agar dapat menyala.

Kerusakan pada aki mobil dapat mengganggu ketenangan dan kenyamanan dalam berkendara. Oleh sebab itu kondisi aki yang lemah dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter dan bagian-bagian lain tidak berfungsi secara optimal.

Salah satu permasalahan yang seringkali dijumpai pada aki adalah penyebab aki motor habis sendiri. Apa saja penyebabnya? Berikut penjelasannya!


1. Mobil Tidak Digunakan Atau Jarang Dipanaskan

Mobil Tidak Digunakan Atau Jarang Dipanaskan

Hal pertama yang dapat menyebabkan aki mobil habis sendiri adalah mobil yang jarang digunakan. Hal ini menyebabkan aki tidak memperoleh suplai listrik yang cukup sehingga menjadikan kapasitas aki kurang maksimal. Nah Oleh sebab itu diperlukan bawa mobil bepergian minimal 1 kali dalam seminggu agar aki mendapat asupan listrik yang cukup dan lebih tahan lama.


2. Mobil Terlalu Sering Digunakan

Mobil Terlalu Sering Digunakan

Penyebab aki mobil habis sendiri yang kedua adalah terlalu sering menggunakan mobil. Penggunaan mobil secara terus-menerus tentu saja membutuhkan daya listrik yang sangat besar Hal ini menyebabkan aki bekerja terlalu keras sehingga tips mengurangi masa pakainya. Sebagaimana yang diketahui bahwa seluruh komponen mobil memiliki masa pakai tersendiri dan rusak jika dipakai terus menerus.


3. Kehabisan Air Aki

Kehabisan Air Aki

Aki mobil dengan tipe basah memiliki keunggulan yakni dapat diisi ulang sehingga memiliki masa pakai yang lebih lama dan lebih mudah dalam perawatannya. Akan tetapi kelemahan dari aki ini ialah pemilik seringkali lupa mengecek ketersediaan air pada aki. 

Tak jarang air pada akhir ternyata sudah kosong sehingga menyebabkan aki tidak dapat bekerja dengan optimal. Apabila hal ini dibiarkan secara terus menerus aki dapat cepat soak. Oleh sebab itu disarankan untuk mengecek ketersediaan air aki setiap sebelum bepergian.


4. Kapasitas Aki Yang Kecil

Kapasitas Aki Yang Kecil

Dalam memilih aki hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan seberapa besar kapasitas aki tersebut. Dan jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kelistrikan mobil yang dimiliki. Jika kapasitas aki yang digunakan tidak sebanding dengan kelistrikan mobil maka dapat menyebabkan over supply sehingga usia aki menjadi berkurang.


5. Terlalu Banyak Menggunakan Aksesoris Mobil

Terlalu Banyak Menggunakan Aksesoris Mobil

Pemilik mobil seringkali memodifikasi mobil sesuai dengan keinginan. akan tetapi dalam proses modifikasi tidak memperhatikan kapasitas yang dimiliki aki mobil. Contohnya saja penggunaan audio mobil. Audio yang besar tentu memerlukan daya listrik yang besar pula. 

Hal ini tentu saja harus menyesuaikan dengan kapasitas aki mobil yang dipakai. Apabila ternyata kapasitas aki mobil lebih kecil, dan hal ini dibiarkan saja terus-menerus apakah daya aki mobil akan tersedot habis dan dapat merusak aki mobil tersebut.


6. Aki Telah Berumur

Aki Telah Berumur

Pertambahan umur mobil berbanding lurus dengan umur aki mobil. Semakin tua usia aki tersebut maka kemampuan menyimpan daya akan semakin berkurang pula. Sehingga pemilik mobil perlu mengganti aki dengan kondisi yang baru. Penggantian aki mobil ini dapat dilakukan dalam jangka waktu 2 hingga 3 tahun sekali.

Apabila dapat menjaga serta merawat gigi dengan cara yang benar aki tentu saja dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan batas waktu yang diberikan oleh pabrik. Aki dengan kualitas standar dapat mencapai usia 3 tahun apabila dirawat dengan cara yang benar. 

Yang bukan original bawaan mobil dijual pada toko toko variasi, akan diberikan garansi selama 6 bulan hingga 1 tahun dengan kata lain jarak tempuhnya hanya sejauh 25000 KM saja. Usia penggunaan aki mobil dapat ditentukan melalui cara pemakaian oleh pemilik mobil. 

Selain itu penggunaan alat listrik yang standar pada mobil dapat memperlama usia aki mobil dibandingkan dengan alat-alat yang diganti dan menggunakan buat yang lebih tinggi dibanding aslinya.

Itulah tadi penjelasan mengenai penyebab aki mobil habis sendiri. Dengan informasi di atas kini pengguna mobil dapat mengetahui apa saja penyebab aki mobil habis sendiri serta hal-hal yang dapat mempengaruhi usia aki mobil tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Penyebab aki mobil habis sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *