Contoh Pembukaan Pidato Islami

5 min read

Pembukaan Pidato Islami

Pembukaan Pidato Islami  – Pidato merupakan suatu kegiatan untuk berbicara dan berorasi di depan khalayak yang berfungsi sebagai media komunikasi. Karena disampaikan di depan banyak orang, tentunya pembukaan pidato islami harus dibuat menarik.

Dibuatnya pembukaan pidato dengan kata-kata menarik bertujuan untuk memudahkan komunikasi antara seorang yang berpidato dengan pendengar sehingga tercipta suasana yang kondusif. Meskipun demikian, pembukaan pada pidato harus dibuat ringkas, tidak bertele-tele dan bersinergi dengan isi pidato agar tetap padu.

Ada berbagai jenis metode pembacaan pidato yang dapat disampaikan dalam berbagai acara baik secara formal maupun non formal. Tentunya semua jenis metode tersebut memiliki struktur pidato yang serupa salah satunya yaitu bagian pembukaan. Berikut beberapa contoh kalimat pembuka yang dapat digunakan dalam pidato islami:


Pembukaan Pidato Islami Sederhana

Pembukaan Pidato Islami Sederhana

Karena bertujuan untuk menyampaikan pendapat dan memberikan gambaran akan suatu hal kepada orang banyak, pidato perlu dibuat menarik tanpa mengurangi makna di dalamnya. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk adalah dengan menggunakan kalimat pembuka yang pidato dengan kata-kata menarik.

Agar tidak membosankan, pembukaan dalam pidato dapat dibuat dengan menggunakan kata-kata tidak biasa dan memiliki makna agar membuat pendengar penasaran. Pembukaan sebaiknya dibuat ringkas, tidak terlalu panjang dan tidak bertele-tele agar isi pidato dapat tersampaikan dengan baik. Berikut contoh pembukaan yang dapat digunakan dalam pidato islami:

Hadirin sekalian Assalamualaikum Wr. Wb.

Memang benar adanya jika segala yang ada hanyalah milik Allah semata. Dan Alhamdulillah karena kasih sayangnya pada manusia, bulan suci ramadhan dapat kembali hadir di tahun ini. Meskipun berbeda dengan tahun sebelumnya, Allah akan tetap melimpahkan berkah dan suka cita saat bulan ramadhan datang.

Memang benar jika ramadhan erat kaitannya dengan puasa, namun alangkah baiknya jika hadirin disini lebih memahami arti ramadhan sesungguhnya. Di bulan yang penuh berkah ini, pahala akan Allah lipat gandakan dan lantunan doa yang dipanjatkan akan dikabulkannya. Tentunya jika tiada nikmat dari Allah, mustahil hadirin disini bisa menginjakkan diri di bulan yang berbahagia ini.

Nabi Muhammad bersabda bahwa keutamaan di bulan ramadhan yaitu pintu neraka akan ditutup serapat-rapatnya, pintu surga akan dibuka lebar dan para setan akan dibelenggu. Oleh karena itu marilah hadirin disini berbenah dan meningkatkan ketaqwaan di sisi Allah agar berkat pahala dilimpahkannya.

Baca Juga: Pidato Isra Miraj


Pembukaan Pidato Islami Singkat

Pembukaan Pidato Islami Singkat

Pidato merupakan salah satu bentuk orasi yang bertujuan untuk menyampaikan pendapat dan menggerakan banyak orang agar mengikuti perkataan yang disampaikan. Agar pendengar memiliki gambaran dan tertarik dengan pidato yang akan disampaikan, penting bagi seorang yang akan berpidato untuk membuat pembukaan pidato yang menarik.

Agar menarik tentunya dapat menggunakan kata-kata singkat yang memiliki makna sehingga pendengar mau mendengar isi pidato hingga akhir. Kata-kata yang menarik saja sebenarnya tidak cukup karena pembukaan pidato harus dibuat sinergi dengan isi pidato agar tetap padu. Berikut contoh pembukaan singkat untuk membuka pidato islami:

Assalamualaikum

Segala puji dipanjatkan ke hadirat Allah karena berkat nikmat hidayah, inayah dan karunianya, Ia kembali mengumpulkan hadirin di sini untuk melaksanakan solat Idul Fitri dalam keadaan sehat dan penuh berkah. Di bulan ramadhan kemarin hadirin sekalian telah berpuasa, solat tarawih dan melakukan amal lainnya selama 1 bulan.

Dan pada hari ini, hadirin dipertemukan dengan hari kemenangan bagi umat islam karena telah berhasil memerangi hawa nafsu dengan berpuasa ramadhan. Kiranya segala amal ibadah yang telah dibuat di bulan ramadhan kemarin diterima oleh Allah. Di hari yang Fitri ini, mari saling bersilaturahmi dan meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah diperbuat.


Pembukaan Pidato Islami Mukadimah

Pembukaan Pidato Islami Mukadimah

Dalam suatu pidato atau tulisan seperti buku dan majalah pasti ditemukan bagian pengantar atau pendahuluan yang bertujuan untuk menarik minat pendengar atau pembaca. Bagian itulah yang kemudian disebut sebagai mukadimah.

Karena bertujuan untuk menarik minat, mukadimah harus dibuat semenarik mungkin agar orang yang mendengar atau melihatnya tidak bosan. Selain sebagai pengantar atau pembuka, mukadimah juga dapat digunakan untuk memberikan gambaran kepada khalayak yang akan mendengar pidato atau membaca tulisan.

Tidak jauh berbeda dengan pengertian secara umum, dalam Islam mukadimah merupakan bagian awal dalam ceramah yang biasanya berisi berbagai pujian dan shalawat. Berikut contoh mukadimah yang dapat digunakan sebagai pembukaan pidato islami:

Contoh 1

Marilah panjatkan rasa puji dan syukur ke hadirat Allah SWT., Tuhan semesta alam yang telah memelihara dan tak pernah berhenti memberikan hidayat bagi umatnya. Atas nikmat dan berkah Allah sajalah hadirin dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Allah adalah pemurah adanya sehingga Ia akan selalu menuntun hidup umat yang mengasihinya.

Contoh 2

Ketika hadirin sekalian dapat kembali bertemu di tempat ini tentunya hal utama yang harus dilakukan pertama kali adalah memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Tanpa disadari, Allah kembali memberikan satu nikmat yaitu nikmat kesempatan kepada umatnya sehingga bisa kembali berkumpul hadirin sekalian ada dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungannya.

Contoh 3

Assalamualaikum Wr. Wb. diucapkan kepada seluruh hadirin yang berkesempatan hadir dalam acara Bulan Bahasa. Pertama-tama marilah panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah karena atas kasih sayangnya hadirin dapat hadir pada hari ini dalam keadaan sehat dan dapat mengikuti kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini.


Pembukaan Pidato Islami di Sekolah

Pembukaan Pidato Islami Di Sekolah

Pada berbagai kesempatan, pidato dapat disampaikan secara formal maupun non formal tak terkecuali dalam acara sekolah. Banyak metode pembacaan pidato yang dapat digunakan dalam berbagai acara sekolah seperti impromptu, manuskrip, memoriter maupun ekstemporan.

Karena berfungsi sebagai media komunikasi, pidato harus disampaikan secara jelas baik pengucapan maupun pelafalannya. Untuk membagun dan menciptakan suasana kondusif dan antusiasme pendengar, penting untuk memunculkan kesan di awal pidato. Kesan itu dapat dimunculkan pada bagian pembukaan pidato.

Dengan pembukaan yang menarik pendengar akan penasaran untuk mendengar isi pidato yang akan disampaikan. Berikut contoh kalimat pembukaan yang dapat digunakan dalam pidato islami di sekolah:

Contoh 1

Sebelum memulai pidato ini, ijinkan terlebih dahulu untuk mengucapkan Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur dipanjatkan kehadirat Allah karena atas kasih dan rahmatnyalah Bapak/Ibu guru, teman-teman serta seluruh orang tua dapat berkumpul di tempat ini untuk pelepasan siswa/i kelas XII. Di hari yang berbahagia ini, sekolah akan melepas siswa/i untuk menggapai segala cita dan asa.

Tentu saja ini bisa terjadi karena penyertaan Allah yang tak hentinya dicurahkan kepada umatnya. Tidak hanya itu, didikan serta arahan yang diberikan oleh bapak dan ibu guru telah menjadikan murid-muridnya menjadi pribadi yang cerdas dan berakhlak mulia.

Contoh 2

Selamat datang diucapkan kepada Bapak kepala sekolah beserta jajarannya, siswa/siswi sekolah X serta seluruh hadirin yang berkesempatan hadir dalam acara Porseni “Pekan Olahraga dan Seni”.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah, karena atas berkahnyalah kembali hadirin dapat berkumpul dalam keadaan sehat dan tanpa kekurangan di tempat ini. Tentu saja jika bukan karena Allah, acara ini tidak dapat terselenggara dengan baik.

Banyak usaha yang dilakukan oleh panitia untuk mensukseskan acara ini. Waktu, uang dan tenaga telah banyak dikorbankan. Namun kini pengorbanan itu telah membuahkan hasil yang memuaskan. Tentunya segala bentuk dukungan baik materi maupun non materi yang telah diberikan, telah membawa panitia berhasil menyelesaikan tanggung jawabnya sampai puncak acara Porseni hari ini.

Baca Juga: Pidato Bahasa Inggris


Pembukaan Pidato Islami Persuasif

Pembukaan Pidato Islami Persuasif

Pidato persuasif merupakan salah satu metode pidato yang memiliki tujuan untuk menggerakan banyak orang melalui kata-kata yang diucapkan. Kata-kata yang diucapkan harus mampu meyakinkan pendengar untuk setuju dan melakukan hal yang telah disampaikan.

Tentunya argumen yang disampaikan harus diuraikan dengan jelas dan logis sehingga tidak menimbulkan interpretasi berbeda. Sebelum mengutarakan isi pidato ini, ada baiknya bagi seorang yang akan berpidato untuk menarik perhatian pendengar.

Jika pendengar tertarik dengan apa yang akan disampaikan tentunya pesan yang ada akan tersampaikan dengan baik. Cara menarik perhatian ini dapat dilakukan pada pembukaan pidato. Berikut contoh pembukaan yang dapat digunakan dalam pidato islami persuasif:

Contoh 1

Assalamualaikum Wr. Wb. kiranya seluruh warga desa A yang berkesempatan hadir di acara kerja bakti hari ini dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah.

Sebelum memulai acara ini, alangkah lebih baik jika kita mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT. Karena jika bukan karena berkah dan penyertaannya acara pada hari ini tidak dapat terlaksana dengan baik. Sebagai umat islam, hadirin sekalian memiliki kewajiban untuk memelihara kelestarian lingkungan hidup.

Memelihara kelestarian lingkungan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. Tentu saja mengamalkan kebersihan merupakan sebagian dari iman umat islam.

Contoh 2

Terima kasih diucapkan kepada seluruh ibu-ibu PKK desa B yang telah berkesempatan hadir dalam acara penyuluhan kesehatan bagi ibu dan anak. Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat Allah yang maha pengasih dan penyayang karena atas segala berkah kemurahannya, kembali hadirin sekalian dipertemukan kembali dalam kegiatan hari ini. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian tenaga kesehatan desa B untuk memberikan informasi terkait kesehatan ibu dan anak.

Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk ucapan syukur kepada Allah SWT. yang tak pernah henti memberikan berkahnya. Tentu saja kegiatan ini tidak dapat sepenuhnya membalas kebaikan Allah dalam setiap kehidupan umatnya.

Demikianlah informasi mengenai beberapa contoh pembukaan pidato islami menarik yang disukai oleh pendengar. Pembukaan yang menarik merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian agar pendengar mau mendengar isi pidato hingga akhir. Kata-kata yang dibuat dalam pembukaan pidato haruslah menarik, ringkas dan mengandung gambaran isi pidato.

Tentunya kata-kata menarik dalam pembukaan pidato harus tetap bersinergi dengan isi pidato agar tetap padu. Karena sebagai media komunikasi, pidato juga harus disampaikan dengan jelas dan logis agar tidak memunculkan interpretasi berbeda dari pesan yang disampaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *