7+ Penyebab Motor Matic Tiba tiba Mati : Tips Ulasan Lengkap – Manjakan

MOTOR MATIC TIBA TIBA MATI

Motor Matic Tiba tiba Mati  – Kejadian mogok saat berkendara tentunya sangat menghambat perjalanan yang dilakukan. Di antara kejadian yang banyak terjadi yakni motor matic tiba-tiba mati.

Hal ini tentu cukup mengesalkan pengendara. Untuk mengatasinya, tentu harus diketahui penyebab yang membuat motor mati tiba-tiba. Di antara penyebab yang memicu hal tersebut yakni sebagai berikut. 


1.   Karburator yang Bermasalah

Karburator Yang Bermasalah

Hal pertama yang bisa menyebabkan motor matic tiba-tiba mati yaitu terjadi masalah pada karburator. Masalah yang timbul biasanya disebabkan adanya air yang masuk pada area karburator. Hal ini biasanya sering terjadi saat musim hujan tiba. Untuk mengatasi hal ini sangatlah mudah yakni dengan mengeluarkan air pada karburator tanpa sisa.


2.   Kebocoran Pada Kompresi

Kebocoran Pada Kompresi

Penyebab lainnya yang bisa menimbulkan motor mati secara tiba-tiba yakni terjadi kebocoran pada kompresi. Masalah yang satu ini biasanya tidak hanya terjadi pada motor matic, melainkan pada setiap jenis motor. Bocornya kompresi bisa disebabkan beberapa hal, yakni ring piston yang melemah/ keausan karena usia motor yang mungkin sudah terlalu tua, mengangkut beban berat yang terlalu sering, dan sebagainya.


3.   Kesalahan dalam Memilih Bahan Bakar

Kesalahan Dalam Memilih Bahan Bakar

Selanjutnya, pemilihan bahan bakar yang tidak tepat pun dapat menyebabkan motor matic tiba-tiba mati. Oleh karena itu, bersikap bijaklah dalam memilih bahan bakar. Sebagai komponen yang sangat penting, bahan bakar yang digunakan hendaknya diperhatikan secara tepat. 

Hindari penggunaan bahan bakar yang memiliki oktan rendah. Hal ini dapat memicu terjadinya penyumbatan pada klep dan akhirnya menimbulkan mogok pada motor.


4.   Klep Motor yang Tidak Tepat

Klep Motor Yang Tidak Tepat

Pemasangan klep yang tidak tepat pun bisa memicu terjadinya mati mendadak pada motor matic. Pastikan klep terpasang secara tepat, tidak terlalu renggang juga tidak terlalu rapat. Selain itu, kebersihan klep pun hendaknya diperhatikan. Kebanyakan kasus yang terjadi, banyak ditemukan klep kotor yang disebabkan karena adanya kerak karbon yang menumpuk dari sisa pembakaran bahan bakar.


5.   Komponen Pengapian Mati

Komponen Pengapian Mati

Selain penyebab di atas, motor yang mati mendadak bisa disebabkan karena komponen pengapian yang mati. Area pembakaran ini memiliki fungsi yang amat penting dalam menghasilkan energy gerak pada motor. Jika pengapiannya mati, maka otomatis motor pun tidak akan menyala. Oleh karena itu, sering-seringlah mengecek komponen pengapian seperti CDI, sampul koil, spul dan busi.


6.   Terjadi Overheat Pada Mesin

Terjadi Overheat Pada Mesin

Selanjutnya, motor matic bisa mati secara tiba-tiba karena terjadinya overheat pada mesin. Hal ini bisa terjadi karena adanya penyumbatan pada sirkulasi oli di dalam mesin. 

Kondisi inilah yang akan memicu ring piston pada motor menjadi kering dan akhirnya mesin akan mati. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mendiamkan motor sejenak hingga dingin. Lalu, lepas busi dan lumatkan oli agar piston tidak tersumbat.

  Apa Bahan Bakar Mobil Sport Lamborgini, Ferrari, Supercar ? Waw ini Dia

7.   Tutup Tangki yang Tersumbat

Tutup Tangki Yang Tersumbat

Jika diperhatikan secara teliti, pada tutup tangki terdapat lubang-lubang kecil yang memiliki fungsi sebagai ventilator. Jika lubang tersebut tersumbat, maka secara otomatis sirkulasi udara pun tidak dapat berjalan secara optimal. 

Hal ini akan mengganggu aliran bahan bakar yang tidak sempurna. Oleh karena itu, pastikan untuk senantiasa menjaga lubang-lubang kecil pada tutup tangki bersih dan terhindar dari kotoran.

Pada dasarnya, motor matic yang mati secara tiba-tiba kerap terjadi pada motor yang jarang diservis. Hal ini menjadi pemicu utama munculnya kerak atau pun kotoran pada berbagai komponen penting pada motor. Dengan melakukan servis motor secara rutin, akan ditemukan lebih dini terkait komponen pada motor yang hendaknya diganti atau pun diperbarui.

Nah, itulah informasi sekilas terkait penyebab motor matic tiba-tiba mati. Dengan mengetahui penyebabnya, diharapkan mampu mencegah motor mati secara mendadak, sehingga perjalanan yang dilakukan pun tidak terhambat. Poin penting yang hendaknya diingat, pastikan untuk melakukan servis secara rutin pada motor. Semoga bermanfaat!

Motor Matic Tiba tiba mati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.