Selain Penyakit, Timbulnya Mata Kedutan Sebelah Kiri Bawah Bisa Dipicu Oleh Kebiasaan Buruk Kamu, Loh!

4 min read

Mata Kedutan Sebelah Kiri Bawah – Pernahkah kamu mengalami sensasi berdenyut di area kelopak mata, bawah mata atau alis?

Biasanya terjadi secara tiba-tiba dan berulang setiap beberapa detik sekali, Nah… itu yang dinamakan mata kedutan.

Banyak yang percaya kalo ngalamin hal tersebut, kamu bakal mendapatkan rejeki atau bahkan sebaliknya, yakni malapetaka.

Tiap bagian yang berkedut punya mitos tersendiri.

Misal, seseorang yang merasakan mata kedutan sebelah kiri bawah menurut Primbon Jawa akan dilanda kesusahan dan sebagainya.

Kamu bebas mau mempercayainya atau tidak, tapi, dalam medis, kondisi itu ada penjelasannya.


Penyebab Mata Kedutan Sebelah Kiri Bawah yang Sering Tidak Kamu Sadari

penyebab mata kedutan sebelah kiri bawah

Mata kedutan atau Blepharospasm terjadi karena syaraf kelopak mata bagian atas atau bawah menegang.

Kondisi ini tidak berbahaya, kecuali bila denyutannya cukup kuat hingga mengakibatkan kelopak mata menutup dan membuka kembali.

Frekuensinya lumayan sering serta diikuti oleh gejala-gejala yang mengganggu aktifitas, seperti mata bengkak, merah, berair dan gangguan penglihatan lainnya.

Blepharospasm bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya alergi.

Ketika mengalami konjungtivitis, mata kamu akan bengkak, berair serta gatal.

Nah, saat merasakan gejala yang terakhir, biasanya kamu akan refleks ngucek-ngucek mata, kan?

Aktifitas itulah yang memicu pelepasan zat histamin yang dapat membuat mata iritasi dan menimbulkan kedutan.

Selain alergi, nutrisi yang nggak seimbang juga bisa menyebabkan kedutan pada mata.

Kurang minum air atau mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B mengakibatkan terganggunya otot dan syaraf di sekitar mata sehingga timbulah kedutan.

Kedutan pada mata kiri bawah juga dapat menjadi pertanda penyakit yang serius, seperti ALS (Amiotrophic Lateral Sclerosis).

ALS merupakan kondisi melemahnya otot yang diakibatkan oleh disfungsi sumsum tulang dan sel-sel neuron pada otak.

Nggak melulu karena penyakit, mata kedutan bisa dipicu oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang tanpa sadar kamu lakukan! Apa saja?


Terlalu Lama Bermain Gadget Hingga Mata Jadi Kering dan Lelah

Sekarang banyak sekali orang yang kecanduan gadget yang mana tak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga kena candunya.

Bahkan, ada yang menghabiskan hampir 24 jam per harinya untuk mengoperasikan alat tersebut demi bermain game, mengerjakan tugas, menyelesaikan urusan pekerjaan atau sekadar mengakses dunia maya.

Kebiasaan itu tidak boleh kamu teruskan agar kesehatan mata tetap terjaga.

Membatasi waktu bermain gadget mampu mencegah kelelahan pada mata akibat bekerja dengan ekstra karena bila mata lelah, kedutan bisa terjadi.

Terlalu lama menatap layar gadget juga dapat membuat mata kamu kering.

Aktifitas tersebut secara tidak sadar bakal bikin kamu lebih sering berkedip supaya mata tetap lembab.

Nah, kedipan itulah yang memicu kedutan pada syaraf di sekitar mata.


Suka Melek di Malam Hari, Bikin Waktu Istirahat Jadi Berkurang

Apakah kamu termasuk kaum nokturnal alias suka begadang? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan begadang mulai sekarang.

Apalagi kalau kamu begadangnya sambil main game, streaming video, membaca buku atau melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat mata letih dan stress.

Sama dengan anggota tubuh lainnya, mata juga butuh istirahat yang cukup.

Salah satu caranya adalah dengan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Selain nyebabin timbulnya kantung mata dan kerutan-kerutan halus di sekitar mata, kurang tidur juga memicu mata kedutan sebelah kiri bawah, loh.

Maka dari itu, bila sudah waktunya tidur, segera hentikan semua aktifitasmu.


Sering Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Pasti di antara kamu ada yang hobi banget ngopi bukan…

Minuman tersebut memang bisa bikin badan jadi lebih segar dan semangat dalam menjalani aktifitas.

Tapi, ingat bahwa kopi mengandung kafein, yang mana tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Kafein sendiri adalah suatu zat yang menstimulasi sistem syaraf pusat.

Ketika masuk ke dalam tubuh, efek yang ditimbulkan bermacam-macam, salah satunya ialah berkedut atau gemetar.

Kafein akan mengirim sinyal ke sistem syaraf pusat supaya bekerja lebih ekstra.

Sehingga, otot-otot pun akan terangsang untuk bekerja secara tidak terkontrol.

Kafein nggak cuma ada di kopi aja, banyak produk makanan serta minuman yang mengandung senyawa ini, di antaranya teh, soda, cokelat dan minuman berenergi.


Kecanduan Rokok dan Minuman Beralkohol

Sama dengan kopi, minuman beralkohol juga memiliki kandungan kafein yang bahayanya telah disebutkan pada poin sebelumnya.

Sedangkan rokok mengandung zat-zat kimia yang bisa merusak tubuh.

Keduanya adalah kombinasi yang paling tepat untuk memperpendek usia organ tubuh.

Apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, beragam penyakit kronis akan segera menanti.

Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat menimbulkan mata kedutan.

Sebab, senyawa yang terkandung dalam keduanya dapat memicu syaraf pada kelopak mata menegang.


Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu yang Bisa Mempengaruhi Syaraf dan Otot

Penggunaan obat-obatan, seperti antipileptik, antipsikotik, antihistamin serta antidepresan bisa menyebabkan tremor atau tegang pada syaraf dan otot yang dapat memicu kedutan.

Jenis obat lainnya yang tidak boleh diminum terlalu sering adalah diuretik.

Obat ini berfungsi untuk menghindari penumpukan cairan dalam tubuh.

Tapi, di sisi lain, diuretik juga mengakibatkan kadar magnesium yang dibutuhkan oleh syaraf dan otot berkurang.

Jika mineral tersebut tidak tercukupi, tubuh akan rentan mengalami kejang atau berkedut.


Mencegah Mata Kedutan dengan Cara yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

mencegah mata kedutan sebelah kiri bawah

Nggak susah, kok, untuk mengatasi kedutan pada mata.

Kamu dapat menerapkan beberapa tips berikut ini di rumah!


Mengompres Mata dengan Air Hangat Menjelang Tidur

Kamu bisa mengompres mata yang mengalami kedutan dengan air hangat sebelum tidur.

Apabila kondisi itu masih berlanjut, ganti kompresnya dengan air dingin tiap 10 menit sekali.

Biarkan mata kamu rileks hingga kedutannya benar-benar menghilang.


Mengurangi Kebiasaan Begadang

Seperti yang udah disampaikan di atas, mata kedutan sebelah kiri bawah bisa disebabkan karena kurang tidur.

Nah, untuk mencegahnya muncul kembali, biasakan tidur lebih awal.

Kalau kamu biasanya tidur pukul 23.00, coba sekarang hentikan aktifitasmu di jam 22.45 dan segera hampiri tempat tidur.

Jangan bikin kerja kelopak mata jadi berat.


Mengurangi Konsumsi Kafein dan Alkohol

Hindari mengonsumsi keduanya secara berlebihan, terutama alkohol.

Alternatifnya, kamu bisa meneguk air tonik atau air kelapa.

Dalam minuman tersebut ada kandungan quinine yang diklaim dapat melemaskan otot.


Melakukan Sauna Wajah

Di samping membersihkan pori, menghindrasi dan memberi efek menenangkan pada wajah, sauna dengan uap panas juga bisa diterapkan untuk mengatasi mata kedutan.

Langkah-langkahnya, yaitu tuang air panas pada wadah.

Lalu, tutup kelapa kamu menggunakan handuk dan dekatkan pada wadah itu.

Biarkan uapnya mengenai wajahmu hingga terasa sekali di kulit.

Kamu pun bisa menambahkan minyak kayu putih, minyak mawar dan minyak esensial lainnya agar lebih optimal.


Memijat Wajah Sendiri

Untuk melemaskan otot-otot mata, kamu bisa menekan area alis menggunakan jari dan pijat-pijat pelan dengan gerakan memutar selama beberapa menit.

Kemudian, gerakan bisa dilanjutkan ke area luar mata, bawah mata dan dalam mata.

Hampir semua orang pasti pernah mengalami mata kedutan sebelah kiri bawah.

Ada yang mengartikannya sebagai pertanda sesuatu, ada pula yang menyimpulkannya sebagai kondisi medis tertentu. Penyebabnya sendiri bermacam-macam, seperti yang telah diulas di atas.

Tidak melulu gejala sebuah penyakit, tapi juga merupakan dampak dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang mungkin sering kamu lakukan.

Nah, kalau kamu lagi ngalamin kedutan yang tak kunjung menghilang dan kebetulan tengah membaca artikel ini, sebaiknya hindari kebiasaan di atas dan lakukan tips untuk mencegah kedutan mata muncul kembali.

Sumber:

One Reply to “Selain Penyakit, Timbulnya Mata Kedutan Sebelah Kiri Bawah Bisa Dipicu Oleh Kebiasaan…”

  1. wah, ternyata kedutan juga ada solusinya ya, kalo ditempat saya, kedutan identik dengan mitos bahwa akan ada yang akan berkunjung kerumah atau mau dapet rejeki besar, setelah membaca artikel ini mungkin saya akan lebih sering aja minum air kelapa muda, karena itu yang paling mudah dan juga enak banget pas diminum siang, apalai dicampur es, hemm, segar, artikelnya bermanfaat banget nih, thank’s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: