Fahmi Solehan Halo nama saya Fahmi, saya seorang web developer dan blogger yang punya target bisa mendapatkan masif pasif income. Saya juga menjadi salah satu penulis di situs ini. Harapannya moga Manjakan.com bisa memberikan manfaat terbaik untuk para pembaca.

7 Cara Nurunin Berat Badan Tanpa Ribet, Dijamin Bentuk Tubuhmu Jadi Ideal!

3 min read

Cara Nurunin Berat Badan – Siapa sih yang tidak mau punya badan ideal? Semua pasti mau terutama kaum hawa apalagi kalau setelah melahirkan.

Tapi perlu dipahami dulu sejak awal untuk mendapatkannya memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

cara nurunin berat badan

Jadi, tak jarang banyak yang menghalalkan segala cara, termasuk minum obat-obatan yang berbahaya agar lemak-lemak dalam tubuh langsung terbakar habis.

Cara nurunin berat badan tersebut tidak dianjurkan, ya, karena bisa membahayakan kesehatan tubuh dan secara logika hasilnya tidak permanen.

Kunci untuk memiliki tubuh langsing adalah menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur.

Hasilnya memang tidak langsung terlihat, namun bakal bertahan lama.

Kesehatan tubuhmu juga akan meningkat dan penyakit-penyakit yang berbahaya akan berhasil dihadang.

Tapi, sebelum menjalankan diet, ada baiknya kamu menentukan target dan berkonsultasi ke dokter terlebih dulu.

Menurunkan Berat Badan dengan Mengatur Pola Makan

cara nurunin berat badan dengan mengatur pola makan

Saat ini banyak metode yang bisa dilakukan untuk mengurangi kelebihan berat badan.

Ada yang puasa nasi putih, diet protein dan sebagainya.

Tapi, inti dari metode-metode tersebut adalah mengatur pola makan.

Kamu juga bisa menerapkannya loh, dengan mengikuti tips-tips berikut!

Jangan Melewatkan Sarapan Supaya Tidak Mudah Lapar di Siang Harinya

cara nurunin berat badan dengan sarapan sehat

Banyak yang bilang kalo lagi diet sebaiknya jangan sarapan, makan pas saat siang doang aja.

Mitos itu salah besar, justru sarapan merupakan bagian yang penting dalam usaha penurunan berat badan.

Ingat, tubuhmu membutuhkan energi untuk menjalani aktifitas.

Jika melupakan sarapan, kamu akan merasa lemas, tidak bertenaga dan tidak bisa berkonsentrasi karena lapar.

Akibatnya, kamu akan kalap di siang hari, mengonsumsi makanan dengan porsi dua kali lipat.

Mungkin ini terdengar agak aneh, namun mengonsumsi makanan dengan porsi besar di pagi hari bisa membuat ghrelin atau hormon kelaparan berkurang.

Sehingga, menghindarkan kamu dari godaan aneka cemilan.

Hal tersebut didasarkan pada studi yang dilakukan oleh Imperial College London di tahun 2013.

Teguklah Air Sebelum Makan Biar Tidak Kalap

cara nurunin berat badan dengan meneguk air sebelum makan

Berdasarkan penelitian, meminum setidaknya dua gelas air putih sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebab, dengan melakukannya, kamu bakal merasa lebih cepat kenyang.

Sehingga, hasrat untuk menyantap makanan dalam porsi besar akan berkurang.

Kamu juga harus tahu, bahwa terkadang rasa haus muncul seperti rasa lapar.

Kamu mengira tubuh memerlukan asupan makanan, padahal sebenarnya ia menunggu untuk diisi cairan.

Jadi, saat merasa lapar, minumlah air putih terlebih dahulu.

Bila menerapkannya, kamu dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi.

Makan Sedikit, Tapi Berkali-kali Daripada Sekali Makan Satu Bakul Dihabiskan

cara nurunin berat badan dengan porsi makan sedikit

“Mengurangi frekuensi makan dalam sehari adalah cara menurunkan bobot tubuh yang efektif”, Anggapan ini tidak benar.

Makan berat satu kali sehari, hanya di siang hari, misalnya, tapi dengan porsi yang banyak sama saja bohong.

Nggak perlu mengurangi frekuensinya, namun atur jumlah porsinya.

Kalau biasanya kamu mengambil nasi satu centong penuh, mulai sekarang batasi menjadi setengah centong atau beberapa sendok makan saja, begitu pula dengan lauknya.

Lebih baik makan dengan porsi sedikit, tapi sering, yakni 3-5 kali sehari, daripada makan dengan porsi besar tiga kali sehari atau kurang.

Agar terbiasa, kamu bisa menyiasatinya dengan memakai piring atau mangkok kecil.

Terapkan hal ini supaya asupan kalori yang masuk ke tubuh tidak berlebihan.

Wajib Banget Banyak Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Akan Kandungan Protein dan Serat

cara nurunin berat badan dengan makanan kandungan protein

Mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan serat yang tinggi sangat disarankan bagi kamu yang sedang menjalani program diet.

Makanan berprotein selain dibutuhkan sebagai sumber energi, juga dapat membantu membakar lemak tubuh.

Tapi, perlu dibatasi juga asupan per harinya.

Wanita membutuhkan 46 gram protein per hari, sedangkan pria 56 gram per hari.

Jika melebihi angka kebutuhan, kelebihannya akan disimpan menjadi lemak.

Alasan kenapa protein sangat baik untuk diet adalah karena tubuh memerlukan waktu dan energi ekstra untuk mencernanya.

Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang lebih lama dan kalori yang terbakar lebih banyak.

Protein sendiri bisa kamu temukan pada putih telur, keju, kedelai, kacang-kacangan, daging tanpa lemak atau seafood.

Sama halnya dengan protein, serat juga bisa bikin kamu nggak gampang lapar.

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi serat 30 gram per hari untuk membantu menghilangkan kelebihan berat badan.

Makanan berserat yang dapat kamu konsumsi antara lain, gandum, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, aneka sayuran dan buah-buahan, seperti pisang, pepaya, pir, jagung serta alpukat.

Mengurangi Asupan Karbohidrat dan Gula Bakal Memudahkan Diet-mu

cara nurunin berat badan dengan mengurangi karbohidrat dan gula

Karbohidrat merupakan sumber lemak jenuh paling utama.

Jadi, dengan menguranginya, penurunan berat badanmu bakal lebih maksimal.

Alternatifnya, kamu bisa mengonsumsi karbohidrat yang tinggi serat, seperti gandum utuh atau beras merah.

Kalau masih gagal mengerem nafsu makanmu, coba saja ngemil buah-buahan atau camilan sehat yang rendah kalori.

Nggak hanya karbohidrat yang harus dihindari, gula pun demikian.

Bagi penyuka makanan dan minuman manis tentu sulit untuk membatasinya. Apalagi yang doyan ngemil snack kemasan atau minum kopi dan teh.

Tapi, sekarang, kan banyak snack sehat yang tersedia di supermarket.

Nggak kalah enak dari snack-snack yang biasa kamu makan, lagi.

Kamu yang cinta banget sama kopi dan teh juga bisa mengurangi atau mengganti gula putih dengan gula jagung, madu alami atau daun stevia.

Skip Makan Malam, Terutama di Atas Pukul 19.00

cara nurunin berat badan dengan skip makan malam

Seperti yang disebutkan pada poin pertama cara nurunin berat badan yang efektif, porsi sarapan harus lebih banyak karena digunakan sebagai asupan tenaga selama sehari penuh.

Sedangkan makan siang dan makan malam harus lebih sedikit.

Intinya, semakin sedikit aktifitas kita, seharusnya semakin sedikit pula makanan berat yang masuk ke tubuh.

Karena kalau habis makan kamu nggak melakukan kegiatan, kalorinya nggak akan terbakar.

Apalagi setelah jam 19.00 malam di mana aktifitasmu udah selesai.

Tinggal duduk-duduk atau rebahan di tempat tidur yang bikin lemak menumpuk kalau disetorin makanan berat mulu.

Makanya, ganti makan malam dengan buah-buahan. Apel, misalnya.

Penuhi Cairan Tubuhmu dengan Memperbanyak Minum Air Mineral

cara nurunin berat badan dengan memperbanyak minum air putih

Kebiasaan minum air mineral sangatlah bagus karena membantu proses metabolisme tubuh, detoksifikasi dan meningkatkan kinerja otak serta ginjal.

Air mineral juga bisa menekan nafsu makan, sehingga usaha dietmu bisa membuahkan hasil yang sesuai harapan.

Kebutuhan air tiap orang berbeda-beda, tergantung berat badan mereka.

Banyak, kok, yang men-share tabel kebutuhan air sesuai bobot tubuh.

Supaya targetnya terpenuhi, kamu bisa memasang aplikasi pengingat waktu minum di ponsel juga, loh!

Mengatur pola makan memang penting, tapi harus diimbangi dengan olahraga dan istirahat yang cukup agar cara nurunin berat badan yang kamu terapkan berhasil.

Yang nggak kalah penting juga adalah konsisten.

Jangan mudah tergoda untuk melanggar aturan bila kamu sudah punya komitmen ingin memiliki bobot yang ideal.

Awalnya emang sulit, namun lama-lama kamu pasti akan terbiasa, kok.

Sumber:

Fahmi Solehan Halo nama saya Fahmi, saya seorang web developer dan blogger yang punya target bisa mendapatkan masif pasif income. Saya juga menjadi salah satu penulis di situs ini. Harapannya moga Manjakan.com bisa memberikan manfaat terbaik untuk para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *