Lampu Indikator Aki Menyala Saat Mesin Mati Penyebab & Cara Mengatasi

LAMPU INDIKATOR AKI MENYALA SAAT MESIN MATI

Lampu aki di bagian speedometer merupakan indikator sistem pengisian kelistrikan pada mobil. Jika lampu indikator aki menyala saat mesin mati, pengguna harus waspada karena ada yang salah pada sistem pengisian.

Saat mesin mulai berputar, normalnya lampu akan mati. Hal tersebut merupakan pertanda bahwa sistem pengisian sudah bisa menghasilkan listrik kembali untuk mengecas aki. Namun bagaimana jika menyala terus? Ada beberapa penyebab kerusakan seperti soket kendor, carbon brush aus atau habis dan sebagainya.


Penyebab Lampu Indikator Aki Terus Menyala

Normalnya, indikator aki akan menyala jika kontak pada posisi ON dan mati saat mesin mobil mulai hidup. Jadi ketika mesin mati, namun lampu masih menyala sudah dipastikan ada masalah pada sistem pengisian. Berikut beberapa penyebabnya

1. Terjadi Kerusakan Pada Alternator Dan Komponen Didalamnya

Terjadi Kerusakan Pada Alternator Dan Komponen Didalamnya

Penyebab lampu indikator aki menyala saat mesin mati pertama yakni kerusakan pada alternator mobil. Fungsi alternator sendiri yakni menyuplai arus listrik menuju aki dan komponen listrik saat mesin dihidupkan.

Setidaknya ada dua komponen pada alternator yang rusak dan menyebabkan lampu terus menyala yakni IC regulator dan carbon brush habis atau aus. Namun tidak dimungkinkan bagian lainnya juga mengalami kerusakan.

2. Putusnya Sekring Sistem Pengisian

Putusnya Sekring Sistem Pengisian

Penyebab selanjutnya yakni sekring sistem pengisian putus. Saat bagian tersebut putus, maka aliran listrik dari aki ke alternator maupun sebaliknya akan berhenti. Tidak adanya arus listrik dari alternator ke aki inilah yang merupakan penyebab indikator aki terus menyala.

3. Sambungan Atau Konektor Pengisian Putus

Sambungan pengisian yang putus atau lepas juga menjadi pemicu mengapa lampu indikator aki terus menyala. Di bagian belakang alternator sen

Sambungan Atau Konektor Pengisian Putus

diri terdapat soket sistem pengisian. Komponen tersebut bisa saja lepas karena guncangan mobil dan getaran yang terlalu keras, kemudian klipnya terlepas. Soket yang lepas inilah yang membuat lampu indikator tidak berfungsi sebagaimana mestinya.


Cara Mengatasi Lampu Indikator yang Menyala

Pemilik mobil pasti cemas saat lampu indikator aki tidak bisa dimatikan. Padahal bagian ini berguna untuk memudahkan pengemudi mengetahui kerusakan yang mungkin terjadi. Untuk itu, berikut ini cara mengatasi lampu indikator aki yang menyala terus.

1. Periksa Bagian Mesinnya

Periksa Bagian Mesinnya

Cara pertama yakni periksa bagian mesin secara keseluruhan. Terutama alternator, sekring atau konektor pengisian. Jika ketiganya tidak mengalami masalah, cobalah untuk mengecek bagian lain seperti sistem pendingin AC, busi, kabel busi atau lainnya.

Jika kerusakan yang terjadi tidak terlalu berat, pengguna mungkin bisa memperbaikinya sendiri. Untuk proses perbaikan, dibutuhkan peralatan seperti alat pembongkar. Pengguna juga bisa langsung membawanya ke bengkel jika tidak mau repot-repot memperbaiki sendiri.

2. Mencopot Kepala Aki

Mencopot Kepala Akii

Jika belum ada waktu ke bengkel, pengguna bisa mempraktekkan cara kedua ini. Lepas kepala aki mesin bertanda minus (-). Jangan sampai salah ya. Kemudian, kendorkan baut dan angkat secara perlahan kepala aki tersebut.

  5+ Alasan Kenapa AC Mobil Tidak Dingin Penyebab & Cara Mengatasinya

Kemudian diamkan beberapa saat. Selanjutnya, pasang kembali kepala aki di tempat asalnya. Pastikan komponen terpasang dengan sempurna dan tidak kendor. Untuk hasil yang maksimal, pengguna dapat memakai alat pengetat baut. Nah, sekarang cobalah untuk menghidupkan mesin mobil dan lihat apakah lampu indikator masih menyala atau tidak.

3. Melakukan Scan Pada Mobil Secara Keseluruhan

Melakukan Scan Pada Mobil Secara Keseluruhan

Jika masih menyala jika, pengguna bisa coba melakukan scan mobil secara menyeluruh. Proses ini hanya bisa dilakukan di bengkel. Scan sendiri bermanfaat untuk mengetahui kerusakan apa yang sebenarnya terjadi. Jika kerusakan dirasa cukup parah, pengguna perlu mengganti segera komponen tersebut agar lampu aki mobil kembali normal.

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi lampu indikator aki menyala saat mesin mati. Perlu diingat, jangan pernah mengendarai mobil saat indikator aki terus menyala ya, karena bisa memicu kerusakan komponen mobil lainnya.

Lampu Indikator aki menyala saat mesin mati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.