Kenapa AC Mobil Tidak Dingin

1 min read

Kenapa AC mobil tidak dingin

Mengendarai mobil memang memberikan kenyamanan tersendiri ketika melakukan perjalanan baik itu untuk mengelilingi kota maupun perjalanan jauh. Namun, seringkali terjadi beberapa masalah baik itu dari mesin maupun fitur yang terdapat pada mobil tersebut. Salah satu masalah yang cukup sering terjadi ketika menggunakan kendaraan beroda empat ini adalah AC mobil tidak bekerja dan memberikan kenyamanan pengendara. Lalu, kenapa AC mobil tidak dingin dapat terjadi?

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab kenapa AC mobil tidak dingin. Berikut ini akan diulas beberapa jawaban atas masalah yang terjadi ketika AC mobil tidak bekerja.


1.  Freon Yang Dimiliki Sudah Habis

Freon Yang Dimiliki Sudah Habis

Salah satu penyebab kenapa AC mobil tidak dingin adalah freon mobil sudah habis. Freon mobil sewaktu-waktu dapat habis ataupun terjadi kebocoran freon sehingga freon tidak dapat bekerja seperti pada umumnya. Untuk mengatasi masalah ini cukup mengganti freon yang habis dengan yang baru agar AC mobil dapat bekerja seperti biasanya.


2.  Terdapat Masalah Di Bagian Kompresor

Terdapat Masalah Di Bagian Kompresor

Penyebab kenapa AC mobil tidak dingin selanjutnya yaitu terdapat masalah di bagian kompresor mobil. Kompresor bermasalah dapat disebabkan banyak hal seperti receiver dryer ataupun tekanan AC yang melebihi ambang batas. Selain itu, belt yang terdapat pada kompresor mobil juga dapat menjadi penyebab mengapa AC mobil tidak bekerja.


3.  Evaporator Bermasalah

Evaporator Bermasalah

Evaporator juga dapat menjadi penyebab mengapa AC mobil tidak dingin saat dinyalakan. Hal ini dapat dikarenakan terdapat kotoran atau debu yang menumpuk pada evaporator sehingga evaporator tersumbat dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika hal ini terjadi, sirkulasi udara yang seharusnya keluar pada AC menjadi terhambat dan tidak dingin.

Bagian evaporator seringkali menjadi penyebab mengapa AC tidak dapat bekerja dengan baik. Evaporator juga dapat menjadi beku ketika kompresor mobil bekerja secara terus menerus. Maka dari itu, hendaknya evaporator harus diperiksa apakah terdapat kotoran yang menyumbat di bagian tersebut.


4.  Tersumbatnya Filter AC Mobil

Evaporator Bermasalah

Filter AC mobil merupakan salah satu penyebab AC tidak bekerja. Biasanya di bagian ini terdapat debu ataupun kotoran sisa penyaringan udara yang masuk ke mobil. Agar filter AC mobil tidak bermasalah, ada baiknya untuk mengganti bagian ini setiap tiga hingga enam bulan sekali. Pemilihan filter AC yang tepat juga perlu dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.


5.  Extra Fan Tidak Bekerja

Tersumbatnya Filter AC Mobil

Fitur yang cukup penting dalam mobil yaitu extra fan. Extra fan ini bekerja sebagai pembantu kondensor ketika terjadi proses kondensasi dalam fitur mobil. Ketika extra fan bekerja secara terus menerus maka kinerjanya akan mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Jika extra fan bekerja dan menyala secara terus menerus, maka fitur mobil ini akan melemah dan kemudian hari dapat menjadi rusak.

Extra fan yang melemah akan mempersulit kondensor untuk untuk bekerja sehingga AC mobil pun menjadi tidak dingin. Untuk mengetahui apakah extra fan mobil bekerja atau tidak sangat mudah sebenarnya. Cukup nyalakan mobil terlebih dahulu kemudian perhatikan pula apakah extra fan berputar atau tidak.

Inilah beberapa penyebab kenapa AC mobil tidak dingin yang seringkali terjadi. Masih ada banyak hal yang menyebabkan AC mobil tidak bekerja dengan baik. Maka dari itu, agar menghindari masalah tersebut, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan rutin fitur dan mesin mobil. Sehingga kejadian atau kerusakan yang mungkin dapat terjadi akan teratasi. Mencegah lebih baik daripada memperbaiki bukan?

Kenapa AC mobil tidak dingin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *