Kelemahan Mobil Matic

1 min read

Kelemahan mobil matic

Kelemahan Mobil Matic  – Mungkin masih ada beberapa orang yang bingung ingin memilih mobil matic atau mobil manual. Sebenarnya banyak orang lebih memilih mobil matic dengan alasan lebih mudah.

Sebelum memilih ada baiknya untuk mengetahui kelemahan dari masing-masing mobil tersebut. Kali ini yang akan dibahas adalah kelemahan mobil matic. Berikut adalah pembahasannya.


1. Biaya Perawatan Mahal

Biaya Perawatan Mahal

Kekurangan atau kelemahan mobil matic yang pertama ialah biaya perawatan yang cukup mahal. Banyak pemilik mobil matic yang mengatakan jika mobil matic membutuhkan biaya lebih dalam perawatan, dibandingkan mobil manual. Dari segi oli saja mobil matic lebih sering ganti, dibandingkan mobil manual. 

Putaran mesin yang lebih cepat menjadi penyebab mengapa oli mobil matic menjadi boros. Mengganti oli harus sesuai jadwal dan tidak bisa mengganti oli sesuka hati. Karena dapat menimbulkan kerusakan.

Selain penggunaan oli yang boros, harga spare part mobil matic lebih mahal. Apalagi jika spare part tersebut harus diganti dengan yang baru, maka harganya akan sangat mahal.


2. Boros Bahan Bakar

Boros Bahan Bakar

Kelemahan yang kedua ialah boros bahan bakar. Kebutuhan bahan bakar mobil matic jauh lebih boros dibandingkan mobil manual. Hal ini disebabkan oleh kinerja atau putaran mesin yang lebih cepat. Selain itu putaran mesin juga tidak dapat diatur saat sedang berkendara. Inilah yang menyebabkan mobil matic memakan lebih banyak bahan bakar.


3. Kurang Kuat Saat di Jalanan Menanjak

Kurang Kuat Saat Di Jalanan Menanjak

Kelemahan yang ketiga adalah kurang kuat saat di jalanan menanjak. Bukannya mobil matic tidak kuat di jalanan menanjak, tetapi akselerasinya lebih lemah jika dibandingkan mobil manual. 

Jadi tetap bisa digunakan di jalanan menanjak, namun harus pelan-pelan. Selain itu harus memperhatikan teknik saat mengendarainya di jalanan menanjak.

Jadi disarankan untuk pengguna mobil matic lebih berhati-hati saat jalanan menanjak. Lalu pelajari juga teknik mengendarai mobil matic di jalanan menanjak. Agar tidak menemukan kendala saat sedang berkendara di atas jalanan menanjak nantinya.


4. Kebanyakan Tidak Memiliki Engine Brake

Kebanyakan Tidak Memiliki Engine Brake

Kelemahan yang keempat adalah tidak memiliki Engine Brake. Kebanyakan mobil matic belum dilengkapi dengan fitur Engine Brake. Engine Brake adalah sistem pengereman yang dibantu oleh mesin. Padahal Engine Brake ini sangat membantu penggunanya saat sedang berkendara. Jadi para pengguna mobil matic diharuskan sigap dengan penggunaan rem. Terutama saat berada di turunan.


5. Banyak Teknisi yang Belum Memahami Sistem Mobil Matic

Banyak Teknisi Yang Belum Memahami Sistem Mobil Matic

Kelemahan yang kelima ialah masih banyak teknisi yang belum memahami sistem mobil matic. Jadi jika mobil matic mengalami kerusakan tidak bisa dibawa ke sembarang bengkel. Harus langsung dibawa ke bengkel khusus mobil matic. Hal ini tentunya sangat merepotkan jika sewaktu-waktu mobil matic mengalami kerusakan, dan tidak ada bengkel khusus mobil matic di sekitar.

Dan jika kerusakan mobil matic ditangani oleh tangan yang kurang paham, maka resikonya adalah kerusakan akan semakin menjadi. Jadi bagi para pengguna mobil matic harus cermat dan jeli saat akan memilih bengkel untuk mobil matic kesayangan.


6. Harga Jual Jatuh

Harga Jual Jatuh

 

Kelemahan mobil matic yang terakhir adalah harga jual jatuh. Saat pembelian mobil matic harganya bisa sangat tinggi, namun saat akan menjualnya harganya menjadi jatuh jauh saat membelinya. 

Ada beberapa alasan mengapa harga mobil matic bekas bisa sangat jatuh. Alasannya ialah mobil tersebut mengalami beberapa masalah. Biasanya mobil matic yang sangat jatuh harganya ialah mobil matic bekas terkena banjir.

Itulah tadi pembahasan mengenai kelemahan mobil matic. Pembahasan diatas dapat dijadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli sebuah mobil matic. Jika dirasa tidak keberatan, maka bisa memilih mobil matic sebagai pilihan.

Kelemahan mobil matic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *