Hewan Terbesar di Dunia : Beserta Ciri-ciri, Contoh dan Penjelasannya

HEWAN TERBESAR DI DUNIA

Hewan Terbesar di Dunia – Ada banyak sekali jenis hewan yang bisa Anda temukan di dunia ini. Masing-masing hewan memiliki karakteristik yang tentunya berbeda. Baik dilihat dari bentuk tubuhnya dan juga dari ukuran tubuhnya.

Hewan-hewan tersebut memiliki ukuran tubuh yang bervariasi. Ada yang berukuran kecil dan ada pula hewan yang berukuran besar. Bahkan kemudian menjadi hewan terbesar di dunia. Besarnya ukuran seekor hewan bisa dilihat dari panjang lebar serta berat tubuhnya.

Lantas, hewan apa sajakah yang termasuk kedalam kelompok hewan terbesar yang ada di dunia. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak uraian berikut ini.


Paus Biru

Paus Biru

Hewan ini adalah salah satu hewan terbesar yang ada di dunia. Hewan ini memiliki berat tubuh hingga mencapai 180 ton serta panjang 30 meter. Paus Biru termasuk hewan mamalia yang hidupnya berada di laut.

Anda akan dengan mudah menjumpai Paus Biru di beberapa samudra. Samudera yang dimaksud antara lain Samudra Antartika, Pasifik, Hindia serta Atlantik.


Gajah Afrika

Gajah Afrika

Jika Paus Biru adalah hewan terbesar yang ada di laut, maka Gajah Afrika lah yang menjadi hewan terbesar di daratan. Gajah ini disebut sebagai gajah terbesar sebab beratnya mencapai 6.350 kg, dan panjang tubuhnya berkisar 10.6 meter.

Berdasarkan data dari salah satu organisasi dunia yang berkecimpung di dunia hewan, pada tahun 2014 populasi dari Gajah Afrika semakin berkurang. Jumlah populasi hewan bertubuh besar ini ada sejumlah 700.000 ekor saja.


Buaya Muara

Buaya Muara

Hewan yang tergolong hewan paling ditakuti karena bisa memangsa manusia adalah buaya. Namun, jenis buaya yang menduduki peringkat sebagai buaya terbesar di dunia adalah Buaya Muara. Habitat Buaya Muara ini berada di sungai-sungai yang dekat dengan laut atau muara.

Nama lain dari Buaya Muara adalah Buaya Air Asin. Berat badan hewan ini yaitu 1.360 kg, sementara panjang tubuhnya sekitar 6,3 meter. Anda akan sering menjumpai buaya jenis ini tersebar di belahan dunia manapun.

Belahan dunia yang dimaksud adalah Asia tenggara, Selatan dan juga di Australia. Hewan ini termasuk dalam kelompok reptil yang terbesar di dunia.

Baca Juga: Hewan Berbadan Lunak


Beruang Cokelat

Beruang Cokelat

Hewan terbesar di dunia selanjutnya adalah Beruang Cokelat. Beruang ini biasanya hidup di wilayah Amerika Utara dan Utara Eropa-Asia. Berat Beruang Cokelat ini bisa mencapai 1 ton dan tingginya mencapai 3 meter. Hewan ini termasuk hewan karnivora yang terbesar di dunia.


Jerapah

Jerapah

Siapa yang tidak kenal dengan hewan yang memiliki leher paling panjang ini. Betul sekali, hewan yang dimaksud adalah jerapah. Tinggi hewan ini hingga mencapai 5,8 meter. Berat badan yang dimilikinya adalah 2000 kg.

Hewan ini menduduki posisi sebagai hewan darat tertinggi. Hal tersebut tentu saja dikarenakan lehernya yang panjang. Jerapah akan banyak ditemukan di wilayah benua Afrika.

  Struktur Sel Hewan : Lengkap Beserta Ciri-ciri, Contoh dan Penjelasan

Baca Juga: Contoh Hewan Reptil


Burung Onta

Burung Onta

Mungkin selama ini yang Anda tahu hewan jenis burung memiliki ukuran tubuh yang kecil dibandingkan jenis hewan lain. Namun, faktanya ada hewan yang termasuk kelompok burung yang memiliki ukuran cukup besar.

Burung yang dimaksud adalah Burung Onta, burung ini memang merupakan burung terbesar yang ada di dunia. Tinggi burung ini hingga 2,7 meter, sementara beratnya mencapai 156 kg.

Lain halnya dengan burung-burung pada umumnya yang memiliki keahlian terbang di angkasa. Burung Onta tidak dapat melakukan hal tersebut, burung ini hanya mampu berlari dengan intensitas kecepatan yang cukup tinggi di daratan. Kecepatan terbang burung ini mencapai 70 km/jam.


Salamander Raksasa Tiongkok

Salamander Raksasa Tiongkok

Mungkin bagi sebagian orang, nama hewan salamander masing asing di telinga. Hewan ini termasuk kedalam kelompok hewan amfibi. Salamander bisa juga dibilang mirip dengan hewan kadal jika dilihat dari bentuk tubuhnya.

Ciri fisik lainnya yaitu tubuhnya yang ramping, hidung yang cenderung pesek serta memiliki ekor yang panjang. Mengapa Salamander disebut dengan hewan terbesar di dunia? Yaitu karena ukuran tubuhnya yang jumbo.

Panjang tubuh yang dimiliki hewan ini sekitar 1.83 meter, dengan berat 64 kg. Selain termasuk hewan terbesar, hewan ini juga termasuk hewan yang dilindungi sebab jumlah populasinya yang semakin sedikit.

Seperti namanya, hewan ini tempat hidupnya berada di daratan Taiwan dan Tiongkok. Salamander masuk kedalam kelompok hewan amfibi dan merupakan hewan terbesar.

Baca Juga: Struktur Sel Hewan


Hiu Paus

Hiu Paus

Hewan laut yang satu ini adalah hewan pemakan plankton. Hiu Paus masuk kategori hewan terbesar yang ada di dunia karena memiliki panjang tubuh 13,6 meter dan berat 22 ton.


Cumi-Cumi Kolosal

Cumi Cumi Kolosal

Hewan laut selanjutnya yang merupakan hewan terbesar adalah cumi-cumi Kolosal. Panjang tubuh yang dimilikinya hingga 14 meter dan berat badannya berkisar 494 kg. Cumi ini biasanya hidup di perairan yang terdapat di Benua Antartika.


Gajah Laut

Gajah Laut

Apabila diperhatikan sekilas, hewan Gajah Laut ini justru mirip dengan anjing laut. Dan benar saja memang Gajah Laut ini memiliki hubungan kekerabatan dengan anjing laut. Hewan ini termasuk kedalam kelompok hewan karnivora.

Karena bentuknya yang mirip dengan anjing laut. Maka dari itu Gajah Laut sering juga disebut dengan Anjing Laut yang memiliki ukuran sangat besar. Berat tubuh gajah laut terutama yang jantan bisa mencapai hingga 4 ton.


Penyu Belimbing

Penyu Belimbing

Penyu yang satu ini tergolong kedalam penyu raksasa yang berasal dari kelompok Dermochelyidae. Penyu yang merupakan satu-satunya penyu yang masih hidup di kelompoknya ini adalah penyu terbesar yang pernah ada di dunia.

Penyu adalah hewan yang masuk dalam kelas reptil dan Belimbing menduduki peringkat keempat hewan reptil di dunia. Adapun peringkat satu sampai tiga berhasil ditempati reptil dengan jenis buaya.

  Contoh Hewan Ovovivipar : Lengkap Ciri-ciri, Contoh dan Penjelasan

Seperti yang Anda semua ketahui, bahwa ancaman terbesar punahnya penyu dikarenakan adanya pengambilan telur penyu secara liar. Selain ancaman tersebut, ada beberapa hal lain yang juga menyebabkan populasi penyu semakin menurun.

Hal-hal tersebut adalah dilakukannya perburuan liar terhadap penyu dewasa dengan tujuan untuk diambil dagingnya. Adanya perusakan habitat dari penyu juga turut berpengaruh semakin kecilnya jumlah penyu yang ada.


Kelp Raksasa

Kelp Raksasa

Sesuai namanya yang memiliki tambahan raksasa, hewan ini memang termasuk dalam salah satu hewan terbesar di dunia. Kelp Raksasa ini masuk kedalam kelompok protista. Kelp juga sering dikenal dengan istilah rumput laut.

Kelp Raksasa setiap harinya dapat menambah dua kaki dengan panjang sekitar 30 meter. Anda bisa bayangkan betapa panjangnya tubuh dari Kelp Raksasa ini. Tempat hidupnya berada di dalam laut akan tetapi biasanya disebut dengan hutan Kalp.

Sebutan hutan Kalp dikarenakan banyaknya kalp yang bergerombol bergabung menjadi satu kelompok untuk hidup disitu. Selain dari jenis Kalp, ada pula hewan laut lain yang juga ikut hidup di dalamnya.

Itulah banyak contoh hewan yang masuk kedalam kategori hewan terbesar di dunia. Hewan-hewan tersebut berasal dari berbagai filum dan kelas yang berbeda-beda. Hewan-hewan tersebut disebut hewan terbesar sebab ukuran badannya yang lebih besar daripada teman sekelasnya.

Semoga dengan mengetahui hewan-hewan terbesar dari berbagai filum diatas dapat menambah keilmuan Anda. Terutama keilmuan yang berkaitan dengan fauna yang ada di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *