Hewan Berbadan Lunak : Beserta Ciri-ciri, Contoh dan Penjelasan nya

HEWAN BERBADAN LUNAK

Hewan Berbadan Lunak – Mollusca merupakan kelompok hewan yang mempunyai sifat tripoblastik slomata dan invertebrata, yang artinya yaitu memiliki tubuh lunak dan berlendir. Istilah mollusca ini berasal dari bahasa yunani yang berarti lunak.

Filum ini merupakan salah satu filum terbesar kedua setelah filum anthropoda. Sebagian besar hewan berbadan lunak ini hidup di laut. Namun, tidak sedikit pula yang hidup di air tawar dan juga di darat.

Contohnya seperti siput, cumi-cumi, kerang dan lain-lain. Saat ini terdapat 75 ribu jenis spesies dan ditambah dengan 35 ribu spesies berbentuk posil. Nah, untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hewan yang satu ini, yuk simak ulasan berikut.


Contoh Hewan Berbadan Lunak

Contoh Hewan Berbadan Lunak

Nah, bagi Anda yang sering mendengar kata mollusca atau hewan bertubuh lunak dan ingin tahu apa saja contoh hewannya. Yuk, simak beberapa contoh hewan bertubuh lunak yang bisa Anda temui di berbagai tempat:

  • Kerang
  • Tiram batu
  • Kerang hijau
  • Sotong
  • Remis
  • Cumi-cumi
  • Bekicot
  • Dan lain-lain.

Ciri-Ciri Hewan Berbadan Lunak

Common Octopus, Octopus Vulgaris

Mollusca sendiri bisa dikelompokkan menjadi hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Binatang ini juga memiliki tubuh yang sangat lunak. Selain itu, hewan ini juga memiliki ciri-ciri lain yang diantaranya sebagai berikut:

  • Habitat Air Tawar, Laut dan Darat

Hewan berbadan lunak ini bisa Anda temui dengan mudah di air tawar, laut dan darat. Kemampuannya yang bisa bertahan di beberapa tempat ini menjadikannya sebagai hewan yang bersifat kosmoposit.

Ya, kosmoposit ini merupakan kemampuan hewan yang penyebarannya sangat luas. Dengan demikian, hewan yang satu ini akan mudah Anda temukan dimana saja.

  • Punya Cangkok

Cangkok pada hewan yang satu ini bisa disebut dengan cangkang. Fungsi cangkang yang dimiliki hewan in yaitu untuk melindungi tubuh dari predator yang akan memangsanya.

Bentuk cangkang mollusca bermacam-macam. Ada yang berbentuk seperti corong dan ada yang berbentuk bulat. Nah, cangkang tersebut terbuat dari zat kapur.

  • Bentuk Tubuh Tripoblastik Selomata dan Simetri Bilateral

Terdapat macam-macam bentuk tubuh hewan mollusca. Nah, tripoblastik stomata ini berarti bahwa hewan tersebut mempunyai tiga lapisan kulit. Diantaranya yaitu lapisan luar, lapisan tengah dan lapisan dalam.

Kemudian, jika Anda memotong bagian hewan ini menjadi dua maka bentuknya akan sama. Ya, bentuk antara sisi kanan dan sisi kirinya. Hal tersebut bisa Anda lihat dengan jelas ketika Anda memotongnya dari arah mulut hingga anus.

  • Berkembang Biak dengan Bertelur

pembuahan hewan ini terjadi secara internal. Artinya yaitu calon individu baru berada di dalam tubuh induknya. Beberapa hewan mollusca juga mempunyai kelamin ganda dan ada yang mempunyai kelamin terpisah.

  • Tubuh Dilapisi Lendir

Selaput lendir yang dikeluarkan oleh hewan ini berasal dari banyaknya kelenjar yang diproduksi. Selain itu, lendir tersebut juga berfungsi untuk memudahkan hewan dalam bergerak.

  • Sistem Organnya Lengkap

Meski memiliki bentuk tubuh yang lunak, tapi hewan ini memiliki sistem organ yang lengkap lho. Sistem organ tersebut diantaranya seperti sistem pernapasan, sistem peredaran darah, sistem ekskresi, sistem syaraf dan lain-lain.

  Contoh Hewan Omnivora : Lengkap Ciri-ciri, Contoh dan Penjelasan


Klasifikasi Hewan Berbadan Lunak

Klasifikasi Hewan Berbadan Lunak

Hewan bertulang lunak bisa Anda jumpai dimana saja. Seperti misalnya pantai, laut dan lain-lain. Terdapat banyak sekali jenis hewan yang satu ini. Nah, berikut beberapa klasifikasi mollusca:

  • Amphineura

Mollusca yang satu ini merupakan jenis yang sangat primitif. Amphineura memiliki tubuh simetri bilateral. Selain itu, mollusca jenis ini juga mempunyai beberapa insang dalam rongga mantelnya.

Mollusca jenis ini biasanya hidup di sekitar pantai. Contohnya yaitu Chiton. Anda bisa menemuinya kapan saja saat air pantai pasang ataupun surut.

  • Scaphod

Jenis mollusca yang satu ini biasanya hidup di pantai atau di laut. Tubuhnya memiliki cangkang yang tajam. Bentuknya seperti terompet, memiliki kaki kecil dan di kepalanya terdapat tentakel.

Hewan yang satu ini juga tidak mempunyai insang. Jadi, saat Anda melihat hewan ini harus sangat berhati-hati, karena memiliki cangkang yang sangat tajam. Contoh hewan jenis ini adalah Dentalium Vulgare.

  • Gastropoda

Hewan jenis ini biasanya menggunakan perutnya untuk berjalan. Secara tidak langsung fungsi perut pada hewan ini seperti kaki. Hewan ini hidup di darat, air tawar dan di laut.

Pada umumnya, hewan jenis ini memiliki cangkang untuk melindungi diri dari serangan musuh. Contoh gastropoda adalah siput.

  • Cephalopoda

Hewan jenis ini menggunakan kepalanya untuk bergerak. Hewan ini juga ada yang memiliki eksoketon, endoskeleton atau tidak memiliki keduanya. Tubuhnya simetri bilateral.

Tubuh hewan ini terdiri dari leher, kepala dan badan. Contoh hewan jenis ini adalah cumi-cumi. Seperti yang telah Anda ketahui, hewan lunak yang satu ini bisa digunakan sebagai bahan pangan manusia.

Rasanya yang lezat membuat banyak orang yang menyukainya. Tak heran jika harga setiap kilo hewan ini mahal.

  • Pelecypoda

Hewan jenis ini memiliki kaki yang berbentuk kapang dan letaknya berada di anterior. Bilvavia atau pelecypoda merupakan hewan bercangkang yang terdiri dari dua bagian.

Hewan ini juga mempunyai syaraf dan otak yang berkembang biak. Biasanya pelecypoda hidup di air tawar dan di air asin atau laut. Contoh hewan jenis ini adalah tiram, kerang mutiara, kijing dan kerang raksasa.


Struktur Tubuh Mollusca

Struktur Tubuh Mollusca

Hewan yang satu ini mempunyai 3 struktur utama. Tentu saja struktur tubuh tersebut sangat penting bagi kelangsungan hidupnya. Berikut tiga struktur tubuh utama yang dimiliki mollusca:

  • Kaki

Bagian tubuh yang satu ini terdiri dari banyak otot. Fungsinya yaitu untuk merayap, bergerak dan menggali sesuatu. Sebagian jenis mollusca yang tidak memiliki kaki, pasti mempunyai tentakel. Yang fungsinya untuk menangkap mangsa.

  • Massa Viseral

Bagian tubuh yang lunak ini merupakan tempat dimana organ-organ tubuh tersusun. Untuk melindungi organ tersebut, bagian tubuh yang satu ini dilapisi dengan jaringan tebal yang biasa disebut dengan mantel.

  • Mantel

Nah, mantel merupakan suatu lapisan tebal yang berfungsi untuk melindungi bagian massa viseral. Pada mantel ini terdapat rongga cairan yang merupakan tempat lubang anus, insang dan cairan hasil ekskresi.

  Ciri-Ciri Hewan Invertebrata: Lengkap Beserta Ciri-ciri, Contoh & Penjelasan

Selain itu, bagian tubuh yang satu ini juga bisa mensekresikan komponen yang berbentuk cangkang lho. Sangat menarik bukan bagian tubuh mollusca ini?

 


Peranan Mollusca

Peranan Mollusca

Mollusca memang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Terdapat banyak sekali jenis hewan ini yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan manusia. Berikut macam-macam peranannya:

  • Bisa digunakan sebagai perhiasan, contohnya yaitu kerang dan tiram
  • Digunakan sebagai bahan pangan, contohnya yaitu sotong, cumi-cumi dan kerang
  • Serbuk cangkang kerang laut bisa digunakan sebagai obat maag.

Mollusca merupakan filum terbesar kedua setelah filum anthropoda. Biasanya hewan berbadan lunak ini hidup di laut. Namun tidak sedikit juga yang hidup di darat dan di air tawar.

Tentu saja keberadaan hewan ini banyak membantu manusia. bukan hanya membantu saja, tapi menguntungkan juga. Ya, hewan ini bisa dijadikan sebagai bahan pangan dan juga obat-obatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.