Contoh Hewan Herbivora : Beserta Ciri-ciri, Contoh dan Penjelasannya

Contoh Hewan Herbivora

Hewan Herbivora – Herbivora merupakan salah satu pengelompokkan hewan berdasarkan dengan jenis makanannya yang dikonsumsi. Hewan yang bisa masuk dalam golongan herbivora adalah semua hewan yang makanan utamanya adalah rumput.

Maka selain hewan yang memakan rumput, tidak bisa dikategorikan kedalam golongan hewan herbivora. Secara umum, hewan yang tergolong herbivora lebih banyak menghabiskan hidupnya di tempat-tempat seperti padang rumput, hutan atau area persawahan.

Selain itu, hewan-hewan tersebut juga lebih suka hidup dengan cara berkelompok sesuai dengan jenisnya masing-masing. Dan malangnya lagi, sebagian besar dari hewan herbivora adalah santapan yang lezat atau mangsa utama untuk hewan karnivora.

Sebagai tambahan, kebanyakan dari hewan herbivora memiliki daging dengan rasa yang lezat untuk dikonsumsi. Maka tidak jarang manusia yang menjadikan hewan jenis ini sebagai hewan ternak karena memiliki banyak manfaat.


Ciri-Ciri Hewan Herbivora

Ciri Ciri Hewan Herbivora

Secara khusus, hewan jenis herbivora memiliki beberapa ciri-ciri khusus yakni sebagai berikut:

  1. Makanan utama yang dikonsumsi hewan herbivora adalah sejenis rumput dan juga dedaunan lainnya
  2. Secara umum mereka berkembang biak dengan cara beranak atau dengan istilah lain vivipara
  3. Biasanya jenis hewan herbivora masuk juga kedalam golongan hewan mamalia atau hewan menyusui
  4. Sebagian besar hewan herbivora lebih banyak hidup dengan cara berkelompok
  5. Mayoritas herbivora hidup di darat karena sumber makanan mereka yang memang banyak tersedia di daratan
  6. Hewan herbivora termasuk juga kedalam golongan hewan yang berdarah panas
  7. Gigi yang dimiliki jenis ini adalah gigi geraham yang lebar
  8. Sebagian besar hewan herbivora adalah hewan berkaki empat
  9. Hewan herbivora tergolong hewan yang memiliki tulang belakang
  10. Hewan dengan jenis ini memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia
  11. Sebagian besar hewan herbivora merupakan mangsa utama yang menjadi incaran dari hewan karnivora.

Contoh Hewan Herbivora

Contoh Hewan Herbivora

Setelah Anda mengetahui pengertian beserta ciri-ciri yang dimiliki oleh hewan herbivora. Alangkah lebih baiknya Anda juga mengetahui mengenai contoh hewan yang masuk ke dalam golongan herbivora. Berikut contoh lengkapnya:

  • Sapi

Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dipelihara oleh manusia. Hewan yang berasal dari suku bovidae dan anak suku bovinae ini memiliki banyak manfaat bagi manusia. Mulai dari daging dan susunya yang bisa dikonsumsi juga kotorannya yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk.

Selain bisa dijadikan sebagai hewan ternak, Anda juga bisa memanfaatkan tenaganya untuk dijadikan sebagai alat bantu pekerjaan manusia. Contohnya di kalangan petani, bisa membantu untuk membajak sawah, menarik kereta barang maupun untuk mengangkat barang bawaan. Makanan utama hewan ini adalah rumput dan berbagai jenis dedaunan sejenis.

  • Kuda

Contoh hewan herbivora yang kedua adalah kuda. Hewan ini merupakan salah satu dari sepuluh hewan mamalia modern yang asalnya dari genus equua. Hewan ini juga dapat dikatakan sebagai salah satu hewan yang memiliki peran penting.

  Ciri Khusus Hewan : Lengkap Beserta Ciri-ciri, Contoh dan Penjelasan

Seperti halnya sapi, kuda juga bisa digunakan untuk membantu pengangkutan barang maupun manusia bahkan untuk jangka waktu ratusan tahun lamanya. Tak jarang juga manusia yang menjadikannya sebagai hewan ternak.

Hewan ini juga banyak dimanfaatkan tenaganya, namun berbeda dalam pemanfaatan daging serta susu dari kuda yang jarang dikonsumsi oleh manusia. Karena hewan ini sangat terkenal akan tenaganya yang kuat dan bisa berlari cepat. Dan zaman dahulu hingga sekarang, kuda sering dijadikan sebagai kendaraan.

  • Jerapah

Jerapah juga termasuk dalam keluarga hewan herbivora. Hewan mamalia yang memiliki kuku genap serta merupakan spesies tertinggi yang hidup didarat menjadikan hewan ini tidak layak dijadikan hewan peliharaan.

Bahkan tinggi spesies jantan dari hewan ini bisa mencapai 4,4 hingga 4,8 meter dan untuk beratnya bisa mencapai 1.360kg. Sedangkan untuk spesies betina nya memiliki ukuran tinggi dan berat badan dibawah jerapah jantan.

Hewan jerapah masih memiliki hubungan dekat dengan hewan lain seperti halnya rusa dan sapi namun tetap dari suku yang berbeda. Habitat utama jerapah adalah di wilayah Afrika Selatan. Makanan utama hewan ini adalah rumput dan sejenis sayuran.

  • Kerbau

Hewan herbivora yang memiliki nama latin bubalus bubalis ini memiliki bobot tubuh yang bisa mencapai angka yang cukup fantastis yakni hingga 600 kg bahkan lebih. Hewan mamalia yang satu ini kerap dijadikan sebagai hewan ternak terutama di wilayah Asia khususnya Indonesia.

Untuk makanannya, kerbau sudah terbiasa memakan berbagai jenis rumput, dedaunan bahkan jerami sisa panen padi. Yang menarik dari hewan ini adalah, hampir di setiap tubuh kerbau bisa dimanfaatkan.

Mulai dari kulitnya yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan sepatu, pembuatan wayang bahkan hingga helm sepeda motor. Apakah Anda tertarik untuk memanfaatkannya?


Contoh Hewan Herbivora Berbahaya

Contoh Hewan Herbivora Berbahaya

Mungkin sebagian besar orang beranggapan jika hewan berbahaya adalah hewan karnivora. Namun ternyata hewan herbivora terkadang juga bisa sangat berbahaya, mereka bisa buas dan juga liar pada situasi mendesak, diserang atau anak-anak mereka terancam. Lalu apa saja hewan herbivora yang tergolong berbahaya? Berikut contohnya:

  • Kuda Nil

Terkenal dengan hewan yang memiliki tubuh gendut, kuda nil sangat jarang dianggap berbahaya karena tidak termasuk hewan yang aktif. Namun ketika dirinya merasa terancam ataupun ada yang mengancam anggota keluarganya, makai a tak segan-segan untuk memberontak.

Kuda nil bisa saja menantang duel siapapun yang mengganggunya tak peduli meskipun itu buaya. Dengan memanfaatkan gigi besarnya serta mulutnya yang ketika menganga bisa mencapai seukuran tubuhnya, menjadikan kuda nil sebagai hewan pembunuh yang kejam.

  • Cape Buffalo

Cape Buffalo merupakan hewan herbivora yang paling berbahaya di daerah Afrika Selatan. Hal ini disebabkan oleh tanduknya yang panjang dan runcing, serta bobot tubuhnya yang bisa mencapai setengah ton.

  Contoh Hewan Omnivora : Lengkap Ciri-ciri, Contoh dan Penjelasan

Mereka bisa menyerang dengan cara yang sangat brutal. Bahkan tak jarang mereka juga bisa menyerang dengan cara bergerombol. Hal itulah yang membuat hewan ini sangat ditakuti oleh para pemburu.

  • Badak

Mungkin hampir semua orang setuju jika badak merupakan salah satu spesies hewan yang paling berbahaya di dunia. Hal ini karena hewan herbivora terkenal akan tenaganya yang kuat dan juga besar. Belum lagi kecepatan lari nya sangat lincah ketika merasa terancam.

Badak akan dengan mudah menyerang musuhnya dengan memanfaatkan tanduk yang dimiliki. Denan menyeruduk secara keras, maka sudah bisa dipastikan nasib dari sang musuh yang berani menyerangnya.

  • Gajah

Gajah umumnya dianggap sebagai hewan yang sangat bersahabat dan damai, apalagi gerak geriknya yang tergolong lembut dan lambat semakin menambah kesan lemah pada hewan ini.

Namun ketika mood mereka sudah rusak, maka kemarahan sudah tidak bisa dihentikan. Apapun yang dirasa mengancam, bisa dengan mudah ia lempar hanya dengan menggunakan belalainya.

Parahnya lagi jika sampai ditusuk menggunakan gading, serta kemungkinan terburuk berikutnya jika diinjak dengan menggunakan kaki nya yang besar hingga menyebabkan hancur dan remuk.

Demikianlah pembahasan mengenai hewan herbivora lengkap dengan ciri-ciri dan contohnya bahkan juga dengan jenis herbivora yang berbahaya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda mengenai golongan-golongan hewan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *