Ciri Khusus Hewan : Lengkap Beserta Ciri-ciri, Contoh dan Penjelasan

3 min read

CIRI KHUSUS HEWAN

Ciri Khusus Hewan – Bumi merupakan tempat tinggal seluruh makhluk hidup, baik itu manusia, hewan dan tumbuhan. Terdapat banyak sekali hewan yang hidup di muka bumi ini. Mulai dari hewan buas hingga hewan jinak yang tidak berbahaya.

Agar hewan tersebut tidak mudah punah, Anda harus ikut melestarikan dan menjaga hewan yang ada di bumi. Jika hewan tersebut tidak boleh atau dilarang untuk dipelihara, setidaknya Anda tidak membunuhnya.

Nah, setiap hewan pasti memiliki ciri khusus. Baik itu hewan darat, hewan laut ataupun hewan yang terbang seperti burung. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ciri khusus hewan tersebut. Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.


Ciri Khusus Pada Hewan Kelelawar

Ciri Khusus Pada Hewan Kelelawar

Pasti Anda sudah mengetahui bahwa hewan yang satu ini memiliki kehidupan yang berbeda dengan hewan lainnya. Ya, kelelawar biasanya tidur pada siang hari dan mencari makan atau melakukan kegiatannya di malam hari.

Lalu, bagaimana cara hewan ini mencari makan sedangkan kondisi malam hari sangatlah gelap? Hal ini menjadi pertanyaan yang wajar untuk dilontarkan. Pada dasarnya kelelawar mempunyai kemampuan yang unik.

Ya, hewan ini mampu memancarkan bunyi yang mempunyai frekuensi tinggi melalui hidung atau mulutnya, bunyi yang dihasilkan oleh hewan ini nantinya akan memantul ke beberapa benda di sekitarnya. Misalnya pohon, serangga dan lain-lain.

Selain itu, hewan yang satu ini juga bisa mendengar gema lho. Dari situlah kelelawar bisa mengetahui letak makanannya dan sulit tidaknya rintangan yang harus dilalui untuk mendapatkan makanan tersebut.

Kemampuan hewan ini untuk mengetahui arah terbang, kondisi lingkungan serta letak makanan biasanya disebut dengan ekolokasi. Jadi, ciri khusus yang dimiliki kelelawar adalah mampu mempunyai alat pendeteksi untuk mencari makanannya di malam hari


Ciri Khusus Hewan Cicak

Ciri Khusus Hewan Cicak

Hewan yang satu ini bisa Anda temui di dinding atau langit-langit rumah. Jika Anda memperhatikannya, meski merayap di langit-langit rumah hewan ini tidak pernah jatuh atau terpeleset.

Ya, hal ini dikarenakan cicak memiliki kaki yang sangat lengket. Kaki cicak dilapisi oleh kulit tipis serta bulu halus yang sangat banyak. dengan kondisi kaki yang seperti itu, hewan ini pun mampu melekat dimana saja tanpa jatuh.

Selain bisa menempel di langit-langit rumah, hewan ini juga memiliki kemampuan memutuskan ekornya dan ekor tersebut bisa tumbuh kembali. Kemampuan ini biasa disebut dengan autotomi.

Kemampuan yang dimiliki oleh cicak ini berfungsi untuk mengelabuhi musuh. Jadi, hewan ini bisa melindungi diri sendiri. Biasanya cicak mencari makanan seperti serangga dan nyamuk dengan cara merayap ke langit-langit rumah.


Ciri Khusus Hewan Unta

Ciri Khusus Hewan Unta

Pernahkah Anda melihat hewan yang satu in? Ya, unta ini ika diperhatikan pasti mempunyai punuk di punggungnya. Punuk tersebut berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan dan air. Sehingga, saat tidak ada air sekalipun, unta ini masih bisa bertahan hidup.

Bahkan, pada cuaca yang buruk sekalipun hewan ini masih kuat untuk bertahan hidup lho. Sangat menakjubkan bukan hewan yang satu ini? Anda bisa menemukan unta dengan mudah di padang pasir atau gurun.

Misalnya di Arab, Pakistan, India dan lain-lain. Hewan yang satu ini habitatnya yaitu di gurun dan tentu saja kondisi cuacanya sangat tidak baik. Tak heran jika tidak banyak hewan dan tumbuhan yang mampu bertahan hidup di gurun.

Meski demikian, unta bisa bertahan hidup di tempat seperti ini. Ya, hal ini dikarenakan, unta memiliki bulu mata yang tebal dan panjang, sehingga cahaya matahari yang berlebihan dan pasir tidak akan masuk ke dalam matanya.

Selain itu, hewan yang satu ini juga mempunyai ukuran kaki yang sangat panjang. Hal ini bertujuan agar menghindarkan badannya dari permukaan gurun, sehingga badan unta jauh dari permukaan pasir yang panas.

Bukan hanya itu saja, unta juga memiliki kemampuan untuk menutup lubang hidungnya secara otomatis saat ada angin kencang. Hal ini bertujuan agar pasir atau debu di lingkungan tempat tinggal unta tidak masuk ke dalam hidung.


Ciri Khusus Hewan Bebek

Ciri Khusus Hewan Bebek

Pada hakikatnya hewan yang satu ini hidup di darat. Namun, mengapa bebek bisa berenang di dalam air dengan cepat dan tidak tenggelam? Ya, hal ini dikarenakan bebek memiliki kaki yang berselaput.

Jenis kaki yang seperti ini berfungsi untuk mencari makan saat di lumpur agar tidak tenggelam. Selain itu, kakinya juga bisa digunakan untuk berenang dengan cepat sehingga tidak mudah tenggelam.

Selain memiliki kaki yang berselaput, hewan yang satu ini juga mempunyai paruh dengan bentuk khusus. Fungsi paruh pada bebek yaitu untuk memudahkan saat mencari makan di dalam air atau lumpur.

Jika Anda perhatikan lebih detail lagi, paruh yang dimiliki oleh hewan ini memiliki bentuk pipih dan lebar. Pada paruhnya tersebut juga terdapat saringan yang bisa digunakan untuk memisahkan antara air, lumpur dan makanan.

Sehingga, lumpur tersebut tidak akan termakan oleh bebek. Bukan hanya itu saja, bebek juga memiliki minyak pada bagian pangkal ekor lho. Ya, fungsinya yaitu untuk meminyaki bulu bebek. Jadi, saat bebek berada di air bulunya tidak akan basah.


Ciri Khusus Pada Hewan Ular

Ciri Khusus Pada Hewan Ular

Sebagian besar manusia, takut sekali dengan hewan yang satu in. Ya, hal ini dikarenakan ular memiliki bisa yang mematikan. Apabila manusia terkena bisa tersebut, maka akan mengalami kecacatan atau bisa meninggal dunia.

Nah, salah satu ular yang memiliki bisa adalah ular kobra. Ular jenis ini biasanya akan membunuh mangsanya dengan cara menggigit. Melalui gigitan tersebutlah bisa ular akan mengalir ke dalam tubuh mangsanya.

Zat beracun yang terdapat dalam bisa tersebut dapat membunuh mangsanya dalam waktu yang singkat lho. Selain itu, terdapat juga ular yang tidak memiliki bisa. Salah satunya yaitu ular piton.

Cara yang digunakan oleh ular jenis ini untuk membunuh mangsanya yaitu dengan melilitnya hingga tewas. Ular akan memakan mangsanya tanpa dikunyah melainkan langsung ditelan secara utuh.

Hal ini tentu saja berbeda dengan hewan pemakan daging yang lain. Bahkan, ular mampu menelan mangsa dengan ukuran yang lebih besar dari tubuhnya dalam satu kali lahap.

Hal ini dikarenakan, struktur rahang ular sangat longgar dan elastis serta tidak memiliki tulang dada. Sehingga, hewan ini bisa menelan mangsanya tanpa harus mengunyahnya terlebih dahulu.


Ciri Khusus Pada Bunglon

Ciri Khusus Pada Bunglon

Nah, hewan yang satu ini merupakan salah satu hewan yang pergerakannya sangat cepat. Ciri khusus yang dimiliki oleh hewan ini adalah mampu mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya.

Kemampuan yang dimiliki bunglon ini biasa disebut dengan mimikri. Nah, kemampuan inilah yang bisa membuatnya bertahan hidup dan mengelabui musuh, sehingga musuh pun tidak akan mengenalinya.

Demikian ulasan mengenai beberapa ciri khusus hewan beserta fungsinya. Dengan mengetahui beberapa ciri-ciri hewan seperti di atas, Anda bisa lebih paham mengenai hewan yang berada di sekitar kehidupan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menghindar apabila terdapat hewan yang berbahaya seperti ular. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda untuk lebih paham mengenai apa saja kemampuan hewan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *