5+ Ciri Ciri Aki Motor Soak & Cara Merawat Supaya Bisa Lebih Awet

CIRI CIRI AKI MOTOR SOAK

Ciri Ciri Aki Motor Soak – Untuk kendaraan bermotor, aki merupakan salah satu elemen yang memiliki fungsi terpenting. Adanya aki akan membuat kendaraan dapat dinyalakan sehingga pengendara dapat melakukan perjalanan.

Namun, jika kendaraan motor terlalu sering digunakan, maka aki yang ada pada kendaraan bermotor tersebut juga dapat mengalami permasalahan, misalnya aki yang digunakan sudah soak. Ciri ciri aki motor soak juga sebenarnya dapat diketahui dengan mudah.

Fungsi aki untuk kendaraan bermotor memang banyak misalnya untuk menyalakan lampu motor ataupun sebagai bagian dari sistem starter motor. Karena aki digunakan untuk mendukung berbagai fitur yang ada pada kendaraan bermotor sering menyebabkan penurunan fungsi dari aki tersebut. Beberapa ciri ciri aki motor soak akan dibahas sebagai berikut.


1.  Waktu Pemakaian Aki

Waktu Pemakaian Aki

Karena aki diperlukan untuk menggerakkan fitur kendaraan motor menyebabkan aki menjadi mudah rusak atau soak. Aki yang soak akan menghambat kinerja fitur motor sehingga fitur tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Salah satu cara untuk mengetahui ciri ciri aki motor soak atau rusak tersebut adalah mengetahui waktu pemakaian aki.

Aki motor tidak dapat digunakan selamanya. Maka dari itu, aki motor harus diperiksa secara rutin agar dapat membantu kinerja fitur kendaraan bermotor. Secara umum, aki motor dapat digunakan selama satu hingga dua tahun. Jika lebih dari itu maka aki motor sebaiknya diganti dengan yang baru.

Baca Juga: Cara Mengatasi Aki Mobil Soak


2.  Lampu Indikator Aki Redup

Lampu Indikator Aki Redup

Cara berikutnya untuk mengetahui ciri ciri aki motor soak yaitu dengan melihat lampu indikator aki. Lampu indikator aki yang hampir soak atau rusak biasanya redup atau berkedip-kedip. 

Cukup menekan tombol on pada aki maka lampu indikator aki akan menyala. Jika lampu indikator sudah redup atau berkedip-kedip alangkah baiknya untuk mengganti aki motor yang baru. Disinilah dapat diketahui apakah aki sudah soak dan rusak atau masih dapat digunakan.


3.  Motor Tidak Dapat Dinyalakan

Motor Tidak Dapat Dinyalakan

Seringkali penyebab motor tidak dapat dinyalakan yaitu disebabkan karena aki yang digunakan sudah soak atau rusak. Aki yang soak ini tidak akan membantu motor untuk menggerakkan mesin agar motor dapat digunakan. Jika motor mati dan penyebabnya adalah aki yang soak, maka aki harus segera diganti agar motor dapat digunakan kembali.

Baca Juga: Cara Merawat Aki Mobil


4.  Klakson Dan Lampu Motor Tidak Bekerja Maksimal

Klakson Dan Lampu Motor Tidak Bekerja Maksimal

Aki yang sudah soak juga dapat diketahui dengan cara lain yaitu dengan melihat lampu motor dan klakson. Lampu motor yang redup dapat disebabkan karena aki yang sudah soak. Begitu pula dengan klakson motor yang terdengar lemah. Jika hal ini terjadi maka aki yang soak ini perlu diganti dengan yang baru agar fitur motor tersebut dapat digunakan.

  3+ Cara Memperbaiki Aki Mobil Penyebab dan Cara Mengatasinya

Baca Juga: Ukuran Ban Mobil


5.  Sulit Dijumper

Sulit Dijumper

Ketika aki motor yang mati biasanya hal yang dilakukan adalah menjumper aki tersebut. Tanda aki motor soak adalah ketika jumper aki dilepas kemudian aki tersebut mati, maka dapat dipastikan aki motor tersebut sudah rusak atau soak. Namun sebelum mengganti aki, perhatikan pula komponen lainnya apakah komponen-komponen tersebut bermasalah juga atau hanya aki motor saja yang rusak atau soak.

Sangat mudah bukan untuk mengetahui apakah aki motor sudah soak atau rusak? Ciri ciri aki motor soak dapat dikenali sendiri dengan mengecek beberapa fitur motor penting dan berkaitan dengan aki. Hendaknya seluruh fitur dan mesin motor perlu dicek secara rutin, seperti aki kendaraan motor, untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi.  

Ciri ciri aki motor soak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *