5 Cara Pasang Gps Mobil Sendiri dan Tanpa Harus Pergi ke Bengkel

CARA PASANG GPS MOBIL

Alat GPS kini begitu umum dipasangkan pada mobil. Sebenarnya cara pasang gps mobil tidak seberapa susah. Mungkin beberapa orang lebih nyaman menyerahkan langsung pada ahlinya yaitu di bengkel-bengkel mobil professional.

Namun dengan cara ini pastinya diperlukan budget khusus dan sepertinya tidak bisa dikatakan murah. Jadi jika ingin menghemat, coba saja dengan memasangkannya sendiri. GPS ini sangat penting apalagi untuk jaman sekarang.

Misalnya ketika mobil dicuri, akan mudah untuk melacak keberadaan mobil tersebut. Oleh karena begitu penting, memasang GPS juga tidak boleh asal-asalan. Sehingga alat ini bisa bekerja lebih efektif dan optimal. Simak bagaimana cara pasang gps mobil dengan mudah berikut ini :


1. Daftarkan Kartu SIM

Daftarkan Kartu SIM

Langkah pertama adalah siapkan kartu SIM atau kartu seluler. Bisa provider apapun sesuai dengan kenyamanan. Usahakan yang memiliki jangkauan sinyal paling baik sehingga lebih mudah terkoneksi internet. Nantinya kartu SIM ini akan dipasangkan pada perangkat GPS mobil.

Jangan lupa daftarkan kartu SIM atau selular tersebut dengan paket internet. Pasalnya alat GPS ini nantinya harus bisa terkoneksi dengan aplikasi yang terinstall pada smartphone.


2. Pasang Kartu SIM Pada Perangkat GPS

Pasang Kartu SIM Pada Perangkat GPS

Jika sudah didaftarkan paket internet, kartu SIM dapat langsung dipasang pada perangkat GPS. Sebelum memasang pada perangkat GPS pastikan alat tersebut dalam kondisi off atau mati. Ketika kartu SIM sudah terpasang dengan benar, segera nyalakan perangkat.

Hal ini untuk mencegah sinyal terganggu. Kemudian perhatikan perangkat GPS tersebut. Saat ditemukan semacam stiker hologram, usahakan stiker tersebut menghadap langsung ke bumi. Percaya atau tidak dengan cara ini dipercaya mampu membuat sinyal yang ditangkap jadi lebih kuat.


3. Siapkan Semua Komponen Yang Diperlukan

Siapkan Semua Komponen Yang Diperlukan

Selanjutnya siapkan semua komponen yang dibutuhkan. Jadi tidak hanya perangkat GPS saja, namun juga membutuhkan beberapa komponen pendukung lainnya. Misalnya seperti kabel, aki, dan lain-lain. Satu lagi, jika ingin memasang GPS sendiri ada baiknya perlu memahami tentang kelistrikan. Pasalnya pada pemasangan GPS, ilmu kelistrikan lebih banyak mendominasi.


4. Rakit Semua Komponen

Rakit Semua Komponen

Jika sudah siap semuanya tinggal rakit semua komponen yang ada. Pasang dan rakit baik-baik, karena jika salah dapat langsung merusak perangkat GPS tersebut. Berikut panduan merakit komponen GPS mobil :

  • Ambil kabel dari GPS yaitu kabel plus (merah) dan kabel minus (hitam). Kabel plus dikenal dengan power langsung, dan kabel minus biasa disebut ground.
  • Sambungkan kabel minus GPS ke kabel minus aki. Setelah itu lanjutkan dengan menyambungkan kabel plus perangkat GPS ke kabel plus aki.
  • Pastikan jika kabel plus GPS sudah tersambung dengan sekering atau belum. Pada umumnya dalam perangkat memang telah disediakan sekering langsung. Sehingga mencegah adanya konsleting listrik yang dapat merusak perangkat GPS.
  5 Cara Mengoperasikan Mobil Matic dan Tips Berkendara dengan Aman

5. Lakukan Setting Pada Perangkat GPS

Lakukan Setting Pada Perangkat GPS

Jika semua komponen sudah dirakit dengan baik, lanjutkan dengan memasangkan perangkat tersebut pada mobil. Jangan lupa sebelumnya lakukan beberapa setting terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan supaya perangkat GPS nanti bisa dijalankan melalui online.

Misalnya melalui aplikasi maupun website monitoring yang terkoneksi langsung pada perangkat GPS pada mobil. Selesai sudah, mobil bisa dipantau langsung dengan mudah. Jangan khawatir perangkat tidak bisa berjalan dengan baik. Jika sebelumnya semua tahapan dilakukan dengan tepat, dapat dipastikan perangkat akan bekerja secara optimal.

Itu tadi bagaimana cara pasang gps mobil. Sebenarnya jika diperhatikan tidak seberapa rumit. Apalagi bagi yang sudah paham betul tentang kelistrikan. Paling penting adalah pastikan pada saat pemasangan GPS mesin mobil tidak dalam kondisi menyala. Selain itu perhatikan juga ketika memasang kabel harus benar agar tidak terjadi konsleting.

Cara Pasang Gps Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.