Cara Merawat Motor Matic

1 min read

CARA MERAWAT MOTOR MATIC

Penggunaan motor matic sudah tidak asing lagi terutama di negara Indonesia. Motor matic yang pada awalnya identik dengan wanita kini sudah banyak pria yang menggunakannya.

Banyaknya pengguna motor matic akhir-akhir ini menjadi latar belakang adanya informasi mengenai cara merawat motor matic yang ampuh agar awet dan tahan lama.

Salah satu kelebihan dari motor matic adalah pengoperasiannya yang mudah sehingga banyak diminati oleh para penggunanya. Agar motor selalu dalam keadaan prima dan awet digunakan berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai cara perawatannya :


1. Panaskan Mesin Motor Secara Rutin

Panaskan Mesin Motor Secara Rutin

Cara pertama yang sederhana namun juga penting dilakukan adalah dengan memanaskan mesin motor secara teratur. Hal ini bisa dilakukan setiap pagi, untuk durasinya 10-15 menit saja sudah cukup. Akan lebih baik jika menggunakan kick starter, jika menggunakan starter elektrik maka akan lebih banyak mengurangi baterai pada motor tersebut.


2. Ganti Oli Secara Berkala

Ganti Oli Secara Berkala

Cara merawat motor matic yang baik agar awet yang selanjutnya adalah dengan mengganti oli secara teratur dan berkala. Biasanya penggantian oli dilakukan setiap 1000 km dan 1500 untuk oli transmisi atau oli gardan. Jika acuan kilometer lupa maka lakukan penggantian oli setelah 2-3 bulan lakukan secara rutin gunakan oli sesuai dengan spesifikasi mesin motor.


3. Perhatikan Timing Belt

Perhatikan Timing Belt

Pada motor matic timing belt merupakan bagian yang sangat penting, karena fungsi dari timing belt sama dengan rantai pada motor transmisi. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan cara mengecek dan jangan biarkan mengeras. Apabila sampai mengeras dapat menyebabkan kesulitan dalam berjalan bahkan bisa menyebabkan motor tidak bisa berjalan.


4. Hindari Kehabisan Bensin

Hindari Kehabisan Bensin

Cara merawat motor matic yang selanjutnya adalah dengan memastikan untuk tidak sampai kehabisan bensin. Karena jika hal tersebut terjadi dapat menyebabkan kerusakan pada mesin maka dari itu jangan sampai motor kehabisan bensin. Lakukan segera isi ulang jika bensin sudah tinggal sedikit.


5. Perawatan AKI

Perawatan AKI

Untuk mengetahui kondisi aki dalam keadaan baik atau tidak memanglah bukan hal mudah. Hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna adalah dengan mengetahui ciri-ciri apabila aki sudah berkurang performanya. Salah satu tandanya adalah cahaya pada lampu akan berkurang dan yang paling menjengkelkan adalah tidak menggunakan starter elektrik.


6. Stabilkan Penggunaan Gas

Stabilkan Penggunaan Gas

Hal ini terkesan sepele namun bisa berdampak pada motor khususnya motor matic. Yaitu tidak memperhatikan penggunaan gas, motor dalam kondisi cepat secara tiba-tiba diturunkan begitupun sebaliknya. Dengan demikian akan mengurangi masa umur mesin secara tanpa disadari. Bukan hanya akan terjadi kerusakan pada mesin hal buruk lain yang bisa terjadi adalah akan terjadi kerusakan pada ven belt motor.


7. Servis Motor Secara Rutin

Servis Motor Secara Rutin

Cara merawat motor matic yang selanjutnya adalah dengan melakukan servis secara teratur,  dianjurkan melakukan servis motor di bengkel resminya. Dengan demikian pengguna bisa sambil menanyakan apakah aki motor masih layak untuk digunakan dan hal-hal lain yang perlu diganti. Lakukan servis secara rutin yaitu dalam jangka waktu 3 bulan sekali agar performa motor tetap bagus.


8. Gunakan Bensin yang Berkualitas

Gunakan Bensin Yang Berkualitas

Cara terakhir adalah dengan memastikan menggunakan bahan bakar yang berkualitas karena tidak jarang ada orang yang menjual bensin campuran. Oleh karenanya harus lebih berhati-hati dalam pemilihan bahan bakar. Agar lebih aman lakukan pengisian bahan bakar ditempat yang dikelola oleh pemerintah atau POM atau tempat bensin yang sudah dipercaya.

Itulah dia 8 cara merawat motor matic yang baik agar awet. Melakukan perawatan secara rutin dan teratur motor matic akan tetap dalam performa yang bagus. Akan tetapi dalam jangka waktu lima tahun keatas performa mesin akan menurun oleh karena perlu menggantinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 Cara merawat motor matic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *