7+ Cara Merawat Motor Beat dan Cara Merawat Supaya Bisa Tahan Lama

CARA MERAWAT MOTOR BEAT

Motor Beat sejak kemunculannya sudah cukup menyedot perhatian publik. Dikenal punya bodi ramping, membuatnya begitu digemari oleh anak muda serta kaum hawa. Namun beberapa orang mungkin masih belum paham dengan benar bagaimana cara merawat motor beat.

Salah satu penyebabnya adalah motor ini lebih banyak dipakai oleh pengguna wanita. Kemungkinan besar mereka cenderung kurang peduli dengan perawatan motornya. Padahal, perawatan semua jenis motor tidak hanya Beat, itu sangat diperlukan.

Pasalnya akan berpengaruh pada kualitas performa mesin motor itu sendiri. Oleh karena itu para pengguna motor Beat jangan sampai abai dalam hal ini. Berikut informasi tentang bagaimana cara merawat motor Beat agar selalu dalam kondisi prima :


1. Rutin Memanaskan Motor Terutama Saat Pagi Hari

Rutin Memanaskan Motor Terutama Saat Pagi Hari

Rata-rata pengguna motor Beat akan memakai motornya untuk melakukan kegiatan sehari-hari bukan? Misalnya untuk dipakai bekerja pada pagi hari, sebaiknya panaskan dulu mesinnya. Pemanasan mesin seperti ini berguna supaya oli pada mesin siap melumasi seluruh bagian mesin secara sempurna.

Dengan begitu motor Beat bisa memberikan performa maksimal ketika digunakan. Panaskan mesin motor Beat sekitar 5 hingga 10 menit saja. Utamakan menggunakan kick starter daripada starter elektrik untuk lebih menghemat baterai.


2. Lakukan Pergantian Oli Secara Berkala

Lakukan Pergantian Oli Secara Berkala

Jangan lupa untuk melakukan pergantian oli secara berkala. Pada umumnya untuk jenis motor matic seperti Beat ini perlu pergantian oli transmisi setiap 1000 km. Maksimal ketika motor sudah berjalan hingga 5000 km. Selain itu gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor Beat yang dimiliki.


3. Usahakan Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Usahakan Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Tidak kalah penting untuk menjaga performa mesin motor Beat adalah usahakan jangan sampai kehabisan bensin. Mesin yang dipaksa bekerja hingga bahan bakarnya habis akan berpotensi menyebabkan kerusakan. Apalagi pada motor Beat yang telah memakai teknologi injeksi.

Upayakan jangan sampai indikator speedometer menunjukkan tanda E. Caranya maksimalkan dalam mengisi bahan bakar sebelum dipakai.


4. Rutin Melakukan Pengecekan Mesin

Rutin Melakukan Pengecekan Mesin

Jangan pernah lupa untuk selalu mengecek kondisi mesin secara rutin. Selain untuk mengganti oli, motor Beat perlu diperiksa kondisinya secara lebih menyeluruh. Mulai dari pengecekan busi, kualitas belt, fungsi kelistrikan, dan masih banyak lagi.

Ada baiknya rutin lakukan pengecekan mesin pada bengkel resmi Honda. Sebab mereka pasti lebih paham tentang mesin motor Beat dan bisa memberikan penanganan yang tepat jika terjadi hal yang salah.


5. Merawat Aki Dengan Baik

Merawat Aki Dengan Baik

Kinerja jenis motor matic seperti Beat sangat dipengaruhi oleh aki. Pasalnya aki sangat berperan dalam arus kelistrikan pada mesin motor matic. Banyak yang dirasakan pengguna motor Beat ketika aki dalam masalah. Misalnya lampu yang tiba-tiba mati, atau starter electric yang tidak bisa digunakan.

Maka jangan sampai melewatkan untuk mengganti aki motor. Usahakan untuk menggantinya sekitar 7 hingga 8 bulan sejak penggantian terakhir.


  6+ Cara Membersihkan Blok Mesin Motor & Merawat Supaya Bisa Awet

6. Gunakan Bensin Berkualitas

Gunakan Bensin Berkualitas

Bahan bakar seperti bensin ternyata juga sangat berpengaruh pada performa mesin motor Beat. Maka upayakan untuk menggunakan bahan bakar yang berkualitas. Misalnya tidak membelinya pada oknum-oknum yang kurang terpercaya. Pasalnya ditakutkan bahan bakar tersebut sudah dicampur dengan bahan lain, yang kemungkinan dapat merusak mesin.


7. Melakukan Service Rutin Di Bengkel Terpercaya

Melakukan Service Rutin Di Bengkel Terpercaya

Terakhir jangan lupa untuk rutin membawa motor Beat untuk service berkala. Ada baiknya untuk melakukan service pada bengkel resmi Honda saja. Tanyakan pada mereka apa perlu ganti v belt atau roller, kepentingan setting ulang, perlukah ganti karburator dan lain sebagainya.

Mengapa sebaiknya pada bengkel resmi? Karena jika seandainya harus dilakukan penggantian suku cadang, maka barangnya sudah pasti asli. Pemakaian suku cadang asli akan membuat performa mesin motor Beat menjadi lebih prima.

Itu tadi beberapa cara merawat motor Beat yang bisa diketahui. Beat memang termasuk paling digemari karena memiliki performa mesin yang berkualitas. Namun, performa tersebut harus dijaga dengan tetap melakukan perawatan. Lakukan langkah-langkah perawatan motor Beat seperti yang sudah dijelaskan di atas untuk menjaga mesin tetap awet dan prima.

Cara Merawat Motor Beat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.