5+ Cara Merawat Mobil Matic dan Cara Merawat Supaya Bisa Awet

CARA MERAWAT MOBIL MATIC

Saat ini mobil matic diketahui lebih banyak digemari. Terutama oleh para pemula, mobil matic dianggap memberikan kemudahan dalam berkendara. Pasalnya pada mobil matic sudah dilengkapi dengan transmisi otomatis sehingga begitu mudah dijalankan. Ditambah lagi cara merawat mobil matic sebenarnya juga tidak terlalu rumit.

Maka semestinya tidak susah untuk menjaga mobil matic untuk tetap dalam kondisi prima. Namun sebagian orang menilai biaya perbaikan mobil matic lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual. Inilah mengapa sangat penting untuk merawat mobil matic supaya tidak perlu dilakukan perbaikan. Simak bagaimana cara merawat mobil matic di bawah ini.


1. Usahakan Memanaskan Mobil Sesering Mungkin

Usahakan Memanaskan Mobil Sesering Mungkin

Jika ingin mobil tetap terawat, usahakan untuk memanaskan mobil sesering mungkin. Ada beberapa manfaat memanaskan mobil matic. Seperti menjaga supaya mesin mobil tidak mudah terganggu, lalu untuk menyesuaikan suhu udara pada mesin. Selain itu memanaskan mobil pun sangat berguna untuk memberikan sirkulasi oli secara merata pada seluruh bagian mesin.

Jangan lupa panaskan mobil dengan cara yang tepat. Memanaskan mobil tidak dianjurkan dalam jangka waktu yang lama. Cukup 2 hingga 3 menit saja dengan posisi AC mati. Jika terlalu lama malah akan membuang-buang bahan bakar dengan percuma.


2. Gunakan Persneling Dengan Tepat

Gunakan Persneling Dengan Tepat

Selanjutnya pastikan untuk menggunakan persneling mobil dengan tepat. Penggunaan persneling yang tepat setidaknya bisa menjamin keawetan kinerja mobil matic itu sendiri. Misalnya saat berada dalam kondisi macet, usahakan jangan pindahkan ke posisi “P” atau parking. Jika ini dilakukan maka bukan tidak mungkin persneling akan cepat rusak.

Sebaiknya pindahkan posisi persneling dalam posisi “N” atau netral saat kebetulan berada di kemacetan. Lalu ketika akan parkir, masih banyak orang yang masih membiarkan gigi pada posisi “D” atau drive lalu langsung mematikan mesin. Jangan sekali-kali hal-hal tersebut jika tidak ingin kinerja persneling terus menurun.

Baca Juga: Motor Matic Tiba Tiba Mati


3. Lakukan Servis Tepat Waktu

Lakukan Servis Tepat Waktu

Sebenarnya tidak hanya mobil matic saja, semua jenis mobil perlu dilakukan servis secara berkala. Membawa mobil untuk diservis sudah menjadi hal wajib yang harus dilakukan pemilik mobil. Dengan melakukan servis secara berkala, setidaknya dapat menjaga kondisi mobil supaya tetap prima.

Selain itu servis juga bisa memastikan jika mesin dalam keadaan baik dan tidak ada masalah. Bawa mobil untuk diservis sesuai arahan buku panduan. Pada umumnya buku panduan ini diberikan saat mobil pertama kali dibeli.

Baca Juga: Penyebab Busi Motor Hitam Dan Basah


4. Selalu Perhatikan Kinerja Mobil

Selalu Perhatikan Kinerja Mobil

Pemilik mobil matic pun harus teliti memperhatikan bagaimana kinerja mobilnya. Ketika mobil mulai menunjukkan penurunan kinerja pasti memperlihatkan tanda-tanda tertentu. Misalnya terjadi hentakan ketika pindah gigi, mobil terasa bergoyang saat dipakai berkendara kecepatan tinggi, dan masih banyak lagi.

  Ukuran Ban Motor Standar Kepolisian : Tips Ulasan Lengkap – Manjakan

Jika merasa sudah ada tanda-tanda di atas, ada baiknya mobil segera dibawa ke bengkel untuk diperbaiki. Jangan sampai ditunda-tunda, lalu makin parah sehingga biaya perbaikannya pun tambah mahal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Baret Mobil


5. Ganti Oli Secara Teratur

Ganti Oli Secara Teratur

Jangan lupa untuk melakukan penggantian oli secara teratur. Mengingat peran oli cukup diperlukan mobil matic. Seperti sebagai pelumas mesin, sehingga tidak mudah terjadi gesekan. Oli juga berfungsi sebagai pembersih kotoran yang kemungkinan masuk pada mesin. Selain itu oli juga berperan dalam pendinginan mesin mobil serta mencegah adanya karat.

Oli mesti diganti setidaknya ketika mobil sudah berjalan sekitar 25.000 hingga 50.000 km. Seandainya mobil pernah terkenal banjir pun, ada baiknya juga segera ganti oli. Oli yang dipakai untuk mengganti juga harus disesuaikan dengan tipe dan kebutuhan mobil itu sendiri.

Itu tadi bagaimana cara merawat mobil matic. Cukup sederhana bukan merawat mobil matic? Pada dasarnya perawatan mobil matic justru tidak mahal sama sekali. Jadi sebaiknya jangan mengabaikan perawatan seperti yang sudah dijelaskan pada point-point diatas jika tidak mau mobil matic yang dimiliki cepat rusak dan memerlukan biaya perbaikan yang mahal.

Cara Merawat Mobil Matic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *