5+ Cara Merawat Aki Mobil dan Cara Merawat Supaya Bisa Lebih Awet

CARA MERAWAT AKI MOBIL

Cara Merawat Aki Mobil  – Setiap mobil memiliki komponen-komponen penting di dalamnya, salah satunya yaitu aki mobil. Agar mobil tetap terjaga, maka perlu merawat aki mobil dengan baik. Tak perlu mengeluarkan biaya yang besar, sebab ada beberapa cara merawat aki mobil tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun. Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan dimana saja.

Perawatan aki mobil harus rutin dilakukan terutama untuk yang sering menggunakan mobil. Namun, untuk yang jarang menggunakan, bukan berarti bisa abai begitu saja. Aki mobil harus selalu dicek, agar mobil tak cepat rusak dan aman saat digunakan. Maka dari itu, inilah beberapa cara untuk merawat aki mobil agar tetap awet.


1. Rajin Memanasi Mobil

Rajin Memanasi Mobil

Sudah jadi hal lumrah memanasi mobil ketika ingin digunakan. Namun, perlu digaris bawahi bahwa memanasi mobil tak hanya saat mobil ingin dibawa pergi saja. Mobil perlu dipanasi secara rutin, sebab jika mobil jarang dipanasi, maka akan berpengaruh pada kekuatan daya pada aki mobil.

Kekuatan daya pada aki mobil akan berkurang jika mobil hanya dipanasi sesekali saja, serta fungsinya pun akan hilang secara perlahan. Oleh sebab itu, meskipun mobil tidak dipakai pergi berhari-berhari atau dalam jangka waktu yang lama, tetap panasi mobil setiap hari. Maka dengan begitu, aki mobil akan menjadi awet dan tetap stabil kekuatan dayanya.


2. Gunakan Air Aki yang Tepat

Gunakan Air Aki Yang Tepat

Selain rajin memanasi mobil, cara merawat aki mobil selanjutnya yaitu dengan menggunakan air aki yang tepat. Sebelum memberikan air aki pada mobil, ada baiknya lebih hati-hati dalam memilih air aki dan ketahui fungsinya. Terdapat dua jenis air aki yang bisa menjadi pilihan, yaitu air aki dengan botol berwarna biru dan merah.

Jika air aki sudah kosong sebelumnya atau ingin mengisi air aki baru, maka pilihlah botol berwarna merah. Kemudian, jika ingin mengisi air aki yang telah berkurang, maka pilihlah botol yang berwarna biru. Jika salah mengisi air aki, maka akan berpengaruh pada aki mobil yang membuat kinerjanya menurun.


3. Selalu Cek Keadaan Aki Mobil

Selalu Cek Keadaan Aki Mobil

Melakukan pengecekan keadaan atau kondisi aki mobil secara rutin, maka akan jadi tahu perkembangan kondisi aki mobil. Saat ini sudah ada alat canggih yang bisa dipakai untuk mengecek kondisi aki mobil, yaitu Battery Load Tester. Alat ini berfungsi untuk mengetahui besarnya suatu indikator yang terdapat dalam aki mobil.

Kemudian ada cara lain untuk melakukan pengecekan aki mobil, yaitu dengan mengecek cairan jenis elektrolit untuk yang memakai aki jenis basa. Jika cairan sudah mulai habis, maka bisa lakukan pengisian ulang. Cara merawat aki mobil yang satu ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sehingga sangat mudah dan praktis untuk dilakukan.

  7+ Cara Mengoper Gigi Mobil Manual Supaya Aman dan Nyaman di Jalan

4. Periksa Pengisian Daya pada Bahan Bakar Mobil

Periksa Pengisian Daya Pada Bahan Bakar Mobil

Untuk merawat aki mobil, bisa lakukan hal ini juga, yaitu dengan rutin memeriksa pengisian daya pada bahan bakar mobil. Caranya yaitu dengan memperhatikan jumlah bahan bakar yang menyala saat sedang mengisi bensin. 

Jika bensin cepat habis padahal baru saja dibeli, maka artinya ada gangguan pada daya bahan bakar mobil. Tentunya hal ini berhubungan dengan aki mobil. Maka, segera lakukan tindakan dengan melepaskan bagian kutub negatif pada aki saat sedang dinyalakan.


5. Periksa Aki Mobil Bagian Terminal

Periksa Aki Mobil Bagian Terminal

Hal yang bisa dilakukan untuk merawat aki mobil yaitu dengan rajin memeriksa aki mobil bagian terminal. Fungsi terminal aki mobil ialah untuk menghubungkan kutub positif dan negatif. Jika memang keadaan terlihat kotor, maka segera lakukan pembersihan dengan menggunakan sikat gigi yang telah diberi air panas, lalu digosokkan.

Demikianlah 5 cara merawat aki mobil agar tetap awet dan tanpa biaya sama sekali. Aki mobil termasuk komponen mobil yang penting, sehingga harus selalu dijaga dan dirawat agar tak mudah rusak. Semoga ulasan tentang perawatan aki mobil ini bisa menjadi referensi.

Cara merawat aki mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.