7+ Cara Menjumper Aki Mobil Karena Tidak Bisa di Starter, Yuk Simak

CARA MENJUMPER AKI MOBIL

Mobil yang mogok seringkali membuat pemiliknya merasa kesal. Terlebih apabila saat sedang terburu-buru. Hal ini menyebabkan pemilik mobil perlu memanggil montir untuk memperbaiki mobilnya. Akan tetapi Apa yang akan terjadi apabila mobil mogok di tempat yang sepi dan jauh dari bengkel? Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan cara menjumper aki mobil. Bagaimana caranya? Berikut penjelasan lengkapnya.


Hal Yang Harus Dipersiapkan Ketika Akan Menjumper Aki Mobil

Sebelum melakukan jumper aki mobil guna mengatasi permasalahan mogok di tengah jalan, terlebih dahulu melakukan beberapa persiapan sebagai berikut:

  • Memastikan bahwa tuas transmisi berada pada posisi P jika mobil yang digunakan merupakan mobil berjenis transmisi otomatis.
  • Jika mobil menggunakan transmisi manual Letakkan posisi tuas pada posisi Netral.
  • Pastikan rem tangan maupun rem parkir mobil tetap aktif guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Matikan segala perangkat listrik yang terdapat pada mobil bila perlu cabut kunci mobil.
  • Lepaskan segala benda yang berada pada cigarette lighter seperti charger Ponsel atau perangkat penerima bluetooth. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan.
  • Amati posisi Aki dan letak posisi kutub positif maupun kutub negatif. 
  • Gunakan kabel jumper aki mobil dengan kualitas yang baik. 

Langkah-Langkah Menjumper Aki Mobil

Setelah mempersiapkan beberapa hal yang diperlukan untuk mencampur aki mobil, maka langkah selanjutnya adalah dengan memulai jumper aki mobil itu sendiri. Berikut adalah tahapannya:

1. Cek Penyebab Mobil Mogok

Cek Penyebab Mobil Mogok

Pastikan bahwa mobil yang dikendarai mogok dikarenakan aki yang rusak maupun soak. Biasanya antara mobil yang satu dengan yang lainnya memiliki penyebab aki soak yang berbeda-beda.

Untuk mengetahui apakah mobil mogok dikarenakan aki yang sudah rusak ataupun soak, cobalah untuk menyalakan lampu mobil. Jika cahaya lampu masih terang benderang maka aki masih dalam kondisi bagus. Sebaliknya apabila cahaya lampu tersebut mulai redup, maka dapat dipastikan bahwa aki tersebut sudah mulai soak atau rusak.

Baca Juga: Ciri Ciri Aki Motor Soak

2. Menggunakan Kabel Jumper Dengan Kualitas Baik

Menggunakan Kabel Jumper Dengan Kualitas Baik

Setelah mengetahui dengan pasti Apa penyebab mobil mogok dan hal tersebut adalah karena aki yang rusak, maka dapat dilakukan jumper pada aki mobil. Dari kesalahan pastikan bahwa kabel yang digunakan untuk jumper aki ukuran dengan diameter minimal 10 mm agar tidak Terbakar pada saat melakukan jumper.

3. Sediakan Aki Mobil Yang Masih Dalam Kondisi Bagus

Sediakan Aki Mobil Yang Masih Dalam Kondisi Bagus

Dalam proses menjumper aki diperlukan 1 buah aki yang masih dalam kondisi baik dan dapat digunakan. Pemilik mobil dapat menggunakan aki dari mobil lain maupun yang kualitasnya masih bagus.

Baca Juga: Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

4. Hubungkan Aki Yang Bagus Ke Aki Mobil Mogok

Hubungkan Aki Yang Bagus Ke Aki Mobil Mogok

Setelah semua peralatan yang dibutuhkan telah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah dengan atau mendekatkan aki ke mobil yang mogok. Bukalah kedua kap mobil pada posisi saling berhadapan sebab biasanya kabel yang dijual di pasaran tidak begitu panjang.

  5+ Cara Menghilangkan Karat Pada Motor & Cara Merawat Supaya Awet

5. Menghubungkan Kedua Kutub Aki Menggunakan Kabel Jumper

Menghubungkan Kedua Kutub Aki Menggunakan Kabel Jumper

Pada saat melakukan proses ini pastikan untuk menggunakan sarung tangan yang berfungsi sebagai isolator guna menghindari rasa panas yang ditimbulkan dari percikkan api pada saat menghubungkan aki dengan kabel jumper.

Hubungkan kutub positif pada aki menggunakan kabel jumper yang berwarna merah. Dan hubungkan kabel jumper berwarna hitam pada kutub negatif. Capit masing-masing kutub aki dengan kencang.

Baca Juga: Cara Merawat Aki Mobil

6. Diamkan Beberapa Saat

Diamkan Beberapa Saat

Memperoleh hasil yang maksimal, tunggulah beberapa saat setelah melakukan jumper aki. Hal ini bertujuan agar kondisi setrum yang terdapat pada aki sudah benar-benar habis.

7. Nyalakan Mesin Mobil Yang Mogok

Nyalakan Mesin Mobil Yang Mogok

Apabila daya setrum pada aki dirasa sudah habis, selanjutnya cobalah untuk menyalakan mesin mobil. Lakukan dengan perlahan dan jangan terburu-buru. Kemudian Tunggu selama 1 hingga 2 menit mesin sudah normal kembali. Dan kabel jumper dapat dilepas.

Apabila setelah melakukan 7 langkah diatas namun mobil masih mogok, maka Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan membawa mobil tersebut ke bengkel.

Dengan mengetahui cara jumper aki mobil di atas, maka apabila mobil mogok dapat diperbaiki sendiri. Namun jika ternyata mobil mogok disebabkan karena adanya kerusakan pada mesin, maka mobil harus dibawa ke bengkel untuk dicek secara keseluruhan.

Nah itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk jumper aki mobil. Semoga dapat dipahami dan juga bermanfaat ya!

Cara menjumper aki mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *