Cara Menjalankan Mobil Matic

1 min read

Cara menjalankan mobil matic

Cara Menjalankan Mobil Matic – Mengemudikan mobil untuk pertama kali dapat menjadi pengalaman yang menegangkan. Takut akan terjadinya kesalahan dengan akibat yang fatal merupakan faktor utama yang menjadi penyebab grogi pada saat mengemudikan mobil.

Para pemula kebanyakan memilih mobil matic untuk menjadi kendaraan pribadi. Sebab mobil matic tergolong mudah untuk dioperasikan karena hanya terdiri dari dua pedal yaitu rem dan gas. Bagaimana cara menjalankan mobil matic untuk pemula? Berikut informasi selengkapnya.


1. Berusaha Agar Tetap Fokus

Berusaha Agar Tetap Fokus

Meskipun pengoperasian mobil matic tergolong mudah, namun faktanya di lapangan tidak sedikit pengemudi yang belum paham Bagaimana cara menjalankan mobil matic dengan benar. Terlebih bagi pengemudi yang sudah terbiasa dengan mobil manual.

Terkadang ada pengemudi yang gas menggunakan kaki kanan sementara rem malah ditekan menggunakan kaki kiri. Kesalahan ini dapat berdampak kepada rusaknya transmisi. Seperti inilah fokus sangat dibutuhkan ketika mengemudikan mobil. Selain itu pada saat di jalanan banyak sekali mobil dan juga pengguna jalan lainnya sehingga dibutuhkan fokus.

Sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan gawai pada saat sedang mengemudi. Dan jangan lupa untuk tetap memperhatikan spion di sebelah kiri maupun kanan guna mengawasi keadaan di sekitar.


2. Hafalkan Urutan Serta Letak Tuas Transmisi

Hafalkan Urutan Serta Letak Tuas Transmisi

Secara umum, mobil matic memiliki tuas yang berisikan kombinasi antara angka dan huruf, yaitu p – r – n – d – 2 – l maupun p- r – n – d – m (+/-). Adapun cara mengoperasikannya sebagai berikut:

  • Gunakan D ketika berkendara pada kecepatan normal google jalur yang sepi atau tidak macet.
  • Pindahkan tuas transmisi pada posisi Netral atau N saat kendaraan berada pada jalanan yang macet maupun Saat tengah berhenti selama 10 hingga 20 detik.
  • Guna menghindari mobil berjalan dengan sendirinya apa untuk menginjak rem sebelum memindahkan tuas pada posisi D.
  • Pindahkan tuas pada posisi l atau 2 saat tengah berada di jalanan dengan banyak tanjakan.
  • Umumnya beberapa mobil matic dilengkapi tombol kecil dengan tulisan hold. Tombol ini berfungsi untuk mengunci posisi gigi. Tombol ini hanya dapat dioperasikan pada saat tuas Berada di posisi D kemudian mengunci pada gigi 2 dan 3. Selain itu tombol hal ini juga dapat menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan.

Hindari menginjak gas dan rem secara bersamaan agar tidak terjadi kerusakan pada transmisi matic. Ikan kaki berdasarkan fungsi dan juga tugasnya pada saat mengemudikan mobil agar terhindar dari resiko bahaya baik bagi diri sendiri maupun orang lain.


3. Pelajari Seluruh Fitur-Fitur Mobil

Pelajari Seluruh Fitur Fitur Mobil

Selain harus menghafalkan dan perpindahan dari tuas transmisi, pengemudi juga harus mempelajari di mana saja letak fitur fitur penting pada mobil. Fitur ini mencakup klakson, tombol lampu sign, dan lain-lain. Hal yang tak kalah penting adalah hafalkan Bagaimana cara mengoperasikan fitur-fitur tersebut.


4. Seringlah Berlatih

Seringlah Berlatih

Setelah berhasil menghafalkan fitur mobil dan juga cara mengemudikan mobil selanjutnya adalah terus berlatih agar semakin lancar. Mengemudikan mobil berbanding lurus dengan pengalaman, semakin sering berlatih mengemudi maka akan semakin lancar. Selain itu dengan berlatih juga dapat membiasakan tangan dalam memegang setir, melewati tikungan, menyeberang jalan, menyalip kendaraan lain, hingga memarkirkan kendaraan.


5. Tidak Perlu Panik

Tidak Perlu Panik

Umumnya pengemudi pemula akan mengalami kesulitan Saat tengah berada di jalanan kemudian berpapasan dengan truk atau mobil besar tak jarang menimbulkan perasaan seperti khawatir cemas bahkan panik. Namun bersikap panik tidak akan menyelesaikan masalah. Berusahalah untuk tetap tenang, kecepatan kendaraan dan pertahankan konsentrasi.

Nah itulah tadi 5 cara menjalankan mobil matic untuk pemula. Jadilah pengemudi yang bijak dengan menaati rambu lalu lintas, keselamatan, dan juga surat-surat kendaraan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cara menjalankan mobil matic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *