Cara Mengoper Gigi Mobil Manual

1 min read

Cara Mengoper Gigi Mobil Manual

Beberapa orang masih ada yang menggunakan mobil manual. Untuk mengendarainya pun diperlukan teknik khusus karena tidak seperti mobil matic yang hanya menekan tombol. Hal terpenting yakni saat mengoperasikan gigi pada tuas transmisi. Cara mengoper gigi mobil manual pun harus sangat diperhatikan untuk keselamatan berkendara.

Untuk orang yang sudah terbiasa mengendarai mobil, maka tentunya sudah hafal untuk mengoperasikan tuas transmisi. Namun, bagi para pemula harus benar-benar dipelajari agar lancar saat mengendarai mobil. Berikut cara-cara yang bisa diikuti pemula untuk belajar dengan benar.


1. Memposisikan Transmisi Pada Keadaan Netral

Memposisikan Transmisi Pada Keadaan Netral

Tahap paling awal yaitu memposisikan mobil pada keadaan netral. Keadaan ini maksudnya mobil berhenti atau posisi kosong. Saat berhenti, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah menginjak rem agar mobil tidak berjalan sendiri saat berhenti. Untuk memposisikan netral, maka tuas transmisi harus diarahkan ke tengah. Jangan sampai keliru karena setiap arah memiliki fungsi yang berbeda.


2. Masukkan Gigi Pada Transmisi Nomor 1

Masukkan Gigi Pada Transmisi Nomor 1

Setelah kendaraan pada kondisi netral, cara mengoper gigi mobil manual yang selanjutnya adalah dengan memasukkannya pada transmisi tuas nomor satu. Pada saat akan melakukan pengoperan, maka injaklah pedal kopling di bagian bawah. Setelah menginjak, arahkan tuas pada gigi nomor satu, yaitu dengan cara menekannya ke kiri lalu mengarahkan ke depan. Jika tuas sudah di posisi depan, maka sudah pada gigi nomor satu.


3. Berpindah ke Gigi Transmisi Nomor 2

Berpindah Ke Gigi Transmisi Nomor 2

Pada tahap ini memindah kembali posisi gigi pada nomor dua. Pada cara sebelumnya disebutkan bahwa gigi nomor satu letaknya ke kiri lalu ke depan. Namun untuk nomor dua sedikit berbeda, pada nomor ini berkebalikan dengan yang sebelumnya. Untuk mengarahkannya cukup menekan tuas transmisi ke arah kiri lalu menariknya ke arah belakang. Pastikan tarik sampai ujung dan penuh agar bisa berfungsi maksimal.


4. Mengganti ke Posisi Gigi Nomor 3

Mengganti Ke Posisi Gigi Nomor 3

Gantilah kembali untuk mengoper dari posisi gigi nomor dua ke nomor tiga. Saat nomor dua, posisi tuas transmisi di bagian kiri belakang. Untuk mengalihkan ke nomor tiga, maka tekan tuas lalu tarik ke arah tengah dan ke depan. Jadi, pada posisi gigi nomor tiga letaknya di bagian tengah depan. Pastikan saat mengarahkannya benar-benar di posisi tengah.


5. Tarik Tuas Untuk ke Gigi 4

Tarik Tuas Untuk Ke Gigi 4

Untuk menuju nomor gigi selanjutnya yakni nomor 4, caranya cukup mudah dibandingkan yang sebelum-sebelumnya. Dalam memposisikannya hanya menarik tuas ke belakang sampai penuh. Awalnya dari gigi nomor tiga pada bagian tengah depan lalu tarik tuas ke belakang. Tariklah sampai terasa terpentok bagian belakang.


6. Pindahkan Posisi Gigi 4 ke 5

Pindahkan Posisi Gigi 4 Ke 5

Posisi terakhir yaitu pada tuas gigi nomor 4. Untuk mengoper ke nomor lima, geserlah tuas ke arah kanan. Setelah benar-benar menyentuh bagian kanan, maka dorong tuas tersebut menuju ke depan. Dengan demikian, letak gigi nomor lima adalah kanan depan. Gigi nomor lima letaknya di depan seperti nomor satu tetapi berbeda dalam hal arah kiri dan kanan.


7. Memosisikan Tuas Untuk Maju dan Mundur

Memosisikan Tuas Untuk Maju Dan Mundur

Tahap terakhir yaitu memosisikan maju mundur. Hal ini digunakan saat akan memarkirkan mobil. Arahkanlah ke kanan belakang untuk posisi mundur. Sedangkan untuk posisi maju, arahkan tuas ke depan, lalu injak gas untuk membuat mobil berjalan.

Demikian urutan cara mengoper gigi mobil manual yang harus diperhatikan. Ikuti dengan benar langkah-langkah di atas agar mampu mengoperasikannya. Selain itu, perhatikan juga keselamatan saat berkendara, tetap fokus dan jangan terganggu dengan hal-hal yang lain.

Cara Mengoper Gigi Mobil Manual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *