5+ Cara Mengkilapkan Mesin Motor Supaya Bisa Awet dan Tahan Lama

CARA MENGKILAPKAN MESIN MOTOR

Mesin motor merupakan salah satu komponen penting yang ada pada motor. Namun, mesin motor bisa kotor dan berkarat jika tidak dibersihkan dan dirawat. Kotoran yang menempel pada mesin motor bisa sangat mengganggu, tak enak dipandang. Namun, jangan khawatir, sebab ada banyak cara mengkilapkan mesin motor agar terlihat seperti baru lagi.

Membersihkan mesin motor agar terlihat mengkilap bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Hal ini bisa terjadi karena caranya yang mudah, praktis, dan tak memerlukan biaya yang banyak. Jangan terlalu panik jika noda atau kotorannya sulit dihilangkan. Sebab, beberapa cara ini bisa digunakan untuk mengkilapkan mesin motor dengan mudah dan cepat.


1. Mempersiapkan Alat Pembersih

Mempersiapkan Alat Pembersih

Sebelum membersihkan mesin motor, tentunya sangat dibutuhkan alat-alat penunjang untuk membersihkan mesin motor. Namun, jangan khawatir, alat yang dibutuhkan pun tak mahal, karena biasanya sudah tersedia di setiap rumah. 

Alat yang bisa digunakan untuk membersihkan mesin motor ialah lap kanebo, sikat gigi, sikat, lap microfiber, busa, wadah seperti ember. Jika semua alat sudah disiapkan, maka eksekusi siap dilakukan.


2. Pakai Cairan untuk Membersihkan Piring

Pakai Cairan Untuk Membersihkan Piring

Cairan yang bisa dipakai untuk mengkilapkan mesin motor yaitu cairan untuk membersihkan piring. Campurkan air dengan cairan untuk membersihkan piring. Lalu, cairan tersebut digosokkan ke mesin motor dengan menggunakan lap. 

Untuk menjangkau bagian-bagian kecil pada mesin motor, bisa gunakan sikat gigi yang sudah disiapkan tadi. Lalu, dibilas kembali dengan air bersih. Jika dilakukan secara teratur, maka mesin motor dijamin akan mengkilap dan tak berkarat.


3. Melakukan Amplas pada Mesin Motor

Melakukan Amplas Pada Mesin Motor

Cara mengkilapkan mesin motor selanjutnya yaitu dengan melakukan amplas pada mesin motor. Sebelum melakukan amplas, perhatikan terlebih dahulu karat yang ada di mesin motor. Jika kadarnya masih sedikit, pakai amplas yang halus. Namun, jika karatnya terlihat tebal, maka pakai amplas yang kasar. 

Jika tak melakukan amplas pada bagian mesin, akan membuat mesin mengalami kerusakan dan terlihat kotor. Dengan melakukan amplas pada mesin motor, akan membuat mesin motor terlihat mengkilap dan bersih.


4. Lakukan Cat Ulang pada Mesin Motor

Lakukan Cat Ulang Pada Mesin Motor

Melakukan cat ulang merupakan cara yang sangat amat praktis untuk membuat mesin motor terlihat mengkilap. Hanya dengan melakukan cat ulang, motor akan kembali mengkilap dalam waktu sekejap saja. Cucilah motor terlebih dahulu sebelum melakukan cat ulang, agar hasilnya lebih maksimal. Namun, perlu hati-hati, jangan sampai cairan cat masuk ke dalam permukaan pada mesin motor. Maka dari itu, pakai kertas untuk cat lalu ditutup sampai rapat. Sebab, jika cairan masuk ke dalam permukaan, akan menimbulkan dampak negatif. 

Kemudian, jangan sampai salah juga dalam memilih jenis cat yang akan digunakan. Untuk cat pada mesin motor, perlu menggunakan cat jenis tahan panas yang memang khusus untuk digunakan pada mesin motor. Serta jangan lupa untuk membersihkan karat yang ada terlebih dahulu, agar hasilnya lebih mengkilap.

  7+ Cara Menjumper Aki Mobil Karena Tidak Bisa di Starter, Yuk Simak

5. Menggunakan Metal Polish

Menggunakan Metal Polish

Cara mengkilapkan mesin motor yang terakhir adalah dengan memakai Metal Polish. Cairan metal polish ini berfungsi untuk mengkilapkan mesin motor dan terlihat seperti baru lagi. Dengan menggunakan cairan ini, akan dijamin mesin motor tak kan terlihat kotor dan kusam sama sekali.

Cara membersihkannya pun cukup mudah, hanya dengan disemprot pada bagian mesin motor, lalu di lap dengan kain atau lap microfiber. Tanpa menunggu waktu lama, mesin motor akan terlihat mengkilap dalam sekejap. 

Demikianlah 5 cara mengkilapkan mesin motor dengan cepat tanpa perlu biaya yang mahal. Menjaga kebersihan mesin motor merupakan hal utama, agar motor tetap terlihat bagus dan meminimalisir kerusakan. Semoga ulasan tentang mengkilapkan mesin motor ini bisa menjadi referensi.

Cara mengkilapkan mesin motor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.