7 Bagaimana Cara Mengkilapkan Body Motor Agar Terlihat Keren Terus

CARA MENGKILAPKAN BODY MOTOR

Sebagian besar orang memiliki kendaraan bermotor, salah satunya motor. Banyak cara dilakukan untuk membuat kendaraan tersebut semakin menarik. Salah satunya dengan cara mengkilapkan body motor. Caranya pun cukup mudah dilakukan karena bahannya mudah untuk didapatkan.

Mengkilapkan body motor dilakukan agar tidak terlihat kusam atau kotor. Pemilik pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Bahkan bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah sekaligus. Berikut beberapa cara yang bisa dijadikan rekomendasi untuk mengkilapkan body motor :


1. Jauhkan dari Lokasi yang Terkena Sinar Matahari

Jauhkan Dari Lokasi Yang Terkena Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang terus menerus bisa merusak bahan dari motor. Oleh karena itu, sebaiknya tempatkan motor pada ruangan tertutup atau setidaknya tidak terkena sinar matahari secara langsung. Biasanya diletakkan pada garasi rumah. Jika tidak ada garasi, maka bisa meletakkannya di luar tetapi harus ditutupi dengan kain. Dengan demikian, body motor tersebut akan tetap mengkilap dan terjaga kebersihannya.


2. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Banyak yang masih tidak tahu tentang kegunaan minyak kayu putih untuk mengkilapkan motor. Minyak ini bisa dijadikan alternatif tersendiri jika tidak mempunyai bahan yang lain. Cara mengkilapkan body motor dengan minyak kayu putih sangat mudah yakni cukup mengoleskannya saja pada motor. Setelah itu, usap menggunakan tisu atau kain bersih. Untuk mengelapnya lakukan berkali-kali agar semakin terlihat mengkilap.  


3. Hindari Pemakaian Deterjen

Hindari Pemakaian Deterjen

Biasanya orang mencuci motor menggosoknya menggunakan deterjen. Namun, untuk mengkilapkan body motor hal ini perlu dihindari. Partikel-partikel deterjen akan merusak bahan body tersebut jika digosokkan. Selain itu, efek panas dari deterjen juga bisa merusak. Sebaiknya gunakan sabun atau cairan khusus untuk mencuci motor agar aman saat diaplikasikan. Sabun ini mudah ditemukan, biasanya dijual pada toko khusus untuk otomotif.


4. Menggunakan Minyak Goreng

Menggunakan Minyak Goreng

Pada umumnya minyak goreng identik dengan hal-hal memasak. Namun, minyak ini juga bisa digunakan untuk mengkilapkan motor. Jika memiliki banyak persediaan minyak goreng di rumah, sebaiknya manfaatkanlah untuk keperluan ini. Caranya juga mudah, hanya mengoleskan minyak goreng ke bagian yang akan dikilapkan. Selanjutnya usap menggunakan kain sampai terlihat bersih dan mengkilap.


5. Mengaplikasikan Beeswax

Mengaplikasikan Beeswax

Beeswax sudah banyak menyebar di pasaran, khususnya terkenal di bidang otomotif. Barang ini sangat ampuh untuk fungsi pengkilapan body motor. Beeswax banyak dicari karena manfaatnya banyak sekali. Manfaat untuk motor adalah bisa menjaga warna asli body motor sehingga bisa tahan lama. Selain itu, bisa juga membuatnya menjadi halus dan warnanya tidak mudah mengelupas. Biasanya produk perawatan untuk motor sudah banyak yang dilengkapi dengan beeswax


6. Menggunakan Cairan Poles

Menggunakan Cairan Poles

Cairan khusus untuk mengkilapkan motor yakni cairan poles, bisa dibeli pada toko perlengkapan otomotif. Oleskan cairan tersebut ke bagian yang terdapat goresan, lalu gosok dengan cara memutar. Untuk menggosoknya bisa menggunakan serbet atau tisu bersih. Lakukan penggosokan secara memutar. Selanjutnya, periksalah apakah bagian tadi sudah bersih dari goresan atau belum.

  Daftar Merek Mobil dan Asal Negaranya yang Paling Laris

7. Rajin Mencuci Motor

Rajin Mencuci Motor

Kunci utama agar motor terlihat mengkilap adalah rajin untuk mencucinya. Terlebih lagi saat cuaca penghujan, motor rentan sekali kotor. Maka dari itu, perlu segera untuk mencucinya agar kotoran tidak terlalu lama menempel. Usahakan mencuci motor setiap bulan. Pada saat musim hujan, cucilah dua minggu sekali jika motor sering dipakai.

Itulah tujuh cara mengkilapkan body motor yang bisa dicoba dari sekarang. Pilihlah metode yang dirasa paling mudah dan ampuh saat diterapkan. Ikutilah saran yang tertera pada cara di atas agar hasil semakin bagus dan maksimal.

Cara Mengkilapkan Body Motor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.