Cara Mengisi Freon AC Mobil

2 min read

Cara Mengisi Freon AC Mobil

Cara Mengisi Freon AC Mobil  – Freon adalah suatu gas khusus yang memiliki suhu normal yaitu dingin dan mampu mencapai angka 0° Celcius. Disamping itu freon ternyata juga memiliki ketahanan yang baik terhadap radiasi panas.

Hal ini disebabkan oleh sirkulasi AC pada mobil akan melewati bagian mesin sementara seperti yang diketahui mesin merupakan sumber panas pada mobil. Lalu bagaimana cara mengisi freon AC mobil? Simak penjelasannya berikut ini!


Tahapan Mengisi Freon AC Mobil

Proses pengisian freon dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun bagi orang yang belum berpengalaman, proses pengisian freon tergolong gampang-gampang susah. Sebelum memulai mengisi freon, terdapat 3 hal yang harus dilakukan, yaitu:

1. Kosongkan Freon

Kosongkan Freon

Sebagai Langkah pertama dalam proses pengisian freon AC mobil yakni mengosongkan freon terlebih dahulu. Langkah ini sangat mudah yaitu hanya perlu memasang manometer gauge yang terdapat pada saluran yang sesuai. 

Untuk selang dengan tekanan rendah terdapat pada port l atau S kompresor AC sementara untuk selang tekanan tinggi terdapat pada port atau D kompresor AC. Kemudian langkah selanjutnya adalah dengan membuka salah satu kran tekanan rendah maupun tinggi yang terdapat pada manometer sehingga freon dapat keluar ke udara melalui selang tengah pada manometer gauge. 

Tunggu hingga freon habis. Hal ini ditandai dengan kedua manometer menunjukkan angka nol maupun suara berdesis pada selang Tengah sudah hilang.

 2. Vakum AC

Vakum AC

Langkah kedua yang dapat dilakukan pada saat mengisi freon AC yakni pemvakuman guna menghilangkan uap air yang masih tersisa pada AC. Proses ini harus dilakukan setiap akan mengganti freon AC. Lakukan proses ini selama 15 menit hingga menunjukkan angka minus 20 PSI. 

Gunakan pompa vakum juga manifold gauge maupun manometer tekanan pada keran bertekanan tinggi dan rendah. Udara, uap, air dikeluarkan dari dalam oleh pompa vakum.

3. Pelumasan AC

Pelumasan AC

Guna menjaga kondisi kompresor AC sehingga tidak terjadi kerusakan maka kompresor perlu diberi pelumas. Tuang oli untuk pelumas kompresor AC sebanyak 5 sampai 10 cc. Kemudian letakkan selang manifold gauge yang merupakan penghubung pompa vakum ke dalam gelas ukur yang sudah diisi oli pelumas. 

Setelah pelumas masuk segera Tutup kembali kran tekanan rendah. Kemudian segera keluarkan udara yang masih terdapat pada selang Tengah dengan cara menekan knob yang terdapat pada tengah manifold gauge


Cara Pengisian Freon AC Mobil

Terdapat setidaknya dua cara dalam pengisian freon AC mobil. Cara pertama yaitu mengisi freon dengan saluran tekanan tinggi. Cara kedua mengisi freon dengan tekanan saluran rendah. Berikut adalah penjelasannya.

1. Pengisian Freon Pada Saluran Tekanan Tinggi

Pengisian Freon Pada Saluran Tekanan Tinggi

Pengisian freon pada saluran tekanan tinggi disarankan kepada pekerja yang belum terlalu mahir melakukan pengisian freon. Hal ini disebabkan karena selama proses pengisian kompresor tidak bekerja menekan zat pendingin dalam bentuk cair. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Panaskan freon menggunakan alat pengisian khusus guna meninggikan tekanan freon yang terdapat pada tabung gas. 
  • Pastikan kondisi mesin dan AC dalam posisi off.
  • Perhatikan Apakah manifold gauge sudah terpasang secara benar.
  • Tutup keran dengan tekanan rendah dan buka keran dengan tekanan tinggi.
  • Balik posisi tabung freon agar zat yang masuk ke dalam adalah freon cair.
  • Kemudian Isilah freon hingga penuh

2. Pengisian Freon Dengan Saluran Tekanan Rendah

Pengisian Freon Dengan Saluran Tekanan Rendah

Apabila pengisian freon dengan tekanan tinggi lebih disarankan untuk terlalu mahir maka pengisian freon dengan saluran tekanan rendah hanya dapat dilakukan oleh orang yang sudah Mahir saja. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Pastikan mesin dalam posisi menyala pada putaran 2000 hingga 3000 RPM dan juga AC menyala pada temperatur maksimal
  • Lakukan pengisian pada saluran hisap kompresor AC.
  • Pastikan bahwa manifold gauge sudah terpasang secara benar.
  • Buka kran tabung freon sementara kran saluran tekanan tinggi ditutup dengan rapat.
  • Buka kran saluran tekanan rendah secara perlahan agar freon yang masuk berupa gas.
  • Jangan membalik tabung freon agar kompresor tidak cepat rusak.
  • Apabila jarum penunjuk pada manometer gauge tekanan rendah sudah menunjukkan angka 1,5 hingga 2 bar dan saluran tekanan tinggi sudah menunjukkan angka 14,5 hingga 15 bar maka freon sudah terisi secara penuh.
  • Pastikan bahwa tidak ada kebocoran pada sistem AC dengan memakai alat AC leak Detector.

Itulah tadi beberapa cara mengisi freon AC mobil yang dapat dilakukan. Pengisian freon dapat dilakukan sendiri di rumah. namun untuk menghindari kesalahan pengisian freon juga dapat dilakukan di bengkel dengan tarif sekitar Rp200.000. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Cara Mengisi Freon AC Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *