Cara Menghitamkan Ban Motor

1 min read

Cara Menghitamkan Ban Motor

Hampir semua pemilik motor menginginkan tampilan ban motor yang bersih dan kinclong. Oleh sebab itu banyak pengguna kendaraan bermotor yang memilih mencuci kendaraan di tempat tukang cuci motor.

Akan tetapi seringkali terdapat satu bagian motor yang masih terlihat kusam meskipun sudah dicuci dengan bersih, bagian tersebut adalah ban motor. Nah bagaimana cara menghitamkan ban motor agar selalu terlihat bersih dan kinclong? Simak ulasannya berikut ini.


1. Menggunakan Semir Ban

Menggunakan Semir Ban

Menghitamkan ban motor yang pertama dan paling mudah adalah menggunakan semir ban. Produk semir ban ini dapat ditemui di pasaran dengan berbagai merk. Selain itu terdapat dua opsi yakni dalam bentuk busa maupun cairan.

Semir ban dalam bentuk cairan merupakan pilihan yang paling banyak digunakan, semir ini dibuat dari bahan silikon cair yang dapat menjadikan ban lebih hitam dan juga mengkilap. Namun penggunaan semir ban tidak disarankan dalam jangka panjang sebab bahan silikon dapat merusak elastisitas ban.

Sebagai alternatif dapat menggunakan semir ban cair yang terbuat dari bahan bukan silikon melainkan unsur wax. Semir ini memang tidak sebagus semir berbahan silikon namun tidak memiliki pengaruh yang buruk pada performa ban motor.

Selanjutnya yaitu semir ban yang tersedia dalam bentuk busa dan dibuat menggunakan bahan utama yaitu aerosol. Bahan yang memiliki banyak fungsi ini juga dapat digunakan sebagai pembersih disamping fungsi utamanya yaitu untuk menghitamkan ban motor. Penggunaan semir ban berbahan aerosol ini tidak memerlukan air sehingga tidak perlu dibilas.


2. Menggunakan Silikon Cair

Menggunakan Silikon Cair

Sebagai alternatif pengganti semir ban silikon cair juga dapat digunakan untuk menghitamkan ban motor. Selain itu warna hitam pada ban motor juga dapat bertahan lebih lama. Dalam penggunaannya diperlukan campuran silikon cair dengan bahan yang lain salah satunya adalah terpentin. Adapun perbandingan antara silikon cair dengan terpentin sekitar 70:30. Sebelum menggunakan bahan ini pastikan bahwa ban motor sudah dicuci dengan bersih dan sudah dikeringkan.


3. Mencampurkan Bensin Dengan Cat Kayu

Mencampurkan Bensin Dengan Cat Kayu

Campurkan bensin dengan cat kayu berwarna hitam yang ditambah dengan cairan pengkilap. Campurkan dengan perbandingan 3:1:1. Kemudian diskon ban motor menggunakan air dan keringkan. Apabila permukaan ban sudah kering oleskan ketiga campuran bahan tadi pada permukaan ban.


4. Menggunakan Minyak Goreng

Menggunakan Minyak Goreng

Salah satu Bahan alternatif yang terbilang cukup murah untuk menghitamkan ban adalah minyak goreng. Hanya itu ternyata minyak goreng bekas yang telah terpakai untuk menggoreng juga dapat dioleskan pada permukaan ban guna membuat tampilan ban lebih hitam dan mengkilap.


5. Minuman Bersoda

Minuman Bersoda

Bersihkan permukaan ban yang ingin dihitamkan dengan air kemudian dilap sampai kering. Selanjutnya oleskan minuman bersoda pada permukaan ban. Hal ini dapat membuat tampilan ban lebih hitam dan kinclong.


6. Soda Kue

Soda Kue

Untuk menghitamkan ban selanjutnya adalah dengan memanfaatkan baking soda atau soda kue. Caranya cukup mudah yaitu campuran baking soda dengan air hingga berbentuk pasta dan oleskan pada permukaan ban selanjutnya tunggu hingga kering.

Apabila pasta pada permukaan ban sudah kering bersihkan menggunakan air biasa. Maka permukaan ban ini jauh lebih hitam dan mengkilap.


7. Pemanfaatan Pasta Gigi

Pemanfaatan Pasta Gigi

Cara menghitamkan ban yang terakhir adalah dengan menggunakan pasta gigi. Ternyata selain untuk membersihkan gigi dari kotoran pasta gigi juga dapat membantu menghitamkan ban motor.

Caranya cukup dengan cuci ban kemudian hingga kering. Tuang pasta gigi pada sikat gigi kemudian oleskan di permukaan ban. Oleskan secara merata dan menyeluruh. Selanjutnya bersihkan permukaan ban menggunakan lap.

Itulah tadi ulasan mengenai 7 cara menghitamkan ban motor. Ternyata tidaklah sulit, sebab bahan-bahan yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan mudah. Tertarik mencoba?

Cara Menghitamkan Ban Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *