Cara Menghilangkan Karat Pada Motor

1 min read

CARA MENGHILANGKAN KARAT PADA MOTOR

Cara menghilangkan karat pada motor adalah hal yang sering dicari orang. Karena tentunya keberadaan karat pada motor akan membuat motor terlihat tidak apik lagi. Maka dari itu, sangat tidak salah jika banyak orang yang mencoba untuk menghilangkan karat pada motor mereka.

Selain itu juga, jika karat dibiarkan terlalu lama maka tentunya akan membesar. Lalu, membesarnya karat tersebut dapat merusak benda-benda lain yang ada di sekitarnya. Maka dari itu, lebih baik sejak awal ketika karat masih kecil langsung dibersihkan. Berikut dibawah ini adalah cara menghilangkan karat pada motor tanpa meninggalkan bekas :


Daftar isi Artikel

1. Menggunakan Cuka

Menggunakan Cuka

Cara pertama yang bisa dicoba adalah menggunakan cairan asam cuka. Cairan asam cuka ini memang sudah terkenal mampu untuk membersihkan berbagai macam jenis noda pada pakaian. Namun, ternyata cairan yang bersifat asam ini pun juga bisa digunakan untuk membersihkan noda pada besi-besi motor yang berkarat.

Caranya hanya perlu mengoleskan cairan ini pada karat yang akan dibersihkan. Lalu, sikat menggunakan sikat yang bisa menjangkau karat tersebut. Namun ada hal yang perlu diingat, cairan asam ini dapat merusak cat yang ada pada body motor. Maka dari itu, gunakan cairan ini untuk membersihkan bagian karat yang tidak terdapat cat motor.


2. Menggunakan Bubuk Deterjen

Menggunakan Bubuk Deterjen

Bubuk deterjen selain dapat untuk menghilangkan noda pada pakaian, juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada besi motor. Cara ini pun tidak ada salahnya untuk dicoba mengingat bahan yang dibutuhkan sangat mudah untuk didapatkan. Selain itu pun cara mengaplikasikannya tidaklah sulit.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan area besi berkarat tersebut. Gunanya untuk mengetahui bagian mana saja yang benar-benar harus dibersihkan secara ekstra. Lalu setelah bersih, maka oleskan detergen yang sudah dicampur dengan sedikit air. Selanjutnya adalah gosok-gosok area tersebut hingga bisa perlahan menghilang. Tipsnya adalah untuk mencoba cara ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.


3. Mengamplas Karat

Mengamplas Karat

Cara yang bisa dicoba lainnya adalah dengan mengamplas karat tersebut. Namun, cara ini memang cukup berbahaya karena dapat merusak warna dari body motor. Maka dari itu, perlu dilakukan dengan hati-hati dan perlahan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong kertas amplas sesuai dengan kebutuhan. Lalu, gosok-gosok secara halus daerah yang berkarat. Pada saat menggosok ingat untuk tidak terlalu menekan, karena tentunya hal itu dapat merusak warna dari body asli motor.


4. Cat Ulang

Cat Ulang

Cara yang paling simpel yang bisa dilakukan adalah dengan mengecatnya ulang. Pilihan ini dapat dilakukan jika memang noda-noda karat tersebut cukup membandel dan tidak bisa dibersihkan mandiri. Maka, mengecat ulang adalah pilihan terakhir yang dapat dilakukan.

Pada saat ingin mengecat ulang ini lebih baik untuk meminta jasa pada bengkel khusus. Supaya, hasil cat yang dilakukan dapat menutupi noda-noda karat dengan sempurna. Karena tentunya percuma jika dilakukan pengecatan ulang namun tidak bisa mennyamarkan karat yang ada.


5. Menggunakan Bensin

Menggunakan Bensin

Cairan selanjutnya yang mudah dicari untuk membersihkan karat ini adalah cairan bensin. Bensin tentunya dapat dengan mudah ditemukan dimana saja. Sehingga tentunya tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini.

Cara mengaplikasikannya pun sama seperti cara mengaplikasikan cairan sebelumnya. Hanya perlu membilas bagian yang akan dibersihkan. Lalu, untuk hasil maksimal maka bisa menggunakan bantuan sikat gigi untuk menyikat bagian-bagian yang sekiranya membandel.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karat pada motor. Cara menghilangkan karat pada motor ini merupakan informasi yang bisa saja berguna di kemudian hari. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengingat semua upaya-upaya yang dapat dilakukan diatas.

Cara Menghilangkan Karat Pada Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *