Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot

1 min read

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot

Komponen-komponen dalam kendaraan bermotor sebagian besar terbuat dari besi atau logam. Hal tersebut menimbulkan beberapa masalah, salah satunya karatan.  Bagian yang paling rentan terkena karatan adalah knalpot. Cara menghilangkan karat pada knalpot pun cukup mudah dengan menggunakan alat-alat sederhana.

Pada umumnya knalpot diberi pelindung tersendiri agar tidak mudah kotor. Namun, tetap saja tidak bisa untuk menghindari karatan. Perlu dibersihkan secara rutin untuk menghindari proses pengaratan. Berikut cara menghilangkan karat pada knalpot yang bisa dicoba sendiri :


1. Menggunakan Oli atau Cairan Pelumas

Menggunakan Oli Atau Cairan Pelumas

Oli mempunyai banyak manfaat pada kendaraan bermotor, yang paling umum adalah untuk pelumas mesin. Namun, banyak yang belum mengetahui bahwa oli juga bisa untuk membersihkan karat yang menempel pada knalpot. 

Caranya cukup mudah, nyalakan mesin kendaraan sampai knalpot panas. Setelah itu beri cairan oli di atasnya dan diamkan beberapa saat sampai meleleh dan merontokkan karat pada knalpot motor.


2. Membersihkan dengan Pasta Gigi

Membersihkan Dengan Pasta Gigi

Cara menghilangkan karat pada knalpot yang selanjutnya adalah menggunakan pasta gigi. Tentu benda ini sudah terdapat di rumah masing-masing. Selain itu, siapkan juga sikat untuk menggosok bagian knalpot yang berkarat. 

Pertama, oleskan pasta gigi di knalpot. Setelah itu, lanjutkan dengan penggosokkan di area tersebut menggunakan sikat yang telah disiapkan. Gosok sampai karat benar-benar hilang dan lakukan berulang kali.


3. Menggunakan Cairan Pembersih Lantai

Menggunakan Cairan Pembersih Lantai

Mungkin banyak yang belum tahu manfaat cairan pembersih lantai untuk knalpot kendaraan bermotor. Cairan ini bisa untuk membersihkan noda karat yang mengganggu. Cairan pembersih lantai banyak di jual di toko-toko kelontong dekat rumah. 

Pilihlah cairan dengan merk bagus agar hasil semakin bersih. Cara untuk menghilangkan karatnya, yaitu dengan mengoleskan cairan ke knalpot, kemudian lap dengan kain sampai terlihat bersih.


4. Gosok dengan Cairan Baking Soda

Gosok Dengan Cairan Baking Soda

Baking soda identik dengan hal masakan. Akan tetapi, bahan ini memiliki fungsi lain, salah satunya bisa membersihkan karat pada stainless. Cukup larutkan baking soda dengan air, lalu aduk sampai tidak ada gumpalan. 

Boleh juga mencampurnya dengan perasan jeruk nipis atau buah lemon untuk mendapatkan hasil yang lebih bersih lagi. Setelah semua bahan tercampur, oleskanlah pada bagian yang karatan. Tunggu hingga karat rontok atau pudar.


5. Memakai Krim Khusus Untuk Karat

Memakai Krim Khusus Untuk Karat

Untuk perawatan bagian motor yang mudah berkarat, terdapat juga krim pembersih khusus. Krim ini bisa ditemukan di toko-toko otomotif. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau. Alat lain yang perlu disiapkan adalah ampelas. 

Selanjutnya, copot knalpot dari kendaraan bermotor dan mulailah untuk mengamplasnya. Lakukan sampai benar-benar halus. Setelah tahap pengamplasan selesai, oleskan krim pembersih karat pada knalpot. Gosok menggunakan lap atau kain secara berulang-ulang hingga karat hilang dan bersih.


6. Menggunakan Minuman Soda

Menggunakan Minuman Soda

Mungkin terdengar aneh jika minuman bisa untuk membersihkan karat. Namun, hal itu bisa dilakukan dengan minuman yang memiliki kandungan soda. Jika memilikinya di rumah, maka bisa digunakan untuk membersihkan area knalpot kendaraan. 

Caranya yaitu dengan menuangkan minuman ke bagian knalpot yang berkarat, lalu tunggu hingga kurang lebih 20 menit. Setelah lewat durasi waktu tersebut, semprotlah menggunakan air mengalir untuk merontokkan karat-karat yang memudar. Semprot semua bagian depan dan belakang agar tidak ada karat yang tersisa.

Demikianlah cara menghilangkan karat pada knalpot yang bisa diikuti. Lakukan proses pembersihan dengan maksimal dan memperhatikan tahap-tahap pada paragraf di atas. Hal itu agar hasil yang didapatkan bisa bersih dan memuaskan.

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *