7 Cara Menghilangkan Baret Mobil dan Tips Perawatan Supaya Awet

CARA MENGHILANGKAN BARET MOBIL

Sudah tahu bagaimana cara menghilangkan baret mobil? Jangan buru-buru ke bengkel, karena baret yang masih terhitung ringan bisa dihilangkan dengan beberapa cara mudah.

Baret atau goresan mungkin bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari tidak sengaja menabrak sesuatu, tergores benda tajam, atau faktor usia mobil itu sendiri.

Baret pada mobil tentu sangat mengganggu. Terutama tidak enak dipandang dan mengurangi nilai estetika mobil tersebut. Jadi sebaiknya baret yang masih bisa dihilangkan, lebih baik cepat-cepat diatasi. Berikut beberapa cara menghilangkan baret mobil yang bisa dicoba :


1. Menggunakan Pasta Gigi

Menggunakan Pasta Gigi

Pasti punya pasta gigi di rumah bukan? Maka tidak ada salahnya menggunakan bahan ini untuk menghilangkan baret pada mobil. Cukup siapkan saja kain lap yang lembut, kemudian basahi dengan air bersih. Selanjutnya oleskan pasta gigi secukupnya pada kain lap tersebut.

Tinggal gosokkan pada permukaan mobil yang mengalami baret. Ingat lakukan dengan gerakan memutar supaya pemolesan bisa sama rata. Pasta gigi merupakan bahan yang cukup ampuh untuk menghilangkan baret ringan pada mobil.


2. Memakai Kompon

Memakai Kompon

Kompon merupakan semacam bahan kimia yang biasa dijual di toko-toko aksesoris otomotif. Bahan ini juga dapat dipakai untuk menghilangkan baret pada mobil. Nanti kompon akan mengikis cat di sekitar goresan sehingga baret akan tertutupi oleh cat di sekitarnya.

Pertama bersihkan dulu bagian yang terkena baret dengan air. Lalu poleskan kompon secukupnya dan jangan terlalu ditekan. Selanjutnya segera bilas bagian yang baret tersebut dengan air sampai bersih. Terakhir tinggal tutupi dengan wax supaya terlihat lebih mengkilap.


3. Melakukan Pengecatan Ulang

Melakukan Pengecatan Ulang

Selain itu baret dengan kategori ringan bisa dihilangkan dengan cara mengecat ulang. Sebelum memulai mengecat ulang, lakukan dulu proses pengamplasan berkali-kali. Jangan langsung mengecat bagian yang baret saja. Setelah proses pengamplasan selesai pun, jangan lupa menggunakan thinner yang berkualitas untuk bahan campuran cat.


4. Memakai Minyak Rem

Memakai Minyak Rem

Minyak rem pun bisa digunakan untuk menghilangkan baret pada mobil. Tinggal siapkan saja kanebo kering lalu tuangkan minyak rem secukupnya pada kanebo tersebut. Setelah itu usapkan pada bagian yang terkena baret. Segera lakukan pembilasan dengan air dan lap kembali menggunakan kanebo kering yang baru. Untuk hasil maksimal, lakukan langkah tersebut berulang-ulang.


5. Menggunakan Obat Nyamuk Cair

Hand Holding Mosquito Spray On Nature Background

Baret mobil juga mampu dihilangkan menggunakan obat nyamuk cair. Caranya siapkan saja lap atau kanebo kering, jangan yang basah. Pasalnya kanebo basah malah akan menghilangkan kemampuan obat nyamuk cair itu sendiri nantinya. Coba tuangkan obat nyamuk cair secukupnya pada kanebo kering.

Setelah itu usapkan pada bagian yang baret dengan gerakan melingkar dan merata. Jika sudah tunggu beberapa saat 10 hingga 20 detik baru bilas dengan air bersih. Setelah bersih, silahkan keringkan menggunakan kanebo kering yang baru dan usahakan lakukan secara berulang-ulang hingga baret dapat hilang sepenuhnya.

  5 Cara Mengoperasikan Mobil Matic dan Tips Berkendara dengan Aman

6. Menggunakan Scratch Remover

Menggunakan Scratch Remover

Bila punya budget sedikit lebih silahkan beli scratch remover di toko aksesoris mobil. Bahan tersebut cukup ampuh untuk menghilangkan baret mobil. Cukup ambil beberapa bagian scratch remover lalu oleskan pada bagian mobil yang sedang baret. Gosok dengan hati-hati menggunakan lap micro-fiber supaya dapat bekerja maksimal.


7. Memakai Amplas

Memakai Amplas

Bisa dipertimbangkan juga untuk menggunakan amplas ketika ingin menghilangkan baret pada mobil. Hanya saja jika memilih cara ini harus dilakukan dengan hati-hati supaya bagian yang baret bisa sama rata dengan permukaan lainnya. Lakukan proses pengamplasan dengan sabar dan pelan-pelan, jika tidak mau bagian yang baret akan bertambah parah.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan baret mobil dengan mudah. Jika baret masih tergolong ringan, maka tidak perlu terburu-buru ke bengkel cat. Pilih saja cara-cara diatas yang sekiranya paling mudah dilakukan.

Cara Menghilangkan Baret Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.