Cara Mengganti Kampas Rem Mobil

1 min read

Memasang Kembali Ban 

Kampas rem menjadi bagian yang paling penting dalam mobil, sehingga ketika kampas rem mulai melemah harus diganti. Mengganti kampas rem ini sebenarnya bisa dilakukan ke bengkel, namun juga bisa diganti sendiri tanpa ke bengkel. Maka dari itu, berikut adalah cara mengganti kampas rem mobil tanpa perlu ke bengkel :


1. Menaikkan Dongkrak Dan Melepas Ban 

Menaikkan Dongkrak Dan Melepas Ban 

Untuk mengganti kampas rem mobil, siapkan terlebih dahulu alat-alat yang digunakan termasuk salah satunya adalah dongkrak. Pasang dongkrak pada tumpuan yang tepat lalu kendurkan sedikit ban depan mobil. Jika semua baut sudah kendur, naikkan dongkrak sampai ban mengambang. Setelah itu, lepas ban mobil yang ingin diganti kampas remnya. 

Dalam melepas ban mobil ini sedikit mudah karena semua baut sudah dikendurkan dan tinggal dilepas banyak dengan tangan. Para pemilik mobil bisa membandingkan sendiri ketika baut kencang dan baut kendur. Baut yang kendur akan lebih mudah dilepas karena ketika baut dalam posisi kencang, roda akan berputar saat kunci roda ditekan. 


2. Membuka Dan Melepas Caliper 

Membuka Dan Melepas Caliper 

Sebelum membuka dan melepas caliper, siapkan kunci ring 14 atau ring 12. Biasanya mobil-mobil menggunakan baut 12 maupun 14, maka siapkan saja dua jenis kunci tersebut. Lepaskan caliper dengan hati-hati, karena kadang ada beberapa kasus caliper yang patah. Hal ini dikarenakan posisi baut caliper yang dekat dengan rem dan biasanya memiliki suhu yang tinggi. 

Ketika baut caliper susah untuk dilepas, pukul batang kunci atau mengagetkan batang kunci. Apabila baut sudah bisa dilepas, buka caliper ke arah luar. Membuka caliper ini sedikit keras karena piston masih berada pada kampas. Caliper juga bisa ditarik dengan cara menarik dari bagian atas dan bawah caliper.  


3. Mengganti Kampas Rem 

Mengganti Kampas Rem

Caliper yang sudah dibuka bisa diletakkan di bagian suspensi mobil. Setelah itu masuk ke cara mengganti kampas rem yang paling utama yaitu melepas kampas rem. Melepas kampas rem ini bisa dilakukan dengan tangan, akan tetapi cek terlebih dahulu apakah kampas rem harus diganti atau tidak. Disamping mengganti kampas rem, bersihkan piringan rem dengan brake cleaner. 

Jika tidak memiliki brake cleaner, maka bisa menggunakan air bersih untuk membersihkan bagian rem. Apabila bagian-bagian tersebut sudah bersih, langsung pasang saja kampas rem mobilnya. Kampas bagian dalam dan luar memiliki perbedaan, yaitu lempengan break weak indikator yang mengarah ke piringan kampas rem.


4. Memasukkan Piston Dan Memasang Caliper 

Memasukkan Piston Dan Memasang Caliper 

Jika sudah selesai mengganti kampas rem, saatnya untuk mencocokkan piston dengan kampas rem. Mobil yang memiliki rem cakram biasanya celah rem otomatis akan diatur. Saat kampas rem tipis, piston cenderung keluar atau lebih menonjol. Untuk memasang kaliper ini bisa menggunakan brake caliper pressing tool atau jika tidak ada bisa menggunakan kunci ring besar. 

Letakkan dua kampas rem bekas pada bagian atas piston kemudian gunakan dua kunci ring besar tersebut untuk mengungkit kampas rem. Jika piston sudah dipasang, pasang caliper seperti posisi semula lalu kencangkan baut sewajarnya. Mengencangkan baut secara tidak wajar dapat membuat baut menjadi patah.


5. Memasang Kembali Ban 

Memasang Kembali Ban 

Langkah yang paling akhir adalah memasang kembali ban sesuai dengan posisi sebelumnya. Kencangkan kembali baut seperti semula, lalu turunkan dongkrak dan mengencangkan baut roda sesuai ukuran standar. Jika sudah selesai pada roda pertama, lakukan cara ini ke roda yang lain karena biasanya kampas rem satu set bisa digunakan untuk dua roda. 

Setelah melakukan beberapa cara mengganti kampas rem mobil di atas, ada beberapa hal yang harus dicek. Pastikan untuk mengecek volume minyak rem, karena jika minyak rem naik bisa jadi penyebabnya piston yang ditekan atau dipress. 

Cara Mengganti Kampas Rem Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *