5+ Cara Mengendarai Motor Matic & Tips Supaya Berkendara Aman

CARA MENGENDARAI MOTOR MATIC

Bagi sebagian orang, mengendarai motor matic adalah salah satu hal yang mudah. Hal ini dikarenakan tidak adanya pedal gir yang harus diinjak untuk menaik-turunkan kecepatan. Untuk belajar naik motor, banyak orang yang menyarankan berlatih dengan motor matic. Maka dari itu, berikut adalah cara mengendarai motor matic untuk pemula yang belajar naik motor :


Daftar isi Artikel

1. Menyalakan Motor

Menyalakan Motor

Hal yang paling penting sebelum berkendara adalah menyalakan motor terlebih dahulu. Dalam menyalakan motor sebenarnya gampang-gampang susah, alias tidak semudah menekan tombol starter pada motor. Untuk menghidupkan motor, tidak hanya harus menekan tombol starter saja namun harus juga menarik tuas rem. 

Apabila sudah menarik tuas rem dan menyalakan starter tidak hidup, biasanya standar samping masih menyala. Untuk itu angkat terlebih dahulu standar samping lalu nyalakan motor seperti cara sebelumnya. Biasanya motor-motor keluaran baru akan otomatis mati ketika standar samping pada motor menyala. 


2. Menyamankan Posisi Duduk 

Menyamankan Posisi Duduk 

Hal yang perlu diperhatikan ketika berlatih mengendarai motor adalah mengkondisikan pengendara sedang berada dalam kondisi yang baik. Maksud dari kondisi yang baik ini tentu saja baik secara fisik maupun mental. Jika pengendara takut jatuh sebelum belajar mengendarai motor, tentu hal itu tidak menjadi masalah. 

Sebab jatuh itu menjadi hal yang wajar bagi pengendara motor pemula. Sebisa mungkin kondisikan diri dalam keadaan yang baik fisik dan mentalnya. Setelah fisik dan kondisi mentalnya baik, cara mengendarai motor matic selanjutnya adalah menyamankan posisi duduk. Posisi duduk yang baik sangat mempengaruhi kualitas mengendarai motor. 

Baca Juga: Cara Memasang Stiker Mobil


3. Mengatur Tangan Saat Memegang Gas 

Mengatur Tangan Saat Memegang Gas

Selain posisi duduk, tangan juga menjadi hal yang paling vital dalam mengendarai motor. Ada beberapa orang yang berkata bahwa memegang gas dengan beberapa jari danyang lain di posisi rem sangat baik untuk pemula. Alasannya tentu saja untuk melatih refleks ketika mengerem. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar. 

Cara yang paling baik ketika mengendarai motor matic adalah menggenggam bagian gas dengan seluruh jari pada tangan. Posisi tangan tersebut akan membuat pengendaranya bisa mengontrol motor dengan baik. Selanjutnya para pengendara pemula bisa merasakan perbedaan tarikan gas yang pertama akan terasa berat dan kemudian akan semakin ringan. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Stiker Motor


4. Menjalankan Motor Di Turunan Dan Tanjakan 

Menjalankan Motor Di Turunan Dan Tanjakan 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengendarai motor di tanjakan maupun turunan. Ketika pengendara pemula bertemu dengan tanjakan, tambahkan kecepatan sebelum naik ke atas tanjakan. Motor akan terasa kurang tenaga jika para pemula tidak menambah kecepatan dan akibatnya motor dan pengendaranya akan tergelincir. 

Untuk sebaliknya, perlakuan motor di tanjakan akan berbeda. Pastikan untuk melepas gas serta menekan seluruh tuas rem yang ada. Apabila gas ditarik dan tidak menekan rem, tentu akan membahayakan kendaraan di sekitarnya. Bahkan kecelakaan juga bisa terjadi apabila gas ditarik dan rem tidak ditarik pada turunan.

  5+ Cara Merawat Aki Mobil Supaya Awet dan Tahan Lama

Baca Juga: Cara Mematikan Gps Mobil


5. Menggunakan Rem Depan Dan Belakang 

Menggunakan Rem Depan Dan Belakang 

Rem juga menjadi hal yang paling utama ketika mengendarai motor. Untuk itu pastikan ketika belajar mengendarai motor matic, tarik rem depan dan belakang bersamaan. Hal ini berguna untuk membuat motor dapat mengerem dengan sempurna. Para pengendara pemula lama-lama juga akan terbiasa dengan menarik rem sesuai dengan instingnya. 

Belajar mengendarai motor matic memang gampang-gampang susah. Jika sudah terbiasa mengendarai motor matic serta mengikuti cara mengendarai motor matic di atas, tentu akan jauh lebih mudah. Selain itu, para pengendara motor pemula juga harus membedakan karakter dari setiap motor karena hampir kebanyakan motor matic belum tentu sama secara karakternya. 

Cara Mengendarai Motor Matic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *