Cara Mengecat Mobil Dengan Pilox

1 min read

Cara Mengecat Mobil Dengan Pilox

Zaman sekarang ini banyak sekali jenis dan warna mobil. Pemilik kendaraan tersebut pun bisa memilih atau mengganti warna sesuai selera. Mewarnai mobil bisa dengan pilox. Cara mengecat mobil dengan pilox pun cukup mudah. 

Warna yang dipakai untuk mengecat mobil biasanya merah, kuning, dan biru. Bisa juga request warna lain di bengkel sesuai selera masing-masing. Proses pengerjaan pengecatan dua sampai tiga hari tergantung dari bengkel tersebut. Adapun berikut cara mengecat mobil dengan pilox jika ingin melakukannya sendiri :


1. Siapkan Alat dan Bahan

Siapkan Alat Dan Bahan

Tahap pertama untuk mengecat mobil tentunya harus menyiapkan alat dan bahan. Hal itu meliputi pilox, alat pencampur warna, koran, clear coat, ampelas, lakban, dan kain. Alat dan bahan tersebut harus disiapkan secara lengkap agar saat pengecatan bisa berjalan lancar tanpa terhambat oleh kekurangan bahan. Selain itu, pilih juga bahan-bahan berkualitas bagus agar hasilnya bisa memuaskan.


2. Bersihkan Mobil dari Debu atau Kotoran

Bersihkan Mobil Dari Debu Atau Kotoran

Sebelum melakukan pengecatan, tentunya bagian-bagian mobil harus steril. Oleh karena itu harus dibersihkan dengan menggunakan kain lembab lalu diusapkan ke bagian yang akan dicat. Bisa juga mencuci mobil jika ingin lebih bersih lagi. Pembersihan ini bertujuan agar saat mobil dicat tidak ada debu yang mengganggu dan menempel pada cat sehingga bisa merusak penampilan mobil. Taruhlah mobil di tempat tertutup agar tidak terkena debu dan kotoran lagi.


3. Ampelas Bagian yang Akan Dicat

Ampelas Bagian Yang Akan Dicat

Setelah mobil bersih dari debu, selanjutnya adalah mengampelas. Tahap ampelas disini berfungsi agar tekstur bagian mobil yang akan dicat menjadi halus. Dengan demikian, pilox akan mudah menyerap pada bagian tersebut. Selain itu mobil juga akan terlihat halus saat dipegang tidak ada gangguan kotoran yang menempel. Aplikasikanlah ampelas secara perlahan agar tidak merusak bahan.


4. Lakukan Penyemprotan Pilox dengan Warna Dasar

Lakukan Penyemprotan Pilox Dengan Warna Dasar

Untuk mengawali sebuah pengecatan, hal yang paling penting adalah memberi warna dasar. Warna yang digunakan adalah putih. Hal ini karena warna putih netral dan jika dilapisi warna lain tidak akan mengubah warna yang baru. Semprotkan pilox warna putih secara merata ke seluruh bagian mobil yang akan dicat. Jarak penyemprotan kurang lebih 25 cm dari mobil.


5. Cat dengan Warna yang Diinginkan

Cat Dengan Warna Yang Diinginkan

Jika pengecatan warna dasar sudah kering, maka selanjutnya adalah mengecat menggunakan warna yang sudah dipilih. Lakukan pengecatan seperti saat mengecat menggunakan warna dasar. Jangan lupa memperhatikan jarak penyemprotan pilox agar hasilnya bisa pas. Selain itu, saat menggunakan pilox, semprotlah secara searah dan teratur. Jika ada bagian yang masih putih, maka lapisi kembali dengan warna tersebut.


6. Lapisi dengan Clear Coat

Lapisi Dengan Clear Coat

Tahap selanjutnya adalah melapisi bagian mobil dengan clear coat. Hal ini berfungsi agar mobil bisa tampak mengkilap. Namun, harus menunggu proses pengecatan warna selesai dahulu baru melakukan tahap clear coat. Selain itu, bahan ini juga berfungsi untuk mengunci warna pada mobil agar bisa tahan lama.


7. Tunggu Sampai Kering

Tunggu Sampai Kering

Langkah terakhir yakni menunggu cat kering. Tahap ini bisa dilakukan dengan memanaskan mobil pada tempat yang terkena paparan sinar matahari. Jika cuaca sedang terik, maka proses pengeringan hanya memerlukan waktu satu hari. Sebaliknya, jika mendung akan memakan waktu yang cukup lama untuk proses ini.

Itulah rincian cara mengecat mobil dengan pilox. Urutan cara-cara di atas harus diikuti dengan saksama agar tidak ada kekeliruan. Lakukanlah pengecatan dengan teliti agar hasilnya bagus dan maksimal.

Cara Mengecat Mobil Dengan Pilox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *