5+ Cara Mengatasi Aki Mobil Soak & Cara Merawat Supaya Lebih Awet

CARA MENGATASI AKI MOBIL SOAK

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak – Sebuah kendaraan sudah pasti memerlukan aki supaya bisa menyala dan dikemudikan. Bahkan beberapa komponen lainnya seperti lampu juga membutuhkannya. Lalu bagaimana jika di tengah jalan tiba-tiba macet? Maka kenali terlebih dahulu penyebabnya dan inilah salah satu cara mengatasi aki mobil soak:

Ketika aki mobil “ngambek” atau lagi soak, tentu akan sangat merepotkan. Terlebih saat sedang berada dalam perjalanan. Benda yang satu ini memang memerlukan perhatian dan perawatan lebih meskipun tidak sering. Akan tetapi sekali macet, maka mobil tidak akan bisa bergerak sama sekali. Untuk itu, berikut ini cara mengatasi aki mobil soak:


1. Periksa penyebabnya

Periksa Penyebabnya

Sebelum bepergian apalagi dengan jarak yang jauh, maka sudah sepatutnya mengecek terlebih dahulu kondisi kendaraan. Hal  ini untuk menghindari terjadi macet ketika di tengah jalan. Akan tetapi, apabila terlanjur terjadi, maka cek terlebih dahulu penyebabnya.

Terlebih bagian aki. Sebab, benda tersebut bisa jadi hanya soak atau bahkan rusak parah. Penyebabnya pun bermacam-macam. Bisa karena kendaraan tidak pernah dipakai, aki sudah waktunya ganti, penggunaan lampu LED, kapasitas mobilnya kecil atau bahkan penggunaan aksesoris yang berlebihan.


2. Menggunakan Air Hangat

Menggunakan Air Hangat

Cara kedua mengatasi aki soak adalah bisa menggunakan air hangat. Sebagai langkah awal bisa dengan merebusnya sebanyak 3 liter terlebih dahulu. Kemudian diamkan sebentar supaya tidak terlalu panas. Pada bagian wadah aki akan terlihat sisa cairannya yang tersisa dan biasanya berwarna hitam.

Maka, buang terlebih dahulu tetapi jangan sampai terkena kulit karena bisa menyebabkan alergi. Baru isi dengan air hangat, tutup tangkinya dan kocok-kocok sampai berwarna sedikit gelap karena adanya hasil sisa reaksi yang tercampur. Selain itu, penggunaan air hangat juga berfungsi untuk menghidupkan kembali elemen mesin yang mati.


3. Menggunakan Bubuk EDTA

Menggunakan Bubuk EDTA

Bubuk EDTA atau Tetrasodium adalah vitamin bagi aki sehingga setiap elemen yang ada di dalamnya bisa memiliki tambahan tenaga dan akhirnya bisa bergerak. Bubuknya sendiri bisa ditemukan dengan mudah pada toko-toko bahan kimia.

Hanya saja untuk penggunaannya kurang direkomendasikan kecuali dalam keadaan benar-benar terdesak. Sebab, memang mobil bisa menyala dan berjalan normal selama beberapa waktu. Akan tetapi setelah itu akan soak kembali bahkan bisa jadi lebih parah.


4. Mengaplikasikan Kertas Merah

Mengaplikasikan Kertas Merah

Cara yang keempat adalah dengan menggunakan kertas merah. Penggunaannya pun sangat mudah dan disarankan karena mampu mengembalikan kondisi aki. Langkah pertama untuk bisa mengaplikasikannya, yaitu dengan mencatat nomor seri antara terminal positif dan negatif.

Kemudian ambil kertas merah sekitar 5 lembar dan serahkan kepada teknisi. Kurang lebih selama 30 menit, maka aki akan kembali terisi dayanya. Setelah itu, jangan lupa untuk mengecek mesin, lampu hingga suara klaksonnya terlebih dahulu.

  10 Penyebab Motor Beat Mati Mendadak dan Bagaimana Cara Mengatasi

5. Jump Start Aki Mobil

Jump Start Aki Mobil

Jump start aki mobil adalah langkah terakhir apabila keempat cara di atas tidak bisa dilakukan. Istilah ini sebenarnya merujuk kepada mobil yang dibantu dengan kendaraan roda empat lainnya dengan kondisi aki masih bagus.

Caranya adalah dengan merekatkan kedua kutub menggunakan penjepit. Hanya saja bagian jumper jangan sampai bersentuhan dengan aki yang masih sehat. Dalam perekatan pun harus hati-hati dan tetap menjaga konduktornya dari tangki bahan bakar supaya tidak ada letupan.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Walaupun begitu cara mengatasi aki mobil soak ini boleh dilakukan sendiri jika paham mengenai otomotif dan berada dalam kondisi terdesak. Apabila masih bisa membawanya ke bengkel, maka sebaiknya serahkan saja kepada mereka yang lebih ahli.

Cara Mengatasi aki mobil soak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.