Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic

1 min read

Cara memperbaiki transmisi mobil matic

Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic – Mobil matic merupakan kendaraan yang praktis. Oleh karena itulah mobil jenis ini menjadi rekomendasi bagi pemula karena terbilang cukup aman saat dikendarai.

Tetapi, kendaraan ini kerap kali mengalami kerusakan, terutama bagian transmisinya. Untuk itu, cara memperbaiki transmisi mobil matic berikut perlu diketahui.

Kerusakan transmisi mobil dapat diakibatkan oleh beberapa hal mulai dari faktor kelalaian mengganti oli transmisi, kesalahan dalam pengoperasian, dan sebagainya. Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Tentunya, pengguna harus mengetahui penyebab pastinya lebih dahulu. Berikut ulasannya.


Penyebab Transmisi Mobil Matic Rusak

Terdapat beberapa penyebab mengapa transmisi mobil mengalami kerusakan atau macet. Penyebab yang paling sering dijumpai adalah karena kebiasaan pengemudi. Tanpa disadari kebiasaan tersebut memicu kerusakan bagian transmisi.

1. Kebiasaan Tidak Memindahkan Tuas di N

Kebiasaan Tidak Memindahkan Tuas Di N

Penyebab pertama yakni kebiasaan tidak memindahkan tuas ke posisi N saat kendaraan berhenti lama. Tanpa disadari, kebiasaan tersebut bisa memicu kemacetan sistem transmisi. Kondisi ini menyebabkan kinerja transmisi menjadi lebih berat karena suplai angin sangat terbatas.

2. Kebiasaan Tergesa-gesa Dalam Berkendara

Kebiasaan Tergesa Gesa Dalam Berkendara

Faktor lainnya yakni terburu-buru dalam berkendara sehingga pengguna langsung memindahkan tuas ke posisi D. Kebiasaan seperti ini akan menyebabkan katup solenoid pada transmisi menjadi lebih rawan rusak. Jika dihentikan, sistem transmisi lama-lama bisa macet bahkan rusak.

3. Sering Melakukan Engine Brake

Sering Melakukan Engine Brake

Melakukan engine brake yang berlebihan dan sering bisa memicu kerusakan transmisi. Untuk mendapatkan engine brake biasanya sistem transmisi digunakan dengan posisi gigi lebih rendah. Namun lebih baik perpindahan dilakukan saat kondisi putaran mesin di bawah 3000 rpm.

Penyebab lainnya yakni karena mesin bekerja dalam putaran yang tinggi. Perpindahan tuas dari D ke R dengan cepat dan kasar bisa mengakibatkan kerusakan transmisi matic. Terlalu sering menahan transmisi di posisi gigi 1 terus juga menyebabkan permasalahan pada bagian transmisi.


Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic

Setelah menganalisis berbagai penyebab kerusakan, saatnya untuk mengetahui cara memperbaiki transmisi mobil matic. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan agar komponen tersebut pulih sehingga performa mobil kembali normal.

1. Reset di bagian ECU atau Ganti Oli

Reset Di Bagian ECU Atau Ganti Oli

Cara memperbaiki transmisi mobil matic yang rusak pertama adalah reset di bagian ECU nya. Jika tidak berhasil, pengguna bisa menggunakan cara lain yakni dengan melakukan penggantian oli. Sebelum itu, bersihkan terlebih dahulu bagian body valve kendaraan. Pilih jenis oli yang sesuai dengan mobil pengguna.

2. Kuras Oli

Kuras Oli

Jika masih belum menampakkan hasil, pengguna bisa mencoba untuk menguras oli dalam mesin. Bersihkan semaksimal mungkin sampai kotoran yang mengendap di transmisi terangkat dengan sempurna. Untuk masalah ini, sebaiknya serahkan saja ke tenaga ahli yang sudah berpengalaman.

Untuk pengurasan biasanya dibutuhkan oli sebanyak 8 liter dimana normalnya hanya 4 liter. Jangan lupa juga untuk membersihkan secara teliti bagian komponennya agar kotoran yang menyumbat bisa terangkat.

3. Bongkar Transmisi

Bongkar Transmisi

Jika langkah diatas belum berhasil juga, cara terakhir adalah dengan melakukan pembongkaran.  Transmisi perlu dilakukan overhaul untuk mengetahui penyebab kerusakan berasal dari komponen yang mana.

Untuk menghindari kerusakan transmisi, sebaiknya lakukan penggantian oli secara rutin. Itu karena penyebab kerusakan paling sering karena kondisi oli mobil. Segera ganti jika oli sudah berubah warna menjadi kecoklatan dan mengandung serbuk besi di dalamnya

Demikian beberapa penyebab dan cara memperbaiki transmisi mobil matic yang rusak. Jangan pernah menyepelekan kerusakan pada bagian ini karena bisa memicu kerusakan komponen lainnya.  Lakukan perawatan rutin pada kendaraan agar berkendara tetap aman dan nyaman.

Cara memperbaiki transmisi mobil matic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *