4+ Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak Panjang : Ulasan Manjakan

CARA MEMPERBAIKI KACA MOBIL RETAK PANJANG

Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak Panjang – Saat mobil mengalami benturan dengan benda keras atau kendaraan lain, terkadang kaca mobil akan retak. Retakan kaca tersebut tak boleh dianggap enteng, karena bisa berdampak pada jarak pandang dan dapat membahayakan keselamatan.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki kaca mobil retak panjang? Salah satu opsi untuk mengatasi kaca mobil retak adalah dengan mengganti kaca dengan kaca yang baru. Namun, solusi tersebut sepertinya akan memakan biaya yang cukup mahal.

Maka dari itu, jangan buru-buru untuk langsung mengganti kaca. Dalam kondisi tertentu, kaca mobil yang retak masih bisa diperbaiki dengan memperhatikan beberapa langkah berikut.


1. Perhatikan Seperti Apa Kerusakannya

Perhatikan Seperti Apa Kerusakannya

Kaca mobil yang retak atau pecah bisa diperbaiki tergantung bagaimana kondisi retaknya. Jika lubang retak yang terjadi berukuran kecil atau retakan berukuran kurang dari 12 inci masih memungkinkan untuk diperbaiki.

Namun jika retakan yang terjadi lebih besar, sebaiknya lakukan penggantian kaca secara utuh. Begitu pula jika lokasi retakan kaca berada di lokasi yang sulit untuk dilakukan perbaikan, lebih baik ganti kaca dengan kaca yang baru daripada memaksakan memperbaiki retakan kaca tersebut.

Jika kerusakan kaca terjadi memanjang dari panel kaca eksterior atau bahkan hingga menembus interior, biasanya tidak bisa diperbaiki. Selain itu, keretakan yang terjadi di bagian sudut juga cukup sulit diperbaiki.


2. Bersihkan Kaca Mobil

Bersihkan Kaca Mobil

Setelah dirasa keretakan kaca masih dapat diperbaiki, bersihkan kaca yang retak tersebut. Kaca dibersihkan untuk menghilangkan debu atau butiran pasir yang mungkin masih menempel.


3. Tempatkan Mobil di Tempat yang Teduh

Tempatkan Mobil Di Tempat Yang Teduh

Sebelum mulai memperbaiki kaca mobil yang retak, tempatkan mobil di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Jangan melakukan perbaikan pada kaca depan yang panas, sebaiknya buka jendela hingga permukaan kaca jadi lebih sejuk.


4. Suntikkan Resin pada Kaca yang Retak

Suntikkan Resin Pada Kaca Yang Retak

Cara memperbaiki kaca mobil retak panjang dengan teknik suntik kaca memerlukan set perlengkapan khusus. Perlengkapan reparasi kaca mobil retak bisa juga disebut windshield repair kit. Alat reparasi tersebut cukup mudah ditemukan di berbagai toko online.

Biasanya, set alat reparasi tersebut terdiri dari cairan resin, injector atau suntikan, segel perekat, pedestal atau alas untuk resin, dan safety razor atau pisau cukur.

Alat reparasi kaca retak tersebut bekerja dengan metode memindahkan udara pada rongga kaca yang retak. Kemudian mengisi rongga tersebut dengan cairan resin penambal kaca. Pada prinsipnya, perbaikan kaca retak dilakukan dengan menyuntikkan cairan resin ke dalam kaca yang retak.

Ketika cairan resin tersebut mengeras, resin akan membantu mengembalikan kerekatan kaca mobil. Daya penetrasi dari cairan resin cukup kuat dan mampu mengikat kaca dan mengembalikan visibilitas kaca mobil. Untuk hasil terbaik, perbaikan dengan teknik suntik kaca ini harus dilakukan sesegera mungkin setelah kerusakan terjadi.

Selain merekatkan kembali, cairan resin dapat mencegah retakan makin memanjang. Suntik kaca retak menggunakan resin ini tak hanya untuk kaca mobil, bisa juga untuk jenis kaca lain, termasuk lampu motor.


  5 Cara Pasang Gps Mobil Sendiri dan Tanpa Harus Pergi ke Bengkel

5. Rapikan dengan Pisau Cukur

 

Sebagai tahap akhir perbaikan, gunakan safety razor atau pisau cukur untuk menghilangkan gelembung udara yang mungkin ada pada kaca. Selanjutnya, parkir kendaraan di bawah sinar matahari langsung selama 15 menit.

Nah, itulah ulasan cara memperbaiki kaca mobil retak panjang. Perbaikan kaca mobil yang retak harus dilakukan secara hati-hati, agar rusaknya tak semakin parah. Jika perbaikan kaca dilakukan dengan benar, mobil dapat digunakan kembali dengan nyaman.

Cara memperbaiki kaca mobil retak panjang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.