5+ Cara Memperbaiki Bumper Mobil Penyok dan Tips Merawatnya

CARA MEMPERBAIKI BUMPER MOBIL PENYOK

Salah satu bagian mobil yang paling banyak menarik perhatian adalah bumper, oleh karena itu bumper ini harus dirawat dengan baik. Namun tidak jarang ada saja masalah yang bisa menyebabkan bumper ini rusak, dan penyok. Kalau sudah penyok seperti itu, tentu akan mengganggu penampilan keseluruhan mobil. Karena itu banyak yang mencari bagaimana cara memperbaiki bumper mobil penyok yang mudah. Berikut beberapa cara tersebut :


Daftar isi Artikel

1. Menggunakan Air Panas

Menggunakan Air Panas

Hal pertama yang bisa digunakan adalah air panas, yang pastinya bisa ditemukan dengan mudah. Caranya sangat mudah hanya tinggal memanaskan air sampai mendidih, lalu bawa air tersebut ke arah mobil yang rusak. Siramkan perlahan ke arah bumper mobil yang penyok, hal ini dilakukan untuk membuat bumper mobil melunak.

Saat sudah melunak, secara perlahan tekan bumper ke arah atas apabila mobil mengalami penyok ke arah atas. Sebaliknya apabila bumper mobil mengalami penyok yang menonjol, maka tekan ke arah dalam. Pada saat menekannya supaya lebih aman lebih baik gunakan lap. Hal ini dilakukan untuk melindungi tangan dari luka goresan ataupun panas.


2. Menggunakan Hair Dryer

Menggunakan Hair Dryer

Hair dryer yang selama ini hanya dimanfaatkan untuk sektor kecantikan ternyata juga bisa digunakan untuk memperbaiki bumper mobil yang penyok. Hal ini dilakukan dengan cara memanfaatkan panas yang dimiliki oleh hair dryer. Sama seperti air panas, namun mungkin cara yang satu ini lebih sedikit bahayanya jika dibandingkan dengan metode air panas.

Siapkan saja hair dryer dan cairan karbon dioksida, lalu setelahnya panaskan mobil dengan menggunakan hair dryer. Panaskan sampai sekiranya bumper melunak, dan semprotkan perlahan cairan karbondioksida pada saat sudah melunak. Tekan-tekan perlahan bagian tersebut sampai kembali ke bentuk yang diinginkan.


3. Menanam Lempengan Plat

Menanam Lempengan Plat

Cara memperbaiki bumper mobil penyok yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lempengan plat. Biasanya lempengan plat ini digunakan saat bumper mobil mengalami penyok dan juga robek disaat yang bersamaan. Pertama siapkan lempengan besi yang tipis, ini dikarenakan lempengan tipis lebih membuatnya mudah untuk dibentuk.

Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah obeng yang sudah dipanaskan untuk bisa menutup celah pada bumper. Tanamkan plat tersebut dari bagian dalam dan tutup celah yang ada dengan plastik cair dari bumper itu sendiri. Lalu ratakan tempelan tersebut dengan amplas supaya tidak terlihat aneh ataupun tidak rata.


4. Menggunakan Vakum

Menggunakan Vakum

Lalu bisa juga dengan menggunakan vakum yang memang disediakan khusus untuk bisa mengatasi penyok pada mobil. Salah satunya tentu penyok pada bumper mobil. Cara kerjanya juga sama seperti vakum pada umumnya yakni menyedot. Jadi nanti vakum ini akan menyedot bagian bumper yang penyok, supaya bisa kembali ke bentuknya yang semua.

Dengan menggunakan vakum ini, maka bisa meminimalisir kerusakan pada mobil. Cara pakainya juga mudah hanya tinggal meletakkan vakum pada bumper mobil yang diinginkan, lalu setelahnya biarkan vakum itu bekerja. Untuk kekuatannya dan lama waktu vakum menyedot ini bisa disesuaikan dengan seberapa parah penyok tersebut terjadi pada bumper.


  7 Cara Menghilangkan Baret Mobil dan Tips Perawatan Supaya Awet

5. Membawa Ke Bengkel

Membawa Ke Bengkel

Terakhir kalau memang sudah melakukan semua cara namun belum berhasil, atau takut untuk memperbaikinya sendiri maka bisa menggunakan cara ini. Dengan membawanya ke bengkel, maka tentu perbaikan yang dilakukan akan jauh lebih rapi dan juga tidak menimbulkan kerusakan pada cat ataupun material mobil yang lain. Sehingga pengguna tidak perlu merasa khawatir.

Jadi ternyata banyak sekali cara memperbaiki bumper mobil penyok yang bisa dilakukan secara mandiri. Meskipun begitu sesuaikan juga dengan seberapa parah penyok yang dialami bumper mobil. Apabila sudah terlalu parah, maka bisa menggunakan cara yang terakhir yaitu membawanya ke bengkel.

Cara Memperbaiki Bumper Mobil Penyok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.