3+ Cara Memperbaiki Aki Mobil Penyebab dan Cara Mengatasinya

CARA MEMPERBAIKI AKI MOBIL

Setiap jenis kendaraan bermotor tentu telah dipasangi aki baik itu aki kering maupun aki basah. Tentu saja setiap aki membutuhkan perawatan.

Sebab sangat memungkinkan suatu aki terkena malfungsi sehingga menyebabkan beberapa komponen yang terhubung pada aki tidak dapat berjalan dengan baik. Berikut ini akan dijelaskan Bagaimana cara memperbaiki aki mobil.


Memperbaiki Aki Mobil Menggunakan Obat Sakit Kepala

Memperbaiki Aki Mobil Menggunakan Obat Sakit Kepala

Salah satu aki yang rawan terkena malfungsi adalah aki basah. Terlebih apabila aki ini digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Permasalahan yang timbul bisa disebabkan karena proses oksidasi yang terdapat pada aki menimbulkan gelembung udara serta lapisan sulfida putih yang akan sehingga menyumbat aliran listrik menuju panel aki. 

Selain itu kurangnya kandungan elektrolit dalam aki serta terjadi korosi pada plat elemen juga dapat mempengaruhi kinerja aki. Cara pertama yang dapat dilakukan untuk memperbaiki aki mobil adalah dengan menggunakan obat sakit kepala yaitu Bodrex. 

Obat ini dapat ditemukan dengan mudah di warung maupun apotek. Bagaimana cara kerja Bodrex untuk memperbaiki aki mobil? Ternyata reaksi kimia yang terdapat pada Bodrex ketika dicampurkan dengan larutan air aki dapat mereduksi oksidasi. Cukup sediakan air hangat, Bodrex, air aki dan juga obeng. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Bongkar aki basah yang terdapat pada kendaraan.
    kosongkan air yang terdapat dalam aki benar-benar bersih.
  • Tuang air hangat kedalam aki guna membersihkan kotoran-kotoran sekaligus menjernihkan air yang tersisa. 
  • Keringkan aki dengan cara di Diamkan selama 6 hingga 12 jam.
  • Haluskan Bodrex sampai benar-benar halus dan masukkan kedalam aki yang telah diisikan dengan air aki.
  • Kemudian diamkan aki selama seharian penuh, lalu cobalah untuk memasangkannya ke kendaraan.

Memperbaiki Aki Dengan Garam

Memperbaiki Aki Dengan Garam

Tidak hanya Bodrex ternyata garam juga dapat digunakan untuk memperbaiki aki. Namun Dalam penggunaannya metode garam ini tidak semudah metode menggunakan Bodrex. Namun untuk hasil akhirnya tetap sama. Aki yang diperbaiki menggunakan air garam terbukti dapat digunakan kembali dengan normal.

Bahan-bahan yang diperlukan hanyalah obeng, air aki, garam dapur, suntikan injeksi, masker, dan air panas. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Lepaskan aki yang terpasang pada kendaraan kemudian buka semua penutup aki basah dan bersihkan dengan cara menguras cairan elektrolit yang masih terdapat di dalam aki.
  • Isi ulang baterai dengan air panas hingga penuh lubang aki, jangan lupa untuk menggunakan masker agar tidak menghirup gas keluar dari aki.
  • Miringkan posisi aki sehingga terbentuk sudut 60 derajat, kemudian goyangkan secara berulang-ulang bagian atas hingga bersih, lalu dijemur dibawah matahari.
  • Masukkan 2 hingga 5 sendok makan garam dan air panas sampai batas atas aki.
  • Apabila air garam sudah larut tambahkan dengan air dingin lalu tutup aki dengan rapat.
  • Setelah selesai charge aki selama 10 hingga 15 menit, kemudian cabut pengisi daya lalu kuras kembali aki hingga bersih.
  • Tuang air aki ke dalam aki basah.
  • Isi kembali hingga penuh kemudian pasang kepada kendaraan dan Aki sudah dapat bekerja dengan normal dan baik.
  4+ Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak Panjang : Ulasan Manjakan

Nah itulah tadi 2 cara untuk memperbaiki aki mobil terutama aki basah. Dengan mempelajari 2 cara diatas kini tidak perlu lagi repot membawa kendaraan ke bengkel hanya untuk memperbaiki aki. Meskipun terlihat mudah tetap perhatikan keselamatan seperti penggunaan masker dan juga sarung tangan sebab gas dan cairan kimia yang terdapat pada aki dapat membahayakan kesehatan.

Penggunaan Bodrex dan garam dalam memperbaiki aki masih menjadi solusi ampuh di masyarakat sebab tidak memerlukan biaya yang mahal dan langkah-langkahnya mudah namun memiliki hasil yang maksimal. 

Cara memperbaiki aki mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.