5+ Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dan Tips Agar tidak Terjadi

CARA MEMBUKA PINTU MOBIL YANG TERKUNCI

Mobil yang secara tidak sengaja terkunci bukanlah hal yang jarang terjadi. Dimana, ada beberapa tipe yang tidak dibutuhkan kunci fisik untuk mengunci pintu mobil tersebut.

Maka dari itulah artikel kali ini akan membahas tentang cara membuka pintu mobil yang terkunci secara tidak sengaja. Mobil yang tidak memerlukan kunci secara fisik tersebut disebut dengan fitur keyless. Hal ini akan sangat membantu orang-orang yang seringkali lupa untuk mengunci mobilnya.

Namun, juga seringkali hal ini dapat menyebabkan mobil terkunci secara tidak sengaja. Berikut ini adalah cara membuka pintu mobil yang terkunci tersebut :


1. Congkel Pengait Pada Pintu Tengah

Congkel Pengait Pada Pintu Tengah

Cara pertama ini adalah yang sering dilakukan pada berbagai jenis tipe mobil keyless. Karena, untuk membuka pintu yang terkunci tidak harus selalu melalui pintu depan. Bisa juga melewati pintu-pintu lainnya, salah satunya adalah pintu yang terletak di tengah.

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin menggunakan cara ini adalah membuka terlebih dahulu karet yang terletak di pintu tersebut. Setelah karet tersebut terlepas, maka selanjutnya akan terlihat celah pada pintu dan jendela mobil. Di bagian celah inilah kunci tersebut dapat ditemukan.

Untuk membuka kunci tersebut diperlukan besi tipis dengan panjang minimal 20 cm. Selanjutnya besi itulah yang akan digunakan untuk menarik pengait kunci tersebut. Untuk menandakan pintu sudah terbuka adalah bunyi klik. Menarik pengait kunci tersebut sangat mudah, jadi ketika pengait susah ditarik itu artinya salah posisi.


2. Gunakan Penggaris

Gunakan Penggaris

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan pada saat pintu terkunci adalah dengan menggunakan penggaris. Namun, penggaris yang digunakan harus dengan panjang minimal 70 cm. Selain itu juga penggaris haruslah penggaris yang tipis, untuk memudahkan menyelinap ke dalam pintu.

Sama seperti cara sebelumnya, yang pertama yang harus dilakukan adalah membuka karet pintu terlebih dahulu. Selanjutnya adalah memasukkan penggaris tersebut pada celah yang terbuka. Hati-hati pada saat memasukkan penggaris ini. Lalu, ketika penggaris sudah masuk hingga batas handle pintu gerakkan secara perlahan penggaris tersebut.

Gerakkan hingga dirasakan sudah menemukan tuas kunci pintu. Cara satu ini perlu diulangi beberapa kali dan juga diperlukan kesabaran ekstra. Karena diperlukan untuk menemukan cara serta triknya tersendiri.


3. Menggunakan Tali Tipis Dan Panjang

Menggunakan Tali Tipis Dan Panjang

Cara satu ini adalah dengan menggunakan tali tipis yang pada ujungnya sudah diikat simpul. Ikatan itu berguna untuk mengikat lalu menarik keatas tuas kunci yang terletak di dalam mobil. Cara satu ini cukup mudah untuk dilakukan dan sebagian besar berhasil. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba cara satu ini.


4. Menggunakan Besi Gantungan Baju

Menggunakan Besi Gantungan Baju

Alat satu ini sebenarnya adalah alat yang bisa digunakan untuk melakukan poin 1. Karena besi gantungan baju biasanya tipis dan juga panjang. Maka, langkah yang harus dilakukan hanyalah membentuk kaitan pada ujung besi tersebut. Selanjutnya dapat langsung mempraktekkan cara yang ada pada poin satu ataupun cara lainnya.


  5 Cara Kerja Mobill Listrik dan Prinsip Komponen Kerjanya, Waw ini Dia

5. Gunakan Kunci Cadangan

Gunakan Kunci Cadangan

Setiap mobil tentunya memiliki kunci cadangan. Jika semua cara di atas sulit untuk dilakukan maka alternatif terakhir yang bisa dilakukan hanyalah cara terakhir ini. Cara satu ini tentunya tidak cocok untuk dilakukan jika dalam keadaan darurat.

Maka dari itu, selagi menunggu kunci cadangan ini tidak ada salahnya untuk mencoba cara lainnya terlebih dahulu. Mencoba hal-hal diatas pun tidak ada ruginya. Karena bisa jadi ilmu seperti itu dibutuhkan pada saat yang benar-benar darurat dan tidak memungkinkan untuk menunggu kedatangan kunci cadangan.

Itulah beberapa cara membuka pintu mobil yang terkunci pada saat darurat. Keadaan ini seringkali terjadi, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Maka, dengan mengetahui ilmu ini jika menemukan orang terdekat yang mobilnya terkunci,  maka dapat dengan cepat menolongnya.

Cara Membuka Pintu Mobil Yang Terkunci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.