Cara Membuat Suara Turbo Knalpot Mobil

2 min read

Cara membuat suara turbo knalpot mobil

Bagi pecinta modifikasi mobil dan juga otomotif, suara Turbo merupakan komponen tambahan yang sangat menarik, salah satunya adalah turbo whistler. Dengan menggunakan komponen ini pada mobil, maka tampilan kendaraan akan terlihat lebih keren dan memiliki daya tarik tersendiri. Alat yang tersedia di banyak toko online maupun offline ini ternyata juga dapat dibuat sendiri di rumah. Nah, bagaimana cara membuat suara Turbo knalpot mobil menggunakan Turbo whistler? Simak penjelasannya berikut ini!


1. Persiapkan Bahan-Bahan Yang Diperlukan

Persiapkan Bahan Bahan Yang Diperlukan

Sebagai langkah awal yang dapat dilakukan pada saat membuat suara Turbo knalpot pada mobil dengan menggunakan Turbo whistler yakni terlebih dahulu persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Diperlukan bahan baku berkualitas seperti aluminium 6061 T6 guna menghasilkan turbo whistler yang berkualitas baik dan mumpuni.

Dengan menggunakan komponen ini yang dipasang pada knalpot dapat membuat suara Turbo dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu dengan menggunakan bahan baku berkualitas tentu saja dapat menghasilkan suara knalpot yang lebih optimal dan garang.


2. Memasang Turbo Whistler

Memasang Turbo Whistler

Cara membuat suara Turbo knalpot mobil yang kedua adalah dengan memasang turbo whistler yang tersambung ke bagian belakang knalpot. Jepit Turbo whistler yang terdapat pada ujung knalpot bagian dalam.

Turbo Whistler sudah menyediakan penjepit, sehingga tidak perlu lagi untuk melubangi knalpot. Untuk mendapatkan suara knalpot yang lebih garang, knalpot biasa (standar) dapat diganti dengan knalpot racing. Perlu diketahui, turbo whistler dapat digunakan pada jenis knalpot apa saja asalkan memiliki diameter yang sama.

Cara pemasangan turbo whistler ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya sekitar 10 menit saja, turbo whistler akan mampu mengubah suara knalpot menjadi lebih garang. Sehingga suara knalpot bisa menyerupai mobil balap. Hal ini yang menyebabkan turbo whistler menjadi incaran para penggemar otomotif dan modifikasi mobil.


3. Membuat Suara Turbo Dengan Nyaring

Membuat Suara Turbo Dengan Nyaring

Langkah ini dapat dilakukan dengan cara membongkar bagian watergate guna menghasilkan bunyi knalpot yang lebih nyaring. Apabila terdapat masalah pada bagian suara dapat diatasi dengan menyetel ulang bagian injeksi mobil. Hanya dengan melakukan penggantian sambungan knalpot yang terdapat di pipa elastis pada bagian rem angin. Apabila hal ini sudah dilakukan, maka knalpot dapat mengeluarkan suara yang nyaring lebih garang.


4. Suling Tidak Mengeluarkan Suara

Suling Tidak Mengeluarkan Suara

Apabila bagian suling ternyata tidak mengeluarkan suara bahkan tidak terdengar suara sama sekali cobalah untuk menutup rem angin atau membuka komponen break. Kemudian lakukan setel ulang bagian pengaturan break menggunakan kunci 10.

Turbo whistler dapat memberikan efek suara garang pada mesin mobil yang dihasilkan ketika putaran mesin direndahkan maupun ditinggikan. Alat ini dipasang pada bagian belakang knalpot sehingga dapat merubah suara yang dihasilkan oleh knalpot tersebut. Untuk harganya sendiri cukup murah yakni kisaran Rp150.000,- saja. Alat ini dapat diperoleh di toko-toko aksesoris mobil maupun secara online.


5. Perhatikan Komponen Penting Pada Saat Penggunaan Turbo

Perhatikan Komponen Penting Pada Saat Penggunaan Turbo

Sebisa mungkin belilah komponen turbo yang “plug&play”. Hal ini bertujuan agar terhindar dari komponen abal-abal yang dibuat oleh oknum tak bertanggung jawab. Selain itu, pilihlah turbo yang jelas kualitasnya. 

Entah itu bahan pembuatan turbo, maupun kelayakan penggunaan Turbo. Sebab, apabila memilih turbo abal-abal, justru akan menimbulkan resiko yang fatal. Baik pada mesin kendaraan maupun keselamatan pengemudi.

Dan yang terakhir, jangan terlalu memaksakan “setting” turbo dengan kendaraan. Sebab, apabila settingan tersebut dirasa berlebihan, maka dapat menimbulkan kerusakan pada mesin kendaraan. 

Nah itulah beberapa cara membuat suara turbo knalpot mobil. Penggunaan Turbo whistler tidak akan menyebabkan penambahan maupun pengurangan performa mesin mobil. Komponen ini hanya berfungsi untuk merubah suara knalpot mobil saja dan tidak akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar sehingga tidak boros. Tertarik untuk memasang turbo whistler pada knalpot mobil? Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!

Cara membuat suara turbo knalpot mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *