10 Cara paling mudah membuat Google Form (Lengkap dengan gambar)

2 min read

10 cara mudah membuat google forms

MANJAKAN– 10 Cara paling mudah membuat Google Form (Lengkap dengan gambar.) Jika Anda sudah tahu tentang Formulir Google, silakan lewati penjelasan ini. Tetapi jika tidak, kita akan membahas dasar-dasarnya, dan membuat kalian mengetahui apa itu Formulir Google/ Google Form dan bagaimana penggunaanya

Google Forms adalah alat survei gratis yang merupakan bagian dari G Suite Layanan utama lainnya yang termasuk dalam suite berbasis cloud adalah Sheets (Excel), Documents (Word), dan Slides (PowerPoint).

Google Forms memungkinkan kalian dapat mengumpulkan informasi dari orang-orang melalui kuis atau survei yang dipersonalisasi. Anda kemudian dapat menghubungkan info ke spreadsheet pada Lembar untuk secara otomatis mencatat jawabannya. Spreadsheet kemudian diisi dengan respons dari kuis atau survei secara real-time. Ini menjadikan Google Forms salah satu cara termudah untuk menyimpan data secara langsung ke dalam spreadsheet.

Anda dapat membagikan formulir Anda melalui email, tautan langsung, atau di media sosial dan meminta semua orang untuk berpartisipasi.

Dan karena Formulir adalah alat online, Anda dapat berbagi dan berkolaborasi dengan banyak orang di formulir yang sama secara waktu nyata.

Bagaiamana apakah sudah cukup jelas penjelasanya, jika sudah Ayo segera kita mulai cara paling mudah membuat google forms.


1 . Pertama masuk ke website google form melalui link berikut ini https://docs.google.com/forms/ kemudian pilih Buka Google Formulir.

10 cara mudah membuat google forms

2. Setelah masuk ke website Google Forms kalian akan di perlihatkan pilihan untuk membuat Form yang sesuai dengan kebutuhan kalian, di Google forms pun telah disediakan template form yang sudah jadi. Tetapi jika kalian ingin membuat format Forms kalian sendiri kalian bisa mengklik tanda plus (+), untuk memulai membuat Google Forms.

10 cara mudah membuat google forms

3. Kalian bisa mulai untuk menulis Judul Survey atau kuesioner yang akan kalian buat pada bagian judul. kemudain jika setelah selesai kalian bisa langsung menuliskan pertanyaan yang berhubungan dengan kuesioner atau formulir yang akan kalian buat.

10 cara mudah membuat google forms

untuk jenis-jenis jawaban disediakan berbagai pilihan , berikut penjelasannya cara mudah membuat google forms :

Pilihan Anda adalah:

  • Jawaban Singkat: Respons hanya membutuhkan beberapa kata. Anda dapat menetapkan aturan yang harus diikuti orang dalam jawaban mereka dengan validasi input data. Sangat bagus untuk alamat email atau URL.
  • Paragraf: Respons membutuhkan jawaban bentuk panjang dari satu atau lebih paragraf. Validasi input data juga tersedia untuk jenis respons ini.
  • Pilihan Ganda: Orang memilih di antara sekumpulan opsi (satu per pertanyaan). Anda dapat memasukkan “Lainnya” dan opsi sehingga orang dapat memasukkan jawaban singkat. Bergantung pada jawaban seseorang, Anda juga dapat mengirimnya ke bagian lain dari formulir.
  • Kotak centang: Para responden memilih satu atau lebih dari sekumpulan opsi, termasuk opsi “Lainnya” untuk jawaban singkat. Bergantung pada jawaban seseorang, Anda dapat mengirimnya ke bagian lain dari formulir.
  • Drop-down: Orang-orang memilih jawaban mereka dari serangkaian pilihan di menu drop-down (satu per pertanyaan). Berdasarkan jawabannya, Anda dapat, sekali lagi, mengirim orang ke bagian lain dari formulir.
  • Upload File: Ini memungkinkan orang untuk mengunggah file sebagai tanggapan terhadap pertanyaan. File yang diunggah menggunakan ruang Google Drive untuk pemilik survei. Anda dapat menentukan ukuran dan jenis file yang dapat diunggah orang.
  • Skala Linier: Orang-orang dapat menilai pertanyaan Anda pada skala yang dimulai dari 0 atau 1, dan berakhir pada bilangan bulat dari 2 hingga 10.
  • Kisi Pilihan ganda: Ini menciptakan kotak tempat orang dapat memilih satu jawaban per baris. Secara opsional, Anda dapat membatasi jawaban untuk satu pilihan per kolom dan mengacak urutan baris.
  • Petak Kotak Centang: Opsi ini membuat kotak dari mana orang dapat memilih satu atau lebih jawaban per baris. Secara opsional, Anda dapat membatasi jawaban untuk satu pilihan per kolom dan mengacak urutan baris.
  • Tanggal: Responder harus memilih tanggal sebagai jawaban atas pertanyaan. Standarnya adalah hari, bulan, dan tahun. Secara opsional, Anda dapat memasukkan waktu dalam jawaban orang.
  • Waktu: Responder harus memilih waktu hari atau durasi waktu.

4. Jika dirasa pertanyaan yang kalian buat sudah selseasi dan kalian ingin membuat pertanyaan berikutnya, kalian dapat mengklik, tanda plus dalam lingkaran bulat disamping pertanyaan sebelumnya untuk menambahkan pertanyaan baru.

10 cara paling mudah membuat google forms

5. Bagian pertanyaan baru telah muncul, dan kalian bisa melanjutkan untuk mengisi pertanyaan atau kuesioner berikutnya.


6. Setelah semua pertanyaan yang kalian buat selesai, kalian bisa mengkostumisasi form yang kalian buat dangan gambar dan warna yang menarik, pada menu disamping tombol kirim. Klik tombol berlambang mata, untuk melihat preview dari Google Forms yang telah kalian buat.

10 cara paling mudah membuat google forms

7. Jika telah lengkap dan selesai dalam pembuatan google forms, kalian bisa mengklik tombol kirim.


8. Pada menu Kirim, kalian akan disajikan mengenai jenis pengiriman yang akan kalian pilih untuk Google Forms ini.

10 cara paling mudah membuat google forms

kalian bisa mengirim Google Forms ini melalui email yang telah dipersiapakn sebagai penerima survey atau kuesioner ini, lalu kalian bisa mengirimnya dalam bentuk Link (Tautan), dan untuk cara yang terakhir kalian bisa menyimpan Kuesioner ini dengan Kode HTML, untuk disimpan di web kalian.

Jika telah dipilih jenis pengiriman, kalian bisa kembali menekan tombol kirim.


9. Untuk mengetahui respon dan hasil survey dari Google Forms yang telah kalian buat, kalain bisa mengklik nya di menu Response. dan akan disajikan response dari pengguna dengan bentuk Chart atau Bagan. begitulah cara melihat hasil google form.


10. Sampe disini kalian telah selesai dalam cara mudah membuat google forms.

Jika kalian merasa Artikel ini bermanfaat, kalian bisa mensharenya. terimkasih,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: