10 Jenis Usaha Kuliner Terlaris di Indonesia dengan Untung Berlipat

4 min read

Jenis Usaha Kuliner Paling Laku – Indonesia sebagai negara yang terkenal dengan kearifan lokal budayanya serta cita rasa nusantaranya yang sangat menggoda.

10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku dengan Modal Kecil

Aneka hidangan dengan berbagai cita rasa rempah nusantara yang kini banyak memenuhi pinggiran jalan tentu selalu mampu menarik setiap rupiah yang ada di dalam dompetmu.

Selain mampu menarik rupiah-rupiah di dalam dompetmu ternyata kuliner dapat dijadikan sebagai sumber rezeki.

Tidak heran jika saat ini bisnis kuliner sudah merambah keseluruh penjuru negeri, mulai dari pedagang pinggiran, rumah makan hingga restoran yang ada di pusat-pusat perbelanjaan.

Lokasi tempat yang strategis hingga mudah menjangkau para konsumen tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi para penjual.

Namun, selain tempat yang strategis, strategi pemasaran hingga cita rasa dari kuliner tersebut tentu bagian yang juga sangat penting dalam penjualan.

Bisnis kuliner tidak hanya dapat dilakukan dengan modal besar, mengingat persaingan yang sudah sangat menjamur.

Bahkan tidak dapat dipungkiri jajanan pinggir jalan mampu bersaing dengan banyak kuliner modern saat ini.

Pembelinya yang merangkum segala kelas ekonomi masyarakat Indonesia serta modal yang tidak terlalu banyak dalam membuka usaha tentu menjadi kemudahan tersendiri untuk kamu yang sedang ingin membuat kuliner sebagai sumber rezeki.


Rekomendasi Bisnis Kuliner Modal Kecil Menjanjikan

10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku dan Menjanjikan

Untuk kamu para pemula ingin memulai usaha kuliner dengan modal terbatas bisa mencoba berbisnis melalui jajanan-jajanan yang membutuhkan modal kecil dalam pembuatannya, tetapi memiliki penyuka yang tidak lekang oleh zaman.

Modal sedikit, untung banyak pedagang mana coba yang tidak mau? Yuk disimak 10 jenis usaha kuliner paling laku di Indonesia dengan modal kecil dan pembuatannya yang praktis!


1. Gorengan

1. Gorengan

Siapa sih yang tidak mengenal jenis makanan ringan serba 1000 atau 2000 ini…

Bahkan kita sering menemukannya di pinggir jalan hingga restoran ternama dengan nama yang berbeda.

Jajanan legend ini memiliki peminat yang banyak sehingga masuk dalam jajaran jenis usaha kuliner paling laku di urutan pertama.

Selain mudah pembuatannya, menjual gorengan juga menggunakan biaya yang minim dan bisa mendapatkan untung yang banyak.

Kini gorengan pun semakin memiliki macam-macam variasi baik dalam segi bumbu rempah yang ditambahkan maupun sebagai isian dalam beberapa jenis gorengan.

Tidak mau kalah saing dengan makanan modern, kini risol pun sudah ada yang menggunakan keju atau tahu isi dengan isian sosis dan pisang goreng yang ditambahkan berbagai toping.

Selain praktis dan dapat dibuat ketika pembeli datang kamu tetap harus memperhatikan kebersihan dan cita rasa produk.


2. Aneka Jus Buah

2. Aneka Jus Buah

Nah, minuman segar ini kini mulai memenuhi persaingan kuliner.

Tidak hanya sebagai minuman yang dijual direstoran dengan harga puluhan ribu, kamu juga dapat membuat jus buah sebagai bisnis produk rumahan dengan harga yang lebih ekonomis.

Membelinya langsung pada petani buah selain mendapatkan buah yang lebih segar, kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Namun, citarasa, kekentalan jus, serta kemasan yang menarik dan terjaga akan mampu menjadi daya tarik untuk usaha jus buahmu jadi tetap utamakan kepuasan pelanggan.


3. Kripik

3. Kripik

Rasanya yang renyah, gurih dan cocok untuk menjadi teman menikmati tontonan ditelevisi membuat kripik tidak kehilangan penggemarnya.

Kini banyak kripik yang tidak hanya terbuat dari singkong maupun pisang saja bahkan kripik buah kini semakin banyak variannya seperti nanas dan lainnya.

Selain dapat menggunakan aneka buah sebagai bahan bakunya, pilihan rempah serta taburan bumbu bubuk dengan aneka rasa juga dapat kamu gunakan sebagai inovasi rasa daganganmu.


4. Aneka Bubur

4. Aneka Bubur

Makanan sehat yang kenikmatannya tidak mengenal waktu ini cocok banget untuk kamu jadikan sebagai produk kulinermu.

Selain cocok sebagai menu sarapan, bubur kacang ijo juga sangat nikmat di sajikan dengan es batu saat siang hari bahkan aneka bubur lainnya juga sangat nikmat saat disajikan hangat pada malam hari.

Kamu dapat memilih kapan waktu yang tepat untuk berjualan.

Sedangkan untuk berjualan seharian kamu harus kembali memperhatikan santan yang hendak digunakan sebagai pelengkap bubur.

Selain waktu berjualan yang sangat luas peminat bubur sendiri juga banyak, modal serta bahan baku terbilang minim serta pembuatan dan pengemasan yang praktis dapat menjadi pertimbanganmu untuk segera memulai usaha ini.


5. Es Tebu

5. Es Tebu

Minuman yang satu ini tentu sangat mudah dalam pembuatannya bukan? Kamu hanya perlu menggunakan penggiling untuk menggiling tebu-tebu segarmu menjadi es tebu.

Untuk menjangkau pembeli, cobalah menjualnya pada siang hari di tempat-tempat seperti lapangan maupun alun-alun yang banyak dikunjungi.

Selain mudah dalam pembuatannya ternyata kamu hanya membutuhkan batang tebu dan juga es batu. Sangat murah dan praktis bukan?


6. Roti Bakar

6. Roti Bakar

Makanan yang manis, gurih dan memiliki aneka rasa ini tentu tidak dapat dihilangkan dari daftar 10 kuliner terlaris di Indonesia.

Roti bakar sendiri tidak hanya menjadi jajanan pinggir jalan yang murah dan mengenyangkan, tetapi kini juga sudah mulai dijadikan menu pada restoran maupun toko kue.

Kamu dapat menggunakannya sebagai tambahan referensi menu dagangan yang pastinya menguntungkan.

Selain menambahkan selai rasa strawberry pada roti bakar, kamu juga dapat menambahkan seres dan tidak lupa mentega untuk menambahkan rasa gurihnya ya.


7. Martabak Mini

7. Martabak Mini

Martabak, menu makanan yang terkenal manis dengan sebutan martabak terang bulan.

Ada beberapa martabak nikmat yang gurih dan asin seperti martabak telur, martabak mie bahkan martabak mesir viral berupa isian daging.

Ternyata ada lagi kemunculan martabak mini unik yang telah hadir menambah deretan jenis martabak.

Walaupun menu yang baru hadir beberapa tahun belakangan nyatanya martabak mini mampu memikat lidah masyarakat Indonesia.

Ukurannya yang mini menambah keekonomisan modal serta lebih menggugah selera jika ditambahkan dengan aneka toping yang tidak terdapat pada martabak jumbo seperti terang bulan.


8. Pisang Cokelat

7. Martabak Mini

Makanan manis ini tentu tidak bisa kita lewatkan, sensasi manis, gurih saat mengunyahnya tentu akan membuat para konsumen ketagihan.

Rasa pisang yang manis ditambahkan taburan seres kemudian dibalur kulit lumpia yang akan menjadi krispy tentu sangat mudah untuk kamu produksi sebagai menumu.

Aneka toping kekinian seperti keju mozarella juga aneka selai dapat kamu jadikan tambahan toping pemanis yang akan semakin menarik hati pelanggan.


9. Pempek

9. Pempek

Kita beralih pada salah satu makanan khas Indonesia yaitu pempek.

Untuk kamu yang ingin menjadikan kebudayaan kuliner Indonesia sebagai bisnis kulinermu barang kali makanan khas Palembang ini sangat cocok untuk kamu jadikan referensi.

Rasanya yang asin, gurih sangat cocok untuk lidah masyarakat Indonesia.

Pempek sendiri memiliki banyak varian seperti yang terkenal pempek kapal selam, pempek lenggang, pempek lenjer, pempek adaan dan jenis lainnya.


10. Bakso

10. Bakso

Jenis usaha kuliner paling laku terakhir yang kita bahas yaitu bakso yang mana semua orang pasti doyan makanan berkuah ini.

Memang nyatanya eksistensi bakso sendiri semakin digandrungi lidah masyarakat Indonesia.

Selain itu makanan yang satu ini terus saja melakukan inovasi dalam perbaikan cita rasanya hingga menjadikan beberapa jenisnya populer seperti bakso lava dan bakso beranak.

Menu makanan paling laris satu ini juga kaya akan rempah dan selalu memiliki penikmat.

Namun, karena banyaknya pedagang bakso yang ada, kamu harus memiliki resep rahasia dengan memperhatikan cita rasa, serta kebersihan menumu.

Selain menu yang kita tawarkan, strategi pemasaran juga menjadi salah satu hal penting dalam keberlangsungan usaha kita sehingga jangan ragu-ragu dalam memanfaatkan media sosial sebagai media promosi untuk menjangkau konsumen.

Tidak ada untung yang lebih memuaskan dibanding kepuasan pelanggan sehingga selain memperhatikan keuntungan nominal keterjagaan cita rasa dan kebersihan serta kerapian pengemasan produk tetap menjadi hal penting yang harus dijaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: