7+ Cara Membersihkan Plafon Mobil & Cara Merawat Supaya Bisa Awet

CARA MEMBERSIHKAN PLAFON MOBIL

Memiliki kendaraan mobil tentunya harus rajin juga untuk membersihkannya. Biasanya orang membersihkannya pada jasa cuci kendaraan bermotor. Bagian penting untuk dibersihkan adalah plafon. Cara membersihkan plafon mobil bisa dilakukan sendiri menggunakan alat sederhana.

Plafon mobil termasuk bagian yang rentan sekali terkena debu atau kotoran. Oleh karena itu harus rutin untuk dibersihkan agar kondisi kendaraan nyaman untuk dipakai. Untuk membersihkannya ada berbagai cara yang bisa diikuti. Berikut cara yang tepat saat membersihkan plafon mobil :


1. Sikat dengan Air

Sikat Dengan Air

Cara membersihkan plafon mobil yang paling umum adalah menggunakan sikat dan air. Di sini bisa menggunakan sikat yang biasanya digunakan untuk mencuci baju. Saat membersihkan plafon, gunakanlah air mengalir agar bisa bersih. Lakukan penyiraman air mengalir kemudian sikat bagian tersebut. Lakukan secara perlahan-lahan agar tidak merusak bahan dari plafon mobil. Usahakan juga menyalakan air dengan kapasitas rendah.


2. Menggunakan Spons dan Detergen

Menggunakan Spons Dan Detergen

Menggunakan spons juga bisa untuk membersihkan plafon mobil. Barang ini dipilih karena memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga tidak merusak bahan plafon. Saat membersihkan plafon mobil, gunakan juga detergen sebagai cairan pembersih. Celupkan spons ke dalam cairan detergen, lalu gosok ke bagian yang kotor atau berdebu. Lakukan penggosokan tersebut secara searah agar hasilnya bisa bersih dan tidak ada debu tertinggal.

Baca Juga: Cara Menyetir Mobil Manual


3. Menggunakan Cairan Fabric

Menggunakan Cairan Fabric

Ada cairan khusus untuk membersihkan bagian mobil yang kotor. Cairan ini biasa disebut fabric. Cukup mudah mencari barang ini, pada umumnya dijual di bengkel kendaraan bermotor. Aplikasikan fabric dengan sedikit air lalu celupkan kain kering ke dalamnya. Setelah itu, usap kain ke bagian yang akan dibersihkan yakni plafon. Jangan terlalu kasar saat mengelap dan membersihkannya.


4. Menggunakan Vacuum Cleaner

Menggunakan Vacuum Cleaner

Jika tidak mau ribet dengan menggunakan air saat melakukan pembersihan, maka gunakanlah vacuum cleaner. Alat ini sangat ampuh membersihkan debu yang tertempel pada plafon mobil. Selain itu, vacuum cleaner memiliki cara kerja yang cepat sehingga bisa menghemat waktu. Gunakanlah alat tersebut dengan jarak 5 cm dengan bagian yang dibersihkan agar tidak membuat plafon mobil menjadi lecet.

Baca Juga: Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil


5. Usap dengan Kain Lembab

Usap Dengan Kain Lembab

Untuk membersihkan plafon menggunakan alat sederhana sebaiknya gunakan kain yang dibasahi dengan air. Namun, di sini bukan kain yang basah tetapi lembab. Setelah mencelupkannya ke air, peras kain tersebut sampai air tidak menetes. Setelah itu, usap secara pelan-pelan ke plafon secara searah dan berulang-ulang. Jika kain dirasa cukup kering, maka celupkan kembali ke air.


6. Gosok Menggunakan Sikat Gigi Kering

Gosok Menggunakan Sikat Gigi Kering

Biasanya dalam membersihkan plafon mobil ada bagian tertentu yang tidak bisa dijangkau. Bagian tersebut misalnya pada sela-sela. Sebagai alternatifnya, bisa menggunakan sikat gigi bekas yang kering. Sikat ini memiliki bentuk yang kecil sehingga dapat menjangkau sela-sela plafon yang susah untuk dibersihkan. 

Baca Juga: Komponen AC Mobil Dan Fungsinya


  7+ Cara Menyetir Mobil Matic Supaya Berkendara dengan Aman Nyaman

7. Lap dengan Tisu Basah

Lap Dengan Tisu Basah

Cara yang paling mudah yakni menggunakan tisu basah. Barang ini pun tentunya mudah ditemukan dimana-mana. Cukup mengusap bagian yang kotor secara berulang kali. Jika tisu sudah kotor karena tertempel debu, maka gantilah dengan yang baru. Memang memerlukan banyak tisu basah untuk membersihkannya karena bentuknya yang kecil dan tidak bisa menjangkau semua area.

Beberapa cara di atas sangat bisa diterapkan sendiri di rumah. Pilih cara membersihkan plafon mobil yang mudah dan menggunakan alat sederhana. Lakukan pembersihan plafon mobil dengan rajin dan benar agar mobil tampak bagus dan nyaman untuk dipakai.

Cara Membersihkan Plafon Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *